Perusahaan yang ganti nama brand dan menjadi terkenal | Salah satu faktor penting yang menentukan keberhasilan suatu bisnis atau usaha adalah nama. Sebuah nama yang baik dan mudah diingat akan sangat membantu perusahaan dalam kemudahan branding.

Ada kalanya nama yang awalnya dipilih perlu untuk diganti, ternyata mengubah nama bukan hanya terjadi pada manusia, namun juga pada perusahaan, organisasi.

Dalam sejarah dunia bisnis, banyak perusahaan besar yang mengubah nama karena berbagai alasan, namun akhirnya menjadi sukses besar dengan nama barunya tersebut.

Nama yang Anda kenal sekarang ternyata awalnya sangat mengejutkan dan bahkan bisa dibilang diluar dugaan.

Apa saja namanya, berikut adalah beberapa perusahaan besar yang sempat mengubah nama dan menjadi sukses yang kami kumpulkan dari berbagai sumber.

1. Apple Computer menjadi Apple, Inc.

Perusahaan teknologi ternama ini diciptakan pada tahun 1976, awalnya diberi nama Apple Computers, pendirinya adalah Steve Jobs, Ronald Wayne dan Steve Wozniak.

Namun pada tahun 2007, Steve Jobs mengumumkan bahwa perusahaan itu membuang kata “Computers” dari namanya agar bisa menggambarkan bahwa mereka sudah tidak lagi terpaku pada bisnis komputer saja.

Hal tersebut benar adanya, akhirnya kini mereka mengembangkan berbagai perangkat elektronik seperti Apple TV, iPhone, iPod, iPad, iMac dan lainnya.

2. Google awalnya bernama BackRub

backrub google

backrub google (Image: phoneia.com)

Pada tahun 1996, diciptakan sebuah web search engine terbesar pada masa itu, diberi nama BackRub. Penciptanya yang tentu sudah Anda kenal yaitu Larry Page dan Sergey Brin ternyata memutuskan untuk mengganti nama ciptaannya tersebut menjadi Google dua tahun kemudian.

Nama Google sendiri berasal dari kata “googol”, yaitu sebuah istilah matematika untuk nomor yang mewakili nemeral 1 diikuti 100 angka nol.

3. Brad’s Drink menjadi Pepsi Cola

Caleb Bradham yang seorang ahli farmasi yang berasal dari North California pada tahun 1893 bereksperimen membuat berbagai resep soft drink, salah satu hasilnya diberi nama Brad’s Drink yang diambil dari potongan nama penciptanya.

Namun nama tersebut diganti menjadi Pepsi Cola pada tahun 1898, nama tersebut akhirnya menjadi nama minuman yang populer hingga saat ini.

4. Tokyo Tsushin menjadi Sony

Tokyo Tsushin Sony

Tokyo Tsushin Sony (Image credit: geocities.jp)

Pada tahun 1946 di Jepang didirikan sebuah toko reparasi radio yang diberi nama Tokyo Tsushin Kogyo.

Selanjutnya tahun 1955 mereka menciptakan radio transistor pertama di negeri matahari terbit tersebut, dan selanjutnya menciptakan televisi transistor pertama di dunia pada tahun 1960.

Semenjak tahun 1958, nama tersebut berubah menjadi Sony Corporation, dan nama tersebut tidak berubah hingga kini.

5. Nike awalnya bernama Blue Ribbon

Jika Anda penyuka perlengkapan olahraga, tentu sudah tidak asing dengan nama Nike yang memiliki logo seperti tanda ceklis tersebut.

Namun tahukah Anda bahwa Nike dulunya bernama Blue Ribbon Sports, dan itu adalah sebuah nama distributor bagi pabrik sepatu asal Jepang, Onitsuka Tiger.

Perusahaan tersebut akhirnya mengakuisisinya dengan nilai 1200 dollar, dan namanya pun diganti menjadi Nike. Nama tersebut kabarnya diambil dari nama seorang dewi kemenangan dalam legenda Yunani.

6. AOL awalnya bernama Quantum Computer Services

Sebuah perusahaan bernama Quantam Computer Services didirikan pada tahun 1985, nama tersebut akhirnya diganti menjadi America Online pada bulan Oktober 1991.

Kemudian pada bulan April 2006, America Online secara resmi mengadopsi nama AOL yang merupakan singkatan dari American Online yang dianggap eksklusif.

