Pengertian blog dan sejarah blog? — Blog atau biasa disebut dengan web log adalah situs yang terdiri dari kumpulan entri atau posting yang muncul dalam urutan tanggal dari yang terlama menuju terbaru, dengan kata lain konten terbaru selalu ada di urutan teratas, mirip dengan jurnal harian.

Blog biasanya memiliki fitur-fitur seperti komentar dan link untuk meningkatkan interaktivitas dengan pengguna. Blog dapat dibuat dibuat dengan perangkat lunak seperti wordpress, tumblr, blogspot, dan lain-lain.

Beberapa istilah dalam blog

  • Blogging: Kegiatan menulis postingan atau artikel untuk blog
  • Blogger: Orang yang menulis di blog atau pemilik suatu blog
  • Blogosphere: Komunitas blog online atau komunitas blogger

Kondisi dunia web sebelum ada blog

Ada suatu masa ketika internet hanyalah sekedar alat informasi. Dalam kehidupan awal dari World Wide Web (WWW) sekitar 20 tahun yang lalu, situs web hanya terlihat sederhana saja dan hanya bersifat satu arah, dimana pemilik web memberikan informasi sedangkan pembaca hanya bisa membaca dan tidak bisa memberikan kontribusi berupa komentar atau tanggapan. Namun seiring berjalannya waktu internet menjadi lebih interaktif dengan diperkenalkannya website berbasis transaksi dan belanja online, tapi dunia web tetap satu arah atau satu sisi. Namun semua berubah dengan evolusi web 2.0 (web sosial) dimana seseorang bisa menciptakan konten yang menjadi bagian penting dari dunia online. Saat ini, pengguna mengharapkan situs web untuk memberikan percakapan dua arah dan web blog telah lahir dan berkembang pesat dengan kemampuan-kemampuan tersebut.

blog

Ilustrasi blogging via gizmag.com

Kelahiran Blog

Blog pertama kali mengemuka pada akhir 1990-an sebagai sebuah buku harian online. Seseorang memposting tulisan setiap hari tentang kehidupan sehari-hari maupun tentang pendapat mereka akan suatu hal. Postingan itu diurutkan berdasarkan yang paling baru berdasarkan urutan tanggal, sehingga pembaca akan selalu melihat postingan terbaru dihalaman depan web dan mereka bisa menelusuri postingan atau tulisan yang lebih lama dengan menjelajahi nomor halaman.

Baca juga: Begini Cara Agar Blog Tetap Disukai Banyak Orang

Sekarang blog semakin berkembang, fitur nya semakin interaktif sehingga bisa menciptakan percakapan dua arah. Pembaca bisa mendapatkan keuntungan dari fitur blog yang memungkinkan mereka untuk meninggalkan komentar atau pendapat mengenai isi postingan, dan bisa meninggalkan tautan menuju blog mereka, sehingga dunia blog semakin kuat kaitannya. Dunia web menjadi lebih sosial.

Kondisi blog saat ini

Sebagaimana telah berkembangnya internet menjadi lebih sosial, blog pun semakin populer. Saat ini, ada lebih dari 100 juta blog dan angka tersebut terus saja bertambah. Blog saat ini telah berubah dari sekedar buku harian online. Blog saat ini sudah menjadi bagian penting dari dunia online maupun offline, blog bisa mempengaruhi dunia politik, bisnis dan bisa mempengaruhi kehidupan masyarakat dengan isi postingan. Banyak sekali orang terkenal yang menggunakan blog seperti artis, politisi, pejabat pemerintah. Namun banyak juga orang yang menjadi terkenal karena blog, mereka bahkan bisa menjelma menjadi artis dunia maya hanya karena blognya yang menarik.

Baca juga: Revolusi Menuju Web 3.0 — Semantic Web

Masa Depan Blog

Sepertinya tidak akan terelakkan lagi bahwa blogging akan menjadi semakin kuat dimasa yang akan datang dengan semakin banyaknya orang/personal maupun kalangan bisnis yang mengakui kekuatan blog sebagai influencer online. Siapapun bisa memulai blog hanya dengan tool sederhana dan gratis yang tersedia secara online. Pertanyaan bisa saja berubah, yang dulunya “Mengapa saya harus memulai blog?” sekarang bisa saja menjadi “Mengapa tidak saya memulai sebuah blog?”.

Baca juga: 6 Cara Efektif Meningkatkan Traffic Website

Jika anda ingin mengetahi lebih banyak tentang dunia blog, website Jurnal Web indonesia ini bisa anda ikuti setiap hari setiap saat untuk menjadi panduan anda dalam blogging maupun tempat untuk mendapatkan informasi lain seputar dunia web dan teknologi.

Selamat ngeblog kawan-kawan blogger indonesia :)