Memahami Penggunaan Psikologi Warna Dalam Web Design — Ada beberapa website yang memiliki kesamaan, contohnya adalah KFC, McDonald, Pizza Hut, nah sekarang apakah anda mengetahui apa persamaan dari semua restoran tersebut? jika anda menebak warnanya yang merah, yap, berarti anda benar. Logo mereka dan tempat makan mereka telah dirancang dengan sangat cermat untuk menyertakan warna merah. Menurut psikologi warna, merah merangsang nafsu makan Anda dan menarik Anda untuk berada disana.

Psikologi warna tidak hanya bekerja di dunia offline. Hal ini dapat menjadi alat yang hebat untuk web designer, juga membantu untuk melakukan banyak hal, mulai dari meningkatkan conversion rate sampai menyampaikan pesan/getaran yang baik untuk bisnis. Berikut ini adalah cara untuk menggunakan psikologi warna dalam proyek web desain anda.

Psikologi Warna Web Design

Tentukan Apa Tujuan Anda?

Hal pertama yang anda perlu cari tahu sebelum menentukan palet warna yang tepat untuk audiens anda adalah menentukan apa tujuan anda. Argumen untuk hal ini cukup kuat. Satu studi menemukan bahwa dibutuhkan hanya 90 detik bagi orang untuk menyatakan pendapat atas suatu produk dan 90 persen berpendapat bahwa dapat ditentukan oleh warna yang digunakan di produk tersebut.

Tujuan yang berbeda membutuhkan pendekatan yang bebeda karena mereka bermain untuk audiens yang berbeda. Misalnya, jika anda sedang mendesain sebuah situs untuk badut yang melakukan pesta anak-anak, Anda membutuhkan sesuatu yang optimis dengan skema warna bouncy. Anda ingin mendorong orang untuk berfikir bahwa klien anda sedang senang atau bahagia. Tapi jika anda merancang desain untuk rumah duka, anda akan membutuhkan sebuah warna yang gelap, low-key scheme. Anda ingin orang berfikir klien anda serius.

Baca juga : 7 Tool Untuk Membuat Kombinasi Warna

Tujuan utama dari setiap website tentu saja adalah conversion(konversi) dan anda dapat menggunakan warna untuk mendorong/menyalurkan masyarakat menuju konversi tersebut. Gunakan warna untuk tombol “call-to-action” anda, gunakan warna yang agak berbeda jauh dari sisa skema warna, ini untuk membuatnya lebih menonjol dan menggiring menuju konversi yang lebih banyak (lebih banyak terjadi pembelian produk, pemesanan, dll). Warna-warna berani cenderung bekerja dengan baik untuk ini.

Siapa Audiens Anda?

Sama penting dengan menentukan apakah tujuan anda terhadap website klien anda yaitu menentukan siapa audiens nya. Disini lah psikologi warna benar-benar dapat ikut bermain. Warna yang berbeda digunakan untuk audiens yang berbeda.

Misalnya, berikut ini menunjukan bahwa pria dan wanita tertarik pada warna yang sangat berbeda. Katakanlah anda bekerja pada sebuah situs yang targetnya adalah wanita, seperti sebuah toko pakaian. Anda akan menginginkan untuk bermain dengan Hijau, Biru, pink dan Ungu, yaitu warna-warna yang disukai oleh wanita. Tapi jika anda menargetkan Pria, katakanlah untuk situs yang menjual pisau cukur, akan lebih bijak jika anda tidak menggunakan warna ungu tapi gunakanlah warna hitam, karena laki-laki merespon lebih baik untuk warna tersebut.

Warna Yang Tepat Untuk Tujuan Dan Audiens Anda.

Ini adalah bagian yang menyenangkan: Mencari tahu mana warna yang paling cocok untuk apa yang sedang anda desain. Setelah anda belajar tentang psikologi di balik bagaimana warna mempengaruhi emosi kita, Anda dapat memulai memilih bersama klien, menentukan apa warna yang menurut anda bagus, dan mungkin tidak cocok dengan klien anda. Berikut ini adalah contoh warna yang paling populer dan emosi apa yang paling baik untuk target mereka.

Biru

Biru menyampaikan kepercayaan, keterlibatan dan kedamaian, Ini baik untuk situs yang berhubungan dengan uang. Pernahkah anda memperhatikan bahwa skema warna PayPal menekankan biru? Dalam contoh gambar di bawah, PayPal menggunakan biru paling mencolok dimana itu cukup penting – dalam logo mereka, tombol sign-up, dan tombol tindakan(call to action). Begitu juga dengan bank BCA misalnya, atau kalau anda perhatikan Bank Mandiri, BRI dan sebagian besar bank lain juga menggunakan warna biru.

paypal website blue

Ada alasan baik untuk itu. Situs tersebut ingin anda berfikir bahwa mereka akan menyimpan uang anda dengan baik. Target audiens adalah para profesional, serta pria dan wanita, dimana keduanya menyukai warna biru.