7. Blackberry nama awalnya adalah Research in Motion

Research in Motion awalnya didirikan pada tahun 1984, mereka adalah pengembang teknologi data nirkabel terkemuka di Amerika Utara. Namun pada bulan Januari 2013 mereka mengumumkan pergantian nama menjadi “Blackberry”, kini kita kenal sebagai merek perangkat smartphone ternama di dunia.

8. Starbucks dulu bernama Starbucks Coffee, Tea and Spice, II Giornale Coffee Company

Tahukan Anda bahwa dulu Starbucks memiliki nama yang cukup panjang yaitu Starbucks Coffee, Tea and Spice, II Giornale Coffee Company, perusahaan tersebut didirikan pada tahun 1971.

Starbucks Coffee Tea Spice

Starbucks Coffee Tea Spice (Image credit: neatorama.com)

Kemudian pada tahun 1983, Howard Schultz, CEO Starbuck, pergi meninggalkan perusahaan tersebut untuk kemudian membuat sebuah kedai kopi bergaya Italia dengan nama “Il Giornale”.

Setelah empat tahun dia kembali dan membeli perusahaan lamanya dan kemudian memilih untuk membawa lagi nama “Starbuck”, dan kini sudah sangat kita kenal sebagai sebuah kedai kopi modern.

9. Firefox dulu bernama FireBird

Web browser yang sangat terkanal dengan ikon rubah api itu kita kenal dengan nama Mozilla Firefox, namun tidak banyak orang yang tahu bahwa dulu namanya adalah FireBird. Pihak perusahaan akhirnya mengganti nama tersebut menjadi Firefox supaya lebih mudah untuk diingat oleh para pengguna internet di seluruh dunia.

10. Yahoo dulu bernama Jerry Guide to World Wide Web

Dua mahasiswa PhD dari Stanford University bernama Jerry Yang dan David Filo menciptakan cikal bakal salah satu mesin pencari terbesar di dunia yang kini kita kenal dengan nama Yahoo!.

Namun tahukah Anda bahwa awalnya Jerry dan David menamai produk mereka dengan “Jerry Guide”. Namun akhirnya diganti lagi dengan nama Yahoo yang merupakan singkatan dari “Yet Another Hierarchical Officious Oracle.

11. PayPal awalnya perusahaan gabungan

PayPal yang kini kita kenal sebagai perusahaan untuk mengirim uang dan pembayaran secara online awalnya adalah sebuah perusahaan hasil penggabungan antara Confinity dengan X.com.

Tujuan awal dibangunnya Confinity yaitu sebagai perusahaan perantara pembayaran Palm Pilot dan layanan Kriptografi. Sedangkan X.com sendiri adalah sebagai jasa perencanaan keuangan.

Namun dengan seiring berjalannya waktu domain website mereka diganti dengan nama PayPal.com, dan sekarang dikenal luas oleh para pebisnis online.

12. Snapchat awalnya Picaboo

Snapchat yang kini kita kenal sebagia aplikasi berbagi potongan cerita video dan gambar ini dulunya bernama Picaboo. Perusahaan ini didirikan oleh Even Siegel yang sekarang menjadi kekasih aktris dan model Miranda Kerr.

Snapchat Picaboo

Snapchat Picaboo brief story (Image: litelabs.com)

Setelah mengganti nama menjadi Snapchat, barulah Even mendapatkan bantuan pendanaan yang kemudian digunakan untuk membesarkan perusahaannya tersebut.

13. Facebook dulu bernama TheFacebook

Siapa yang tidak kenal dengan jejaring sosial nomor satu di dunia saat ini, miliaran orang menggunakannnya. Perusahaan yang didirikan oleh Mark Zuckerberg ini pada awalnya diberi nama TheFacebook, dan itu menjadi nama domainnya “thefacebook.com”.

Namun pada tahun 2005, perusahaan ini mengubah namanya menjadi lebih sederhana dengan menghilangkan kata ‘the’ sehingga menjadi Facebook saja.

Ternyata nama domain facebook.com sudah lebih dahulu dimiliki oleh orang lain, sehingga perusahaan harus merogoh kocek hingga US$ 200.000 untuk bisa menebusnya, dan jadilah kini Facebook yang kita kenal dengan kesuksesannnya sebagai jejaring sosial.

Itualah beberapa perusahaan yang ganti nama dan ternyata menjadi sukses dan terkenal hingga kini.