Pentingnya Kecepatan Website — Jangan membuang milidetik waktu berharga dari pengunjung Anda dengan membiarkan mereka menunggu terlalu lama untuk membuka halaman web Anda. Yap, kita sedikit berbicara soal waktu yang milidetik, karena aturan 2 detik sudah usang. Pengguna saat ini mengharapkan halaman bisa dimuat dalam waktu sekejap mata.

Sebagai informasi, brand Walmart melaporkan bahwa “dengan mengurangi waktu buka halaman web mereka satu detik, mereka melihat peningkatan traffic pengunjung sebanyak 2 persen, dan setiap penurunan waktu muat web sebanyak 100-milidetik terlihat penambahan konversi dari 1 persen?”

Pada tulisan terdahulu kita sudah membahas tentang bagaimana mendapatkan atensi dari pengunjung, termasuk soal waktu muat website.

load time website

Waktu muat website (Image: Medium)

Jadi bagaimana untuk mempercepat loading website, berikut adalah beberapa tips sederhana yang bisa membantu hal tersebut.

  • Hindari menambahkan hal-hal yang tidak penting untuk website. Selain mengoptimalkan kode Anda, pastikan untuk memeriksa waktu muat dari gambar, video dan webfont. Hal lain yang agak sulit di pantau seperti kode dari plugin sosial media, DNS lookup dan atau penambahan tag yang tidak penting dari para kontributor website Anda.
  • Pertimbangkan untuk mengurangi jumlah gambar per halaman. Bahkan setelah optimasi gambar, jumlah gambar per halaman juga dapat mempengaruhi beban muat website.
  • Hapus carousel, karena gambar carousel ini bisa membunuh halaman web. Carousel tidak hanya meningkatkan waktu muat, pengguna melihat mereka sabagai iklan dan mengabaikan mereka semua.
  • Hapus gambar latar (background image). Tekstur atau foto latar belakang bisa memberikan sesuatu yang menarik untuk web Anda, namun ini tentu beresiko meningkatkan waktu muat web.
  • Kurangi request ke server dengan menggabungkan file css menjadi satu file saja, begitu juga dengan file javascript.

– Baca juga: 30 Cara Mempercepat Loading WordPress Website