Negara dengan koneksi internet tercepat di dunia ternyata berada di benua Asia. Internet adalah kebutuhan masyarakat saat ini, hampir disegala usaha dan bidang pekerjaan sekarang sudah menggunakan internet.

Sebuah laporan baru dari International Telecommunication Union merilis bahwa negara dengan koneksi internet terbaik di dunia adalah Korea Selatan (Korsel).

Hal tersebut adalah untuk kedua kalinya Korea menempati posisi negara dengan koneksi internet terbaik. Pada penelitian yang sama pada tahun 2010, Korsel juga didapuk sebagai negara dengan penyedia internet paling baik.

koneksi internet

Koneksi internet (Image: gizmodo.com.au)

Yang menarik dari fakta tersebut adalah bahwa negara-negara maju ternyata tidak terlalu menyediakan layanan internet cepat sesuai ekspektasi kita selama ini. Negara yang menjadi pusat teknologi seperti Amerika misalnya, hanya menempati peringkat 15 dan berada dibawah Inggris.

Laporan yang dirilis tersebut bukan hanya melihat dari sisi kecepatan internet yang menjadi faktor penting untuk koneksi, tapi juga memperhitungkan volume pengguna berlangganan internet serta persentase rumah tangga yang mempunyai komputer. Hal tersebut penting karena tidak ada gunanya ketika sebuah negara mempunyai koneksi internet sangat cepat namun tidak ada yang bisa mengakses dan menggunakannya dengan maksimal.

– Baca juga: 10 Cara Mempercepat Koneksi Internet Wi-Fi

Dengan memperhitungkan faktor tersebut, Korea Selatan menempati posisi puncak dengan nilai 8.93. Posisi Korsel tersebut naik jika dibandingkan dengan tahun 2010 yang hanya 8,64. Pada posisi kedua ada Denmark serta Islandia yang mempunyai skor masing-masing 8,88 dan 8,86.

Inilah daftar lengkap 25 negara dengan peringkat internet terbaik di dunia.

  1. Korea Selatan
  2. Denmark
  3. Islandia
  4. Inggris
  5. Swedia
  6. Luxembourg
  7. Swiss
  8. Belanda
  9. Hong Kong, Cina
  10. Norwegia
  11. Jepang
  12. Finlandia
  13. Australia
  14. Jerman
  15. AS
  16. Selandia Baru
  17. Prancis
  18. Monako
  19. Singapura
  20. Estonia
  21. Belgia
  22. Irlandia
  23. Kanada
  24. Makau, Cina
  25. Austria