Sistem operasi paling rentan | Pada tahun 2014 dan 2015 lalu MacOS dan iOS dianggap sebagai sistem operasi yang paling rentan terhadap serangan dari orang yang tidak bertanggung jawab. Namun pada tahun 2016, hal tersebut sudah berganti, lalu siapa yang kini paling rentan?

sistem operasi

Sistem Operasi (Image: betanews.com)

Berdasarkan laporan yang dijabarkan oleh cvedetails, pada tahun 2016 lalu, MacOS posisinya sudah berada di peringkat 10. Itu berarti sistem operasi Macbook dan iMac tersebut sudah ada kemajuan dibanding pada tahun sebelumnya. Sedangkan iOS bahkan lebih baik lagi, sekarang sudah berada di posisi 15 yang berada satu tingkat lebih baik dibanding Windows 10 yang hanya menempati peringkat 14.

Lalu siapakah kini yang didapuk sebagai sistem operasi atau aplikasi yang paling rentan pada tahun 2016? Seperti dilansir Tech Viral pada Kamis (07/01/2017), Sistem Operasi Android yang sekarang sedang berada di puncak kejayaannya malah menempati peringkat teratas sebagai OS paling rentan.

Setidaknya tercatat ada 523 kerentanan yang berhasil ditemukan pada OS milik Google tersebut. Posisi selanjutnya ditempati oleh Debain yang memiliki kerentanan sebanyak 319. Sedangakan untuk posisi ketiga yaitu Ubuntu yang memiliki 278 kerentanan.

Dalam laporannya yang mereka rilis, cvedetails bukan hanya memasukan sistem operasi namun juga aplikasi.

Apabila peringkat 1 hingga 3 ditempati oleh sistem operasi, maka peringkat 4 yaitu aplikasi Flash Player yang dianggap memiliki banyak kerentanan terhadap keamanan, karena setidaknya aplikasi tersebut memiliki 266 celah yang ditemukan.

Berikut ini daftar 15 besar sistem operasi dan aplikasi yang dianggap paling rentan terhadap serangan sepanjang tahun 2016 menurut versi cvedetails.

sistem operasi paling rentan

Sistem Operasi dan Aplikasi paling rentan 2016 (Image: cvedetails)