Modal utama kerja freelance | Ada berbagai alasan yang membuat banyak orang saat ini lebih memilih untuk berhenti dari pekerjaannya dikantor dan memilih untuk menjadi freelancer, diantaranya adalah adanya anggapan bahwa seseorang belum akan mencapai puncak karir selama dia masih menjadi anak buah orang lain.

Alasan lain adalah ingin memilih waktu kerja yang lebih fleksibel, tidak harus kerja dari jam 8 pagi hingga 5 sore. Apalagi dengan kenyataan bahwa macetnya ibukota membuat perjalanan dari rumah ke kantor menjadi hal yang menyebalkan dan bikin stres. Akhirnya banyak yang berbondong-bondong memilih kerja freelance karena bisa dilakukan dengan lebih santai.

Ilustrasi Kerja Freelance

Ilustrasi Kerja Freelance (Image: fastcompany.com)

Namun bekerja menjadi freelancer belum tentu semudah dan membahagiakan seperti yang Anda bayangkan jika Anda terjun tanpa persiapan yang matang. Anda harus punya beberapa modal yang kuat terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk kerja freelance.

Seperti yang Jurnalweb kumpulkan dari berbagai sumber dan berdasarkan pengalaman yang pernah penulis lakukan, ada beberapa hal yang harus dimiliki oleh seseorang yang ingin terjun secara penuh ke dunia freelance. Berikut ini diantaranya.

Harus bisa kreatif dan inovatif

Silahkan urungkan niat Anda untuk menjadi seorang freelancer apabila Anda tidak memiliki kreativitas serta inovasi yang cukup tinggi, karena pastinya Anda akan tergerus oleh zaman yang semakin haris semakin berkembang ini.

Jadi sebelum menjadi freelancer, pastikan diri Anda memiliki kemampuan yang cukup dalam bidang yang Anda geluti, lalu tetap kreatif dan inovatif seiring waktu. Jangan pernah malas untuk belajar hal-hal baru. Apabila Anda melihat orang lain bisa membuat sesuatu, maka seorang freelancer harus memiliki mata dan pikiran yang bisa melihat lima langkah lebih maju untuk membuat sesuatu hal yang baru.

Skill Mumpuni

Memiliki daya kreativitas dan inovatif saja belumlah cukup untuk menjadi modal seorang freelancer yang bisa berdikari (berdiri di atas kaki sendiri). Skill yang mumpuni mutlak harus Anda miliki, karena memiliki ide yang cemerlang namun tidak memiliki skill untuk mengaplikasikannya tentu sama saja angan-angan belaka. Skill merupakan modal dasar Anda untuk bisa menjadikan ide besar Anda menjadi kenyataan.

Memiliki jaringan yang luas (network)

Salah satu hal untuk menutupi kurangnