Title tag atau tag judul (deskripsi yang muncul dibagian atas browser) situs anda adalah salah satu faktor yang penting untuk menentukan posisi website anda di mesin pencari (SERP / Search Engine Result Position).

Ada dua kesalahan umum yang sering dilakukan orang saat membuat tag judul ini, yang membuat dukungan untuk SEO websitenya berkurang.title tag

Artikel Terkait:

Kesalahan Pertama mereka menggunakan judul tunggal, biasanya nama website atau blog digunakan untuk semua halaman pada situs nya. Hal ini mestinya dihindri karena judul halaman harus sesuai dengan isi di dalam nya, jadi setiap halaman mestinya memiliki judul tag yang berbeda pula, jangan sampai terjadi duplikasi.

Misal anda menggunakan judul “Jurnal Web” pada semua halaman. Bahkan jika anda memiliki judul artikel “Membuat Website Dengan Dreamweaver”, namun yang tertulis di title tag (yang akan muncul di title bar browser) tetap “Jurnal Website”. Mestinya judul yang muncul adalah “Membuat Website Dengan Dreamweaver”, atau jika anda ingin menyertakan nama website seharusnya judul tag title menjadi “Membuat Website Dengan Dreamweaver | Jurnal Web”
Jadi title tag harus sama dengan judul artikel, atau sesuatu yang relevan dengan itu.

Kesalahan Kedua yaitu orang fokus untuk memasukan terlalu banyak kata kunci pada tag judul, berharap bahwa mesin pencari akan mengambil semuanya, mereka merasa dengan begitu berarti sudah melakukan optimasi yang baik untuk website nya, mungkin begitu pertimbangan meraka. Apa anda pernah melihat title tag seperti ini?

“Jurnal Web – Tempat anda mencari resource untuk web design, web development, teknologi, internet, aplikasi, software, hardware , sep, game dan lain sebagainya”.

Hal ini harus di hindari karena mesin pencari menempatkan nilai pada kata kunci namun sangat tergantung pada jumlah kata kunci. Hasilnya adalah bahwa semakin banyak jumlah kata kunci yang anda miliki di judul semakin tidak disukai oleh google.

Menyertakan kata kunci yang baik di dalam tag title janganlah terlalu banyak, harus pendek, singkat, dan terkesan membentuk sebuah kalimat (sebaiknya tidak lebih dari 4 atau 5 kata kunci) dan harus berkaitan dengan isi di dalam halaman.

Kira-kira seperti itu cara menuliskan tag title yang benar untuk website anda, hindari spamming dan hal yang berlebih-lebihan. Jadi mari benahi kembali struktur title tag di website anda, atau yang merasa sudah melakukan pengaturan coba di cek-cek kembali siapa tau ada yang kurang optimal.