Penjualan e-book menurun karena para pembaca mengalami mata lelah saat menatap layar | Penjualan e-book di Inggris berkurang, angka perdagangan tersebut terungkap pada hari kamis, data tersebut menunjukan bahwa para pembaca menderita screen fatigue atau kelelahan menatap layar.

Industri penerbitan di Inggris mencapai rekor penjualannya pada tahun 2016, dengan jumlah penjualan buku dan jurnal yang tercatat sebagai pertumbuhan pertahun paling cepat dalam satu dekade terakhir, yaitu mencapai £ 4,8 miliar ($ 6,2 miliar, 5,7 miliar euro), dan itu menjadi capaian tertinggi selama ini.

e-book

e-book (image credit: androidauthority.net)

Namun penjualan e-book turun 3% menjadi £538 juta, melanjutkan tren yang sudah diamati pada tahun 2015.

“Umumnya ada perasaan bahwa orang-orang saat ini mulai letih melihat layar, dari sekian banyak perangkat yang digunakan, ditonton dan dilihat setiap minggunya” kata Stephen Lotinga, chief executive dari organisasi perdagangan The Publishers Association trade organisation, seperti Jurnalweb.com kutip dari gadgetsnow Sabtu 28/04/2017.

Baca juga: 9 Ebook Photoshop Gratis Untuk Belajar Edit Foto Bagi Pemula

Sebagian besar yang terkena dampak dari penurunan tersebut adalah konsumen ebook — mulai dari fiksi, non-fiksi dan judul buku anak-anak – yang turun 17% dari tahun ke tahun menjadi £204 juta.

Penjualan e-book menurun, produk digital masih meningkat

Meskipun terjadi penurunan penjualan e-book, namun penjualan produk digital secara keseluruhan masih meningkat sebesar 6% karena penjuaan buku audio (audiobook) yang naik 28%, dan buku digital akademis / profesional yang baik 6%.

Baca juga: 16 Ebook UI & UX Design Gratis untuk Anak Desain

Secara keseluruhan, penjualan digital mencapai 35% dari total pendapatan. Sementara penjualan buku fisik naik 8% pada tahun ini menjadi £3 miliar, tingkatan tertinggi sejak 2012 dengan judul konsumen meningkat sebesar 9%.

Sebuah pernyataan dari The Publishers Association berpendapat bahwa “cover depan yang mencolok dan “kebangkitan” toko buku di pusat kota adalah alasan dibalik lonjakan penjualan secara fisik.

Bagaimanapun, menurutnya, “sebuah buku sudah menjadi perangkat portable pertama”.