Pengguna Android lebih rendah hati dari iPhone | Persaingan antara iOS dan Android memang tidak ada habisnya, bukan hanya mengenai vendor tersebut yang saling berkompetisi dalam hal inovasi, namun para pengguna juga kerap kali terlibat perdebatan.

Banyak hal diteliti untuk menentukan kelebihan dan kekurangan masing-masing, misalnya saja dulu pernah dilakukan penelitian mana yang lebih jorok diantara keduanya, ternyata pengguna iPhone lebih jorok dibanding Android.

pengguna smartphone

Ilustrasi pengguna smartphone (Image: apptivatehawaii.com)

Nah, baru-baru ini juga dilakukan penelitian untuk mengetahui mana diantara pengguna Android dan iPhone yang lebih rendah hati.

Sebuah studi yang dilakukan oleh Heather Shaw dari University of Lincoln & Lancaster University, Inggris, mengenai perbedaan kepribadian antara pengguna Android dan iPhone.

Seperti Jurnalweb.com kutip dari laman Cellular-News pada Selasa (6/9/2016), Shaw melakukan penelitiannnya terhadap 240 responden mengenai bagaimana orang mengasosiasikan merek ponsel mereka.

Pada studi yang kedua, mereka melalukan pengujian karakter 530 pengguna Android dan iPhone. Hasilnya diketahui bahwa pengguna Android lebih jujur, ramah, rendah hati, serta lebih terbuka dibandingkan dengan pengguna iPhone.

Selain itu, hasil studi juga menyebutkan bahwa pengguna iPhone wanita ternyata dua kali lebih banyak dibandingkan Android. Disamping itu, pengguna iPhone lebih penting memiliki smartphone mahal demi status sosial.

Menurut keterangan Heather, penelitian ini memberikan kita pandangan tersendiri mengenai perbedaan kepribadian pengguna smartphone.

Merek smartphone dinilai menjadi faktor yang paling standar dalam menentukan karakter seseorang.

“Jika didalami lebih lanjut, kami dapat meriset bagaimana karakter seseorang dapat menentukan aplikasi yang diunduh,” kata Shaw.

Heather Shaw juga menambahkan “smartphone telah menjadi versi mini digital dari si pengguna. Banyak dari kita merasa risih saat orang lain melihat ponsel kita, karena itu bisa mengunkap informasi tentang kita.”

Sumber: Cellular-News.com | bps.org.uk