Organisasi yang menjalankan Internet / mengelola internet  Internet adalah jaringan yang terhubung dari miliaran perangkat serta manusia, uniknya semua itu tidak memiliki badan pusat tunggal untuk mengontrol apa yang terjadi di dalam jaringan yang luas tersebut.

internet

internet (Image:canada.com)

Namun ada beberapa organisasi yang membantu semua itu berjalan dengan lancar hingga Anda bisa membaca artikel dari Jurnalweb.com ini misalnya, atau chatting dengan teman di BBM maupun Whatsapp. Salah satu dari organisasi tersebut adalah ICANN, yang merupakan perusahaan internet yang ditugaskan untuk mengelola nama dan nomor.

Berikut adalah beberapa organisasi lain yang secara tidak Anda sadari menjalankan internet yang sedang Anda manfaatkan ini.

1. Internet Service Provider (ISP)

Layanan internet yang ada saat ini disediakan dan dikelola oleh berbagai ISP di seluruh dunia. Mereka menyediakan internet ke rumah-rumah, ke kalangan bisnis dan perusahaan. ISP juga memfasilitasi berbagai layanan lain seperti email bersamaan dengan internet. Amerika Serikat memiliki jumlah ISP paling maksimal. Kira-kira ada 7.000 ISP yang menawarkan layanan internet di Amerika Serikat.

2. Internet Corporation For Assigned Names And Numbers (ICANN)

ICANN mengelola registri dari web dan alamat IP. Organisasi ini memastikan bahwa tidak ada alamat yang duplikat. Ini adalah organisasi non-profit. Namun, saat ini bernilai hingga $ 100 juta. Berbicara soal organisasi ini, mereka berhubungan dengan data yang sangat sensitif dan penting.

3. Internet Engineering Task Force (IETF)

IETF menawarkan dokumen yang kualitas tinggi dan relevan dalam mempengaruhi orang untuk merancang dan mengelola internet. IETF memberikan panduan untuk pengembang yang ingin melakukan penelitian dan meningkatkan teknologi internet. IETF ini adalah organisasi sukarela. Organisasi ini dengan penuh dedikasi bekerja untuk peningkatan internet.

4. Internet Society (ISOC)

Internet Society adalah perpustakaan dari berbagai informasi terbaru. Organisasi ini membantu pengguna dan pengembang agar tetap update dengan informasi terbaru. Hal tersebut adalah tanggung jawab ISOC untuk memastikan pembatasan visi dan penggunaan internet. Organisasi ini memberdayakan internet untuk penggunaan non komersial.

5. Internet Architecture Board (IAB)

Sebagaiman internet tumbuh besar, semakin kuat dan berpengaruh, maka organisasi IAB ini memastikan bahwa sistem internet global ini secara efisien berfungsi. IAB secara resmi mempertahankan standar teknis seperti, TCP (Transmission Control Protocol) dan IP (Internet Protocol). IAB merupakan turunan dari ARPAnet.

6. International Telecommunication Union (ITU)

ITU berkaitan dengan isu-isu teknologi informasi dan komunikasi internasional. Organisasi ini bertanggung jawab untuk frekuensi radio di bumi. ITU mendefinisikan kebijakan yang adil untuk organisasi lainnya. ITU memungkinkan negara untuk memiliki pemerintahan sama seperti internet. ada sekitar 89 negara telah menandatangani perjanjian dengan bantuan ITU.

7. World Wide Web Consortium (W3C)

Satu lagi mungkin adalah W3C, pada mulanya organisasi ini dibentuk dari sebuah laboratorium ilmu komputer MIT oleh Tim Berners-Lee serta Al-Vezza. W3C pada saat ini adalah yang bertanggung jawab terhadap semua perkembangan dari berbagai protokol dan standar yang berkaitan dengan web. Misalnya standarisasi HTML, XML, XHTML, CSS, HTML5, CSS3 semuanya diatur oleh W3C, namun semua orang boleh mengajukan proposal jika memiliki ide untuk pembuatan standar baru yang berguna untuk web. Organisasi ini hingga sekarang masih dipimpin oleh Tim Berners-Lee.

Sumber: neomam’s infographic