Membuat website versi mobile — WordPress sudah menjadi CMS paling diminati dan paling banyak dipakai diseluruh dunia, tidak hanya oleh website skala kecil, namun website-website besarpun menggunakan wordpress sebagai platform website mereka.

Saat ini teknologi website harus bisa dibuka di semua perangkat, karena pengunjung tidak hanya menggunakan komputer desktop saja, namun juga menggunakan tabet ataupun smartphone. Google pun baru-baru ini mengumumkan bahwa mereka memberikan apresiasi tinggi untuk website yang bisa dibuka dengan baik di ponsel.

Oleh sebab itu memiliki website yang bisa dibuka di berbagai perangkat itu penting, khususnya di perangkat mobile. Untung nya dengan wordpress semua itu bisa dilakukan dengan mudah, dengan bantuan plugin canggih yang memungkinkan hal tersebut, dan jurnal web akan jabarkan beberapa plugin mobile yang bisa Anda gunakan di wordpress.

WPtouch Mobile Plugin

Ini merupakan plugin mobile paling terkenal di kalangan pengguna WordPress, WP Touch Mobile akan secara otomatis mengkonversi website Anda menjadi ramping ketika dibuka dari handphone. Anda juga bisa mengatur settingannya, termasuk memilih warna tema dan juga font yang cocok.

wptouch-plugin

Wp Mobile Detector

WP Mobile Detector adalah plugin yang cukup bagus yang bisa mengkonversi website Anda menjadi versi mobile untuk dibuka dari iPhone, Android, iPad, Windows Phone atau ponsel lainnya.

Jetpack

Jetpack memiliki banyak sekali fitur, salah satunya bisa membuat website menjadi mobile friendly, cukup mengaktifkan fitur nya maka seketika website Anda akan bisa dibuka dengan baik dari perangkat mobile.

Wp Smush.it

WP Smush.it ini memungkinkan Anda untuk mengoptimalkan semua file untuk diakses oleh pengunjung dengan perangkat mobile. Plugin ini dilengkapi dengan API yang memungkinkan Anda untuk mengoptimalkan gambar dengan menghilangkan informasi yang tidak penting, sehingga ukurannya jadi lebih kecil dan bisa mempercepat waktu loading.

WP Mobile Edition

WP Mobile Edition bertindak sebagai tools yang cukup lengkap untuk mobilisasi situs wordpress Anda. Ada fitur switcher ponsel yang secara otomatis akan mendeteksi perangkat bahwa situs sedang dilihat dan pengguna akan ditawari utnuk beralih dari versi desktop ke versi mobile.

WordPress Mobile Pack 2.0

Plugin ini juga memudahkan pengguna untuk memiliki website versi mobile setelah dilakukan update oleh developernya. Plugin ini kompatibel dengan berbagai browser utama seperti Chrome, Safari, Firefox, IE10. WP Mobile Pack akan menampilkan website seolah-olah itu adalah aplikasi mobile.

Handheld

Handheld adalah plugin WordPress yang cukup bagus yang yang bisa memberikan sebuah tampilan mobile untuk pengguna ponsel atau tablet.

handheld

MobilePress

MobilePress dengan mudah bisa mengkonversi situs wordpress ke versi mobile. Penggunannya cukup banyak dan kompatibel dengan wordpress sampai versi 3.6.1.

iTheme Mobile

Plugin iTheme Mobile ini merupakan plugin berbayar yang memungkinkan situs WP anda berubah ke portal web yang mobile friendly, dilengkapi dengan tema berkualitas tinggi. Banyak sekali fitur yang bisa didapatkan dari plugin ini.

ithemes-mobile

Duda Mobile Website Builder

Duda Mobile Website Builder memungkinkan Anda untuk membuat website mobile friendly dari situs WordPress Anda dengan cara yang cepat dan menghemat waktu. Juga dilengkapi dengan banyak sekali theme versi mobile yang bisa digunakan.