Raja web browser — Para pengguna internet tentu saja mau tidak mau harus menggunakan web browser untuk memudahkan mereka berselancar di Internet.Berbagai pilihan web browser tersedia, semua memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Bahkan ada web browser yang sudah secara otomatis tersedia pada sistem operasi tertentu.

Google Chrome dengan sungguh luar biasanya berhasil merebut tahta raja browser dari tangan Internet Explorer (IE) pada tahun 2016 dan hingga kini keperkasaan tersebut akan terus berlanjut. Tahun lalu memang menjadi momen yang sangat berharga untuk Google Chrome.

raja web browser

Ilustrasi web browser (Image: nakedsecurity.sophos.com)

Microsoft dengan browser Internet Explorer memang sudah sejak lama menguasai pangsa pasar browser dunia, tapi semenjak munculnya web browser besutan Google, kedikdayaan Internet Explore mulai terkikis waktu demi waktu.

Banyak sekali penggunanya IE yang akhirnya pergi dan berpindah hati ke Google Chrome. Sampai pada akhirnya Google Chrome berhasil menyamai market share IE pada bulan Maret 2016 lalu.

Satu bulan setelah itu, tahta raja browser akhirnya beralih, karena pada April 2016 Chrome akhirnya dinobatkan sebagai browser paling banyak digunakan.

Chrome Web Browser Paling Banyak Digunakan

Seperti dilansir Netmarketshare pada Selasa (03/01/2017), sampai Desember 2016, Chrome berhasil menguasai sebanyak 56,43% pangsa pasar web browser dunia. Angka tersebut tentu saja melonjak dibanding bulan Januari 2016 yang hanya digunakan oleh 36,56%.

web browser stats

Sedangkan dilain pihak pengguna Internet Explorer saat ini hanya sebesar 20,84% saja. Nilai tersebut terjun drastis karena pada awal tahun 2016 market share mereka masih berada di angka 40,85%.

Jika penurunan angka pengguna IE ini terus berlanjut maka bukan tidak mungkin web browser lainnya akan menyalip mereka lagi, Firefox salah satu yang paling mungkin melakukan itu. Karena jika dilihat dari tren grafis, browser asuhan Mozilla ini menunjukan peningkatan yang bisa dibilang sangat baik, sebab Mozilla Firefox mampu menguasai 12.22% pangsa pasar web browser dunia.

Microsoft Edge Belum Berhasil Unjuk Gigi

Microsoft yang sudah membuat browser baru bernama Edge untuk menggantikan IE belum berhasil membuat Edge unjuk gigi dalam persaingan. Jika dilihat memang sudah ada peningkatan namun jumlahnya masih sangat kecil.

Edge memang sudah berada satu tingkat diatas Safari dengan torehan pengguna sebsar 5,33%, angka tersebut naik jika dibandingkan bulan Februari 2016 yang hanya 3,94. Sedangakan Safari sendiri masih menempati urutan ke-5 dengan pengguna 3,47% dari pangsa pasar web browser dunia, angka tersebut bahkan turun karena awal tahun 2016 lalu mereka memiliki 4,88% pengguna.

Kalau Anda menggunakan browser apa?