Proses Google Chrome menguasai persaingan browser dunia maya menenggelamkan Internet Explorer — Mungkin Anda masih ingat saat dulu dimana Anda setiap hari mengecek email dan berselancar di dunia maya menggunakan Internet Explorer. Hampir sebagian besar pengguna Internet pada saat ini melakukan hal yang sama dengan Anda. Internet Explorer menjadi jendela dunia maya.

IE vs Chrome

Persaingan web browser(Image: Gizmodo.com)

Namun hal tersebut tidak lagi terjadi sekarang ini, sekarang dimana-mana orang menggunakan Google Chrome, baik melalui smartphone maupun komputer desktop. Google Chrome menjadi browser paling banyak digunakan, mengalahkan Internet Explorer, Mozilla Firefox, Safari dan Opera.

– Baca juga: 5 Web Browser Terbaik Tahun 2015

Visualisasi dibawah ini bisa menggambarkan kepada Anda bagaimana proses transisi pengguna Internet dunia yang dahulu di dominasi oleh pengguna browser Internet Explorer yang identik dengan warna biru sampai akhirnya sekarang di kuasai oleh Google Chrome yang digambarkan dengan warna kuning.

persaingan browser dunia maya

Persaingan Browser (Image: gizmodo.com)

Visualisasi tersebut dibuat oleh Jody Sieradzki yang menggunakan data dari Stat Counter web tracker, seperti dikutip Jurnalweb.com dari laman Gizmodo, Senin (10/8), memperlihatkan dimana dunia web browser pada tahun 2008 dikuasai oleh para pengguna Internet Explorer (biru), namun setelah itu mulai muncul Opera (merah) ditahun 2009, kemudian Asia mulai dikuasai Firefox (orange) pada tahun 2010 dan 2011 mulai muncul pesaing bernama Google Chrome (kuning), sampai akhirnya sejak saat itu hingga kini Chrome mulai menguasai hampir seluruhnya, pengguna internet sebagian besar menggunakan Google Chrome walaupun masih ada sebagian yang menggunakan IE, Firefox.