Beberapa perusahaan mencoba menawar ingin membeli Facebook dengan harga yang fantastis namun hingga kini Mark Zuckerberg sang pemilik tak menjualnya kepada orang lain.

Facebook yang semakin hari semakin banyak digunakan, tercatat Facebook kini memiliki lebih dari 1,5 miliar pengguna aktif setiap bulannya.

Berdasarkan buku The Facebook Effect karangan David Kirkpatricks’s yang bercerita tentang bagaimana perusahaan tersebut didirikan, ternyata Facebook adalah target M&A (Mergers and acquisitions) yang sangat populer atau diinginkan.

gedung kantor facebook

Kantor Facebook di Dublin (Image: rte.ie )

Pada 4 bulan pertama Facebook diluncurkan, orang-orang yang memiliki uang dan mewakili perusahaan meminta Mark Zuckerberg untuk mengambil uang mereka dan menjual perusahaannya.

Jelas, Mark Zuckerberg menolak tawaran-tawaran tersebut. Namun jika dilihat penawaran tersebut jauh lebih menggoda dibanding angka yang realistis untuknya.

1. Pada Juni 2004, ditawar $10juta oleh pemodal tanpa nama

Dalam waktu 4 bulan setelah diluncurkan pada Februari 2004, Mark Zuckerberg diberikan tawaran dari sebuah pemodal asal New York yang tidak disebutkan namanya. Ia ditawari $10 juta untuk Facebook. Namun akhirnya Mark menolak tawaran tersebut.

2. Friendster ingin membeli Facebook

Dilansir Business Insider (20/01/2015), Salah satu peserta tender awal untuk Facebook adalah Friendster. Jejaring sosial tersebut bertaruh di Facebook untuk menaikan putaran pendanaan, namun kesepakatan itu tidak pernah berjalan.

3. Pada musim panas tahun 2004, Google datang menawar

Mark dan teman sekamarnya menyewa Asrama di sebuah rumah di Palo Alto selama musim panas tahun 2004.

Itu tidak lama sebelum ‘beberapa eksekutif Google datang untuk melihat apakah mungkin ada cara untuk bekerja sama atau membeli TheFacebook’, menurut laporan Kirkpatrick di The Facebook Effect.

– Baca juga: Begini suasana kamar Mark Zuckerberg tempat Facebook diciptakan

4. Viacom menawarkan $75 juta

Selama musim semi, Maret 2005, Facebook (yang masih bernama TheFacebook) sedang berbicara dengan The Washington Post Company tentang investasi.

Entah dari mana, tiba-tiba Viacom menawarkan $75 juta untuk membeli perusahaan tersebut.

Mark akan mendapatkan $35 juta ditempat, menurut laporan Kickpatrick.

Sebaliknya, presiden Facebook Sean Parker menggunakan tawaran tersebut untuk tawar-menawar hal yang lebih baik dari Post.

Viacom tak jera

Viacom tidak menyerah ternyata, pada musim gugur pada akhir tahun 2005. Grup fokus mengatakan kepada mereka bahwa pemirsa MTV menghabiskan lebih banyak waktu di situs.

Jadi pada saat itu, Mark terbang ke New York untuk bertemu dengan CEO Tom.

Tom mengutarakan semua kemungkinan sinergi antara MTV dan Facebook. Namun Mark ternyata tidak tertarik. “Itu adalah pertemuan tanpa terima kasih”, menurut sebuah sumber kepada Kirkpatrick.

Penarawan terakhir Viacom

Pada awal tahun 2006, bos MTV Michael Wolf untuk terakhir kali di stop oleh Mark Zuckerberg yang mengatakan bahwa perusahaan ini bernilai $2 miliar.

Beberapa minggu kemudian, Viacom mengirim penawaran ke Facebook dengan $1.5 miliar – $800 juta dibayar diawal, sisanya akan dibayarkan kemudian.

Facebook hampir saja dijual saat itu, menurut The Facebook Effect, tapi karena ingin pembayaran uang muka yang lebih besar. CFO Viacom merasa gugup tentang membayar segitu banyak untuk sebuah perusaan yang hanya memiliki pendapatan kecil. Kesepakatan akhirnya berantakan dan Viacom tidak pernah kembali.

– Baca juga: 12 Fakta Mark Zuckerberg Pendiri Facebook Yang Menarik Diketahui

5. MySpace

Sebelum dijual ke News Corp pada 2005, MySpace ingin membeli saingannya tersebut.

Pada musim semi tahun 2005, CEO MySpace Chris DeWolfe mengunjungi Mark dan timnya. Chris mengeluarkan sinyal tentang kemungkinan berada diluar Facebook. Presiden Facebook Sean Marker dan penasihat Matt Cohler juga membiarkan Chris tetapi hanya karena mereka ingin tahu tentang MySpace.

MySpace, menawar lagi 6 bulan kemudian

Pada Januari 2006, bos News Corp digital Ross Levinsohn mengunjungi Mark Zuckerberg dan salah satu penasehat utamanya, Matt Cohler ke Los Angeles.

Ross ingin membeli TheFacebook, tetapi dia khawatir itu tidak akan dapat mengikuti pertumbuhannya.

“Itulah perbedaan antara perusahaan Los Angeles dan sebuah perusahaan di Silicon Valley, ‘Mark mengatakan dalam The Facebook Effect,’ Kami membangun ini untuk terakhir, dan orang-orang ini (di MySpace) tidak memiliki petunjuk”.

6. NBC pada tahun 2005

Kirckpatrick tidak memilih banyak detail tentang ini, namun rupanya eksekutif NBC pernah mampir untuk melihat Facebook pada tahun 2005.

7. Yahoo tahun 2006

Pada musim panas tahun 2006, Yahoo memutuskan untuk menawar Facebook seharga $1 miliar.

Investor Facebook dan banyak eksekutif lain ingin menjualnya.

Tapi Facebook ingin meluncurkan News Feed, dan jika itu berjalan dengan baik, Mark Zuckerberg berfikir perusahaan akan bernilai lebih dari $1 miliar.

Dalam setiap kesempatan, Yahoo menurunkan tawaran untuk $850 juta setelah mengumumkan laba mengerikan pada kuarter kedua. Facebook board mengambil waktu 10 menit untuk menolak penurunan tawaran tersebut, menurut The Faceebook Effect.

Yahoo Kembali menawar pada musim gugur tahun 2006

Pada musim gugur tahun 2006, Yahoo kembali ke Facebook dan menawarkan $1 milir lebih.

Tapi saat itu, Facebook telah membuka situs untuk mahasiswa dan SMA. Pendaftarnya naik dari 20.000 menjadi 50.000 dalam sehari, menurut laporan Kickpatrick.

8. AOL pada tahun 2006

CEO AOL Jonathan Miller memutuskan ingin membeli Facebook pada pertengahan tahun 2006.

Dia bahkan yakin CEO Time Inc Anne Moore untuk datang pada kesempatan sebelum ia membawanya ke perusahaan induk AOL, Time Warner. Rencananya AOL akan menjual MapQuest dan Tegic. Time Inc akan menjual IPC. Bersama-sama mereka akan menawar Facebook $1 miliar lebih.