Peraih Designer & Developer of The Years 2015 — Semakin berkembangnya penggunaan internet saat ini tentu saja memunculkan banyak sekali desainer dan pengembang web dari berbagai penjuru dunia. Baik perempuan maupun pria, semua berusaha untuk berkarir dan menunjukan talenta atau kemampuan mereka dalam menciptakan sesuatu yang berguna untuk dunia web dan desain.

Beberapa hari lalu net Award yang rutin diadakan setiap tahunnya mengumumkan daftar penerima penghargaan, total ada sekitar 20 kategori yang diberi penghargaan dari total 1,725 nominasi yang direkomendasikan oleh masyarakat, baik untuk perorangan maupun untuk tim, acara penghargaan untuk insan yang berkarya di dunia web design & development tersebut diadakan di London’s Connaught Rooms, Inggris.

Kategori Perorangan

Kategori Developer of The Years tahun 2015 dinobatkan kepada Sara Soueidan, seorang developer wanita yang berasal dari Lebanon, setidaknya dalam dua tahun belakangan ini Sara Soueidan memang sangat menonjol sebagai developer, dia kerap membuat eksperimen tentang teknologi web, khususnya mengenai penggunaan SVG. Selain itu dia juga kerap menjadi pembicara dalam berbagai konfrensi yang diselenggarakan di berbagai negara.

designer & developer of the years

Tobias van Scheinder (Kiri) & Sara Souiedan (kanan)

Sementara itu untuk Designer of The Years tahun 2015 diberikan kepada Tobias van Schneider, pria berjenggot panjang ini memang berpenampilan sangat nyentrik. Tobias van Schneider juga sebelumnya pemenang penghargaan sebagai desainer di Jerman, dia dibesarkan di Austria dan saat ini tinggal di Stockholm New York City.

Dia memilik hal istimewa untuk bekerja dengan perusahaan seperti Red Bull, BMW, Google, Wacom, Sony, Toyota, Ralph Lauren, Bwin dan banyak lagi.

Tobias juga membangun produk baru sebagai Lead Product Designer & Art Director di Spotify disamping menjabat sebagai anggota dewan direksi AIGA di New York.

Untuk kategory Young Developer of The Years diberikan kepada Julia Wallin, sedangkan untuk Young Designer of The Years diberikan kepada Alice Lee, ternyata dua kategori untuk anak muda tersebut diperoleh oleh wanita. Tidak hanya itu untuk kategori Best Online Portfolio juga diberikan kepada wanita bernama Bethany Heck.

Kategori Group

Kategori yang melibatkan lebih dari satu orang atau tim juga menarik untuk disimak, dimana  Team of the Year diberikan kepada BBC Responsive News Team, untuk New Agency of the Year pemenangnya adalah Anton & Irene.

Bidang teknologi

net awards 2015

Bidang teknologi juga cukup menarik, karena kejayaan Sketch dalam setahun ini yang bisa dibilang menyaingi nama besar Adobe ternyata berbuah hasil, mareka menerima App of the Year. Sedangkan Open Source Project of the Year diterima oleh Atom, Best New Web Technology untuk tahun 2015 diberikan kepada Responsive Images.

Berikut ini adalah daftar lengkap penerima net Award tahun 2015.

Technology Awards

Open Source Project of the Year Atom
Best New Web Technology Responsive Images
Game Changer of the Year Slack
App of the Year Sketch

Community Awards

Conference Talk of the Year Darius Kazemi: Tiny Subversions
Grassroots Event of the Year Ladies that UX
Podcast of the Year The Web Ahead

Project Awards

Best Collaborative Project Responsive Images Community Group
Redesign of the Year theguardian.com
Side Project of the Year Species in Pieces
Best Online Portfolio Bethany Heck

Individual Awards

Designer of the Year Tobias van Schneider
Emerging Talent of the Year Tiffany Rayside
Young Developer of the Year Julia Wallin
Young Designer of the Year Alice Lee
Developer of the Year Sara Soueidan
Outstanding Contribution Molly Holzschlag

Team Awards

Team of the Year BBC Responsive News Team
New Agency of the Year Anton & Irene
Agency of the Year Filament Group

Itulah beberapa pemenang penghargaan net Award tahun 2015 untuk insan yang bekerja dalam dunia web dan desain tahun 2015 ini. Sebagai tambahan net Award sendiri diselenggarakan oleh net magazine.

Semoga nama-nama tersebut bisa menginspirasi kita semua dan jika mau.