Merah

Merah menyampaikan kekuatan, gairah dan cinta. Ini baik untuk website yang ingin untuk menampilkan energi. Merah adalah warna yang berani dan agresif dan ini dapat digunakan untuk mensugesti kekuatan merek pada sebuah situs web. Target audiens untuk warna merah cerah adalah orang-orang muda karena ini mensugesti sebuah kepribadian tertentu, sementara merah pekat dapat menunjukkan sejarah yang kaya dan menarik bagi khalayak yang lebih tua.

San Francisco Bay

Warna merah dan putih di gambar diatas menawarkan kapal pesiar bersejarah dari San Francisco Bay yang telah berlangsung selama lebih dari 100 tahun.

Orange

Warna ini menyampaikan keramahan, semangat dan kreativitas. Orage merupakan warna yang baik untuk situs bertema seni dan hiburan. Orange bukanlah pilihan berani tetapi sesuatu yang nyaman, yang menyampaikan energi tanpa resiko seperti merah.

Ini mudah ditangkap oleh mata dan dapat digunakan di situs ritel untuk menarik perhatian dalam menawarkan penjualan. Orang-orang muda tertarik pada warna ini, itulah sebabnya mengapa banyak klub olahraga di amerika menggunakan warna orange ini seperti Phoenix suns, Baltimore Orioles, San Francisco Giant, Syracuse Orange. Orange bukan warna favorit bagi laki-laki maupun perempuan, tetapi sering digunakan untuk mengiklankan barang-barang anak dan tim olahraga, bahkan di indonesia kita mengenal persija yang identik dengan orange, atau kostum sepakbola belanda yang terkenal dengan “semangat” total football nya. Contoh lain yang mungkin banyak dikenal orang, khususnya anak-anak yang penuh semangat dan kreativitas mungkin brand Nickelodeon yang kaya akan konten hiburan.

Kuning

Kuning menyampaikan keceriaan, optimisme dan kehangatan, ini baik untuk situs anak-anak. Kuning adalah warna muda dan kecerahannya menunjukan semangat dan orang tua memiliki lebih banyak kesulitan dengan warna ini. Orang-orang muda yang belum tumbuh menjadi sinis atau masih idealis, berhubungan lebih banyak dengan warna ini. Penggunaannya bisa kita lihat pada website #100happydays, coba kunjungi saja website nya, disana anda akan ditantang dan dituntut untuk optimis.

100happydays

 

Pada usia tertentu, kuning dapat menjadi remaja dan efektif dalam menjual prospek positif yang dimiliki anak muda.

Coklat

Warna coklat menyampaikan rasa yang kokoh dan kedamaian. Ini berkaitan dengan jujur, membumi, dan hal-hal yang masuk akal. Hal menarik bagi orang tua ketimbang yang lebih muda dan cenderung digunakan secara halus di web, sebagai nada latar belakang dan bukan untuk menyoroti atau untuk tombol. Hal ini sering dipasangkan dengan hijau dan dapat memberikan rasa alami atau produk buatan tangan sendiri (handmade).

Amish-Furniture

 

Dalam contoh diatas, website Amish Outlet Store menunjukan semua kualitas mereka, yaitu mereka menyampaikan pesan bahwa mereka menyediakan furnitur kayu yang solid, kokoh dan tangguh.

Hijau.

Warna ini menyampaikan kesadaran lingkungan, membumi dan menunjukan keramahan. Ini dikenal untuk situs bertema lingkungan. Go green adalah sesuatu, jadi hal ini tidak mengherankan bahwa warna ini menyampaikan kesadaran lingkungan yang sangat banyak saat ini.Warna ini populer dikalangan wanita maupun pria.

Situs Pariwisata Indonesia

Website pariwisata Indonesia (indonesia.travel), situs yang digambarkan diatas, menggunakan warna hijau pada warna latar. Indonesia yang sejuk, ramah linkungan, alami dipesankan dengan warna hijau tersebut. Keramahan bumi Indonesia bisa mudah dipahami oleh calon wisatawan dengan penggunaan warna tersebut.

Ungu

Secara historis, ungu telah menyampaikan rasa royalti. ini adalah karena pewarna yang digunakan untuk pakaian ungu yang kreatif dan bahan lainnya cukup mahal dan hanya dapat di jangkau oleh orang yang sangat kaya. Di zaman modern, ungu masih digunakan untuk menyampaikan rasa mewah, tetapi juga merupakan eksentrisitas dan keseimbangan antara kegembiraan merah dan ketenangan dari biru. Pada kenyataannya, ini bisa berjalan sendiri atau bergantung pada tone warnanya.

jewelry-purple-design


Setelah anda memahami bagaimana warna dapat memancing emosi pengunjung, anda menjadi lebih mudah untuk memilih warna yang akan menarik bagi pengunjung anda, membuat pengunjung betah untuk berada di website anda dan membuat klien anda untuk membeli, melakukan transaksi atau menciptakan conversion untuk website yang anda bangun.

Semoga artikel singkat dari jurnal web kali ini bisa bermanfaat untuk anda yang sedang merancang desain website.