Penemu email dan simbol @ bernama Ray Tomlinson meninggal dunia pada usia 74 tahun pada sabtu pagi tanggal 06 Maret 2016 kemaren, seperti dikabarkan laman Guardian hari ini.

“Seorang pelopor teknologi, Ray adaalah orang yang memperkenalkan kepada kita email pada awal munculnya jaringan komputer”, kata juru bicara Raytheon Mike Doble dalam sebuah pernyataan untuk mengkonfirmasi kematian tersebut.

Penemu email Ray tomlinson

Penemu email Ray tomlinson (image: en.trend.az)

Tom memang sangat berjasa untuk kita yang hidup di zaman modern sekarang ini, karena selain menciptakan email dia juga memperkenalkan simbol ‘@’ yang sering kita gunakan dalam menuliskan alamat email. Email ditemukan oleh Tomlinson pada tahun 1971 saat itu email memungkinkan seseorang mengirim pesan pada pengguna lain yang berada dalam satu jaringan.

Menurut The Guardian, Tom awalnya dari Amsterdam, New York, Tomlinson pergi bersekolah ke Rensselaer Polytechnic Institute dan MIT pada tahun 1960 dan bekerja pada penelitian dan pengembangan perusahaan Bolt Beranek dan Newman – Sekarang Raytheon BBN Technologies – ketika dia membuat terobosan email.

Emailnya itu tentu saja merubah cara orang berkomunikasi baik dalam bisnis dan kehidupan pribadi, merevolusi bagaimana “jutaan toko, bank dan teman bahkan keluarga tetap terhubung dimanapun mereka berada”.

Menurut profil di majalah Forbes tahun 1998, Tomlinson menunjukan pada teman kampusnya penemuannya tersebut, dan kemudian muncul ucapan yang cukup terkenal “Jangan bilang siapa-siapa! Ini bukan apa yang seharusnya kita kerjakan.”

Sejak penemuannya yang sangat berharga tersebut, beliau mulai banyak memenangkan penghargaan. Namun yang unik adalah, beliau tidak pernah mengungkapkan apa kata-kata pertama yang dia kirim melalui email.

Reaksi dunia teknologi atas kematian Tomlinson

Dunia teknologi tentu bereaksi dengan kabar kematian Tomlinson, untuk menanggapi kabar tersebut, Gmail sebagai layanan email milik Google bahkan secara khusus menuliskan kicauannya di Twitter untuk mendoakan sang penemu email.

“Terima kasih Ray Tomlinson karena sudah menciptakan email dan menempatkan tanda ‘@'”, tulis Gmail di akun Twitternya.

Selamat jalan Ray Tomlinson, semoga diterima dengan baik disisi-NYA.