Plugin Jquery Untuk Membuat Grafik Pada Website — Jika Anda memiliki banyak data, dengan sejumlah variabel, dan Anda bingung bagaimana cara menyampaikannya ke orang lain. Data yang baku dan tidak terorganisir akan sulit untuk dipahami. Dengan alasan tersebutlah mengapa Anda butuh bantuan dari grafik.

Dalam dunia web, grafik termasuk salah satu alat yang cukup baik untuk mambuat visualisasi data, sehingga sangat mudah untuk dibaca, enak dilihat dan relatif tidak terlalu sulit untuk dibuat.

Pada website, sebuah grafik bisa lebih hidup, dimana grafik bisa diberi sedikit animasi dan efek, sehingga pembacanya tidak hanya melihat data, namun juga bisa sedikit bermain-main dengan hal tersebut.

Berikut ini adalah beberapa plugin jquery untuk membuat grafik pada website.

1. Chart JS

Plugin ini memungkinkan Anda untuk membuat berbagai macam bentuk grafik dan chart, setidaknya ada enam macam bentuk, dan asiknya plugin ini sudah mendukung desain web responsif.

2. Chartist JS

Chartist JS adalah librari yang bagus untuk membuat chart responsif yang dibuat dengan menggunakan SVG. Anda bisa mengatur style nya dengan CSS dan bisa mengongrol JS nya dengan mudah, agar lebih mudah di ubah-ubah tersedia juga file SASS nya.

3. C3 JS

c3 chart

C3 JS adalah libarari untuk membuat charts berbasis D3 JS, code sudah dimasukan dan kita tidak perlu lagi menulis kode D3, cukup masukan data saja. C3 dilengkapi berbagai API untuk mengontrol grafik dengan mudah, CSS nya pun bisa diatur dan disesuaikan dengan kebutuhan.

4. Flot

Flot adalah plugin untuk membuat grafik dengan elemen yang interaktif seperti on/of, interaksi titik data, zoom, dan banyak lagi. Flot juga hadir dengan berbagai jenis grafik.

5. DC JS

Plugin mirip dengan C3 JS karena memang dari sinilah asal C3, librari ini merender data menjadi SVG dan sudah mendukung desain responsif. Terdapat beberapa model grafik yang bisa dibuat dengan plugin ini.

6. Google Chart

google charts

Anda bisa membuat grafik yang interaktif menggunakan Google Visualization API melalui Google Chart. Penggunaannya mudah, embed javascriptnya ke website Anda, lalu daftarkan data-data Anda, lalu lakukan pengaturan melalui pilihan grafik. Terakhir buat objek grafiknya dengan sebuah ID, lalu pada website Anda tinggal buat DIV dengan ID tersebut untuk menampilkan grafik.

Itulah beberapa plugin jquery yang bisa digunakan untuk membuat grafik dan chart pada website Anda, semoga berguna dan update terus informasi lain dari Jurnal Web Indonesia.