Semua Orang Bisa Jadi Hacker BerbahayaHacker memang sosok yang bisa dibilang paling ditakuti didunia maya, karena kehandalannya dalam menjebol situs website, membuat para pemilik server web berhati-hati agar sistem servernya tidak dijebol dedemit maya.

Vice Presiden dari perusahan anrivirus Cylance bernama Jon Miller mengatakan bahwa ternyata semua orang kini berpeluang menjadi penjahat siber berbahaya. Dan menurut informasi yang dibeberkan oleh Miller bahwa software yang digunakan sang penjahat untuk menghancurkan sistem keamanan Sony Pictures beberapa waktu yang lalu, kini telah dijual secara bebas di dunia maya.

Dengan begitu berarti, saat ini siapapun dapat membeli software tersebut dan memanfaatkannya guna menyerang perusahaan-perusahaan besar dengan tujuan komersil dan vandalisme semata.

“Kemungkinan saat ini ada beberapa ribu orang yang dapat melakukan serangan seperti yang terjadi pada Sony Pictures (November 2014 lalu). Dunia keamanan internet sudah benar-benar menjadi “dunia barat yang liat”, tidak ada shriff yang dapat melindungi.” kata Miller seperti dikutip dari laman Cnet, Rabu (22/4/2015).

hacker

Anonymous via cbsnews.com

Software yang sama dengan yang digunakan oleh para dedemit untuk menyerang Sony Pictures diperjual-belikan oleh kelompok asal Rusia. Mereka membandrol software berbahaya tersebut dengan harga mulai dari USD 30.000, begitu menurut penelusuran Jon Miller dan timnya.

– Baca juga: Distro Linux yang rering digunakan penjahat siber

Sebagai info, hingga kini kelompok siber yang menyerang Sony Pictures belum ditemukan. Sempat sebelumnya tuduhan diarahkan kepada Korea Utara terkait dengan dirilisnya film komedi “The Interview” yang dinilai banyak orang menghina pimpinan Korut, Kim Jong Un. Akan tetapi, faktanya tuduhan itu tidak dapat dibuktikan kebenarannya, dan tidak bisa di pertanggung jawabkan.

(Lp6/Il)