Posisi iklan terbaik atau yang paling bagus berdasarkan pengalaman Google, pembahasan ini bisa di aplikasikan untuk posisi iklan adsense terbaik di website Anda agar jumlah klik iklan adsense di website semakin banyak.

Kalau kita berbicara website apa yang paling banyak di buka orang diseluruh dunia, sudah barang tentu Google adalah peringkat pertamanya, hampir setiap hari kita membuka Google.

posisi iklan google

Posisi iklan google (Image: ja.adwords-community.com)

Dengan banyaknya pengujung Google, pastilah banyak juga orang yang mengklik iklan yang ada di halaman website Google.

Kita tahu bahwa Google menempatkan iklan pada dua posisi utama, yaitu

– Dibagian atas hasil pencarian
– Dibagian kanan / sidebar kanan dari hasil pencarian

Kira-kira tampilannya adalah sebagai berikut.

posisi iklan google adwords lama

Posisi iklan google adwords lama (Image: w3developing.com)

Nah, baru-baru ini Google mengungkapkan bahwa mereka akan segera menghilangkan iklan yang ada dibagian kanan hasil pencarian karena posisi tersebut kurang efektif, seperti diberitakan laman thesempost.com. Jadi nantinya iklan Google hanya akan ditampilkan di bagian atas dan bagian bawah saja.

Sekarang Google menempatkan 4 buah iklan dibagian atas dan 3 iklan dibagian bawah, jadi akan tetap ada 7 baris iklan di hasil pencarian Google nantinya, namun tidak ada dibagian kanan.

posisi iklan adwords baru

posisi iklan adwords baru, 4 iklan di bagian atas (Image: clickwinningcontent.com.au)


 

posisi iklan adwords bagian bawah

Posisi iklan adwords bagian bawah (Image: searchenginejournal.com)


 

Berikut pernyataan Google terkait posisi iklan tersebut.

Kami telah menguji tata letak ini untuk waktu yang lama, sehingga beberapa orang mungkin melihatnya pada jumlah yang sangat kecil dari query komersial. Kami akan terus membuat tweak, tapi ini dirancang untuk permintaan komersial dimana tata letak mempu memberikan hasil yang lebih relevan untuk orang-orang yang sedang mencari dan kinerja yang lebih baik bagi pemasang iklan

Apa artinya itu untuk kita?

Itu berarti iklan yang ditempatkan dibagian kanan kurang efektif, akan lebih efektif jika ditaruh di bagian atas dan bagian bawah.

Dari pengalaman Google tersebut, tentu bisa juga kita jadikan acuan dan pembelajaran, kalau website ramai seperti Google saja tidak menaruh iklan diposisi tersebut karena kurang efektif, maka sebaiknya kita juga tidak menaruh pada posisi tersebut.

Namun setiap website mungkin bisa berbeda, untuk memastikan dimana posisi iklan yang paling baik di websit Anda, tentu Anda harus melakukan pengujian, silahkan coba pindah-pindahkan posisi iklan Anda, dan nanti Anda akan mendapatkan bagian mana yang sering di klik pengunjung dan bagian mana yang jarang di klik. Dari situ Anda bisa mengambil kesimpulan posisi mana yang paling baik.

Kalau Anda gimana? Apakah pada website Anda iklan dibagian kanan sering di klik?