Hal yang perlu diperhatikan sebelum posting di sosial media ini jangan sampai Anda abaikan – Beraktivitas di sosial media sudah menjadi kegiatan sehari-hari dari masyarakat kekinian, mulai dari anak kecil hingga yang sudah tua, semuanya kumpul di jejaring sosial, baik itu Facebook, Twitter, Instagram, Path dan lainnya.

Berbagai hal ditulis dan dibagikan oleh seseorang di sosial media, mulai dari opini, fakta, kritik, curhat, aktivitas di kehidupan sehari-hari, foto, video dan lain sebagainya. Semua dilakukan hampir setiap hari dengan bebas.

sosial media

Sosial Media (Image: shopify.com)

Namun pengguna sosial media harus berhati-hati dalam menuliskan sesuatu di sosial media, karena postingan yang ditulis tanpa disadari bisa menyakiti orang lain atau membuat orang lain jadi tersinggung. Perhatikan etika kesopanan dan kesantunan, jangan sembarangan.

Untuk menghindari hal tersebut, ada baiknya Anda untuk berfikir dua kali ketika menuliskan sesuatu disosial media. Pikirkan baik buruknya terlebih dahulu, jangan sampai kebebasan membuat Anda kebablasan.

Berikut ini beberapa hal yang bisa Anda perhatikan sebelum posting di sosial media.

1. Jangan posting ketika sedang emosi

Biasanya orang akan posting sesuatu di sosial media ketika suasana hatinya dalam keadaan tertentu, misal ketika sedih, senang, bahkan ketika sedang marah. Nah ketika suasana hati sedang marah ini sebaiknya dihindari, jangan sampai Anda posting dalam keadaan marah, karena emosi sedang tidak terkontrol maka isi postingan pun bisa saja jadi menyakiti orang lain, perlu diingat bahwa postingan bernada keras Anda tersebut bisa saja langsung di share oleh banyak orang, dan itu tentu tidak baik. Jadi sebaiknya postinglah di sosial media ketika suasana hati sedang dalam keadaan baik dan tenang.

2. Tidak menyinggung orang lain

Sering kali sosial media digunakan untuk beropini, mengkritik dan bahkan disalah gunakan untuk sengaja menyinggun orang lain. Hal ini sebaiknya dihindari, karena hal tersebut tidak baik dan bisa merugikan orang lain dan tentu juga bisa merugikan Anda sendiri. Jadi perlu diperhatikan sekali, ketika hendak posting pikir-pikir lagi, analisa dulu apakah yang Anda tulis berpotensi menyinggung orang lain atau tidak.

3. Jangan sampai merugikan diri sendiri

Kebebasan yang ada disosial media terkadang membuat orang menjadi kebablasan, tanpa disadari apa yang dia tulis dan bagikan disosial media malah merugikan diri sendiri. Jadi harus hati-hati jangan sampai malah mengundang orang lain untuk melakukan sesuatu yang tidak baik kepada Anda.
Misalnya, jangan bagikan nomor telepon sembarangan karena bisa disalah gunakan oleh orang lain untuk menipu Anda.

4. Bagikan hal yang bermanfaat

Ada baiknya ketika ingin membagikan sesuatu di sosial media pikirkan terlebih dahulu apakah ini ada manfaatkan atau tidak untuk orang lain. Ada gunanya tidak untuk diketahui orang lain. Kalaupun ada gunanya, apakah itu penting atau tidak. Ada banyak sekali hal-hal bermanfaat yang bisa Anda bagikan di sosial media, misalnya tips dan trik memasak, parenting, DIY dari barang olahan, tutorial, ataupun nasihat yang berguna untuk orang lain.

5. Pastikan kebenaran terlebih dahulu

Sosial media itu gampang sekali menyebarnya, sekali klik tombol saja orang bisa menyebarkan informasi yang kita bagikan. Jangan sampai kita membagikan sesuatu yang belum jelas kebenarannya, dan lebih bahaya lagi kalau hal tersebut dibagikan lagi oleh orang lain. Jadi sebelum membagikan sesuatu di sosial media pastikan dulu yang Anda bagikan itu benar atau tidak, kredibel atau tidak, dari website terpercaya atau tidak, dan lain sebagainya. Intinya pastikan dulu kebenarannya agar Anda tidak sembarang kirim yang akhirnya bisa menjadi fitnah kepada orang lain.

Jika yang bagikan adalah sebuah artikel yang dibagikan oleh orang lain, pastikan dulu sudah membaca tulisan tersebut sehingga mengerti apa yang dibagikan, jangan asal share saja ketika melihat judulnya yang menarik, padahal isinya belum tentu baik.

Itulah beberapa hal yang perlu kita perhatikan dengan seksama sebelum posting atau membagikan sesuatu di sosial media. Jangan sampai ada pihak yang dirugikan, jangan sampai juga merugikan diri sendiri. Mari hati-hati sebelum bertindak.

Selamat bersosial media dengan sehat kawan-kawan, jangan lupa follow Twitter dan Facebook Jurnalweb ya :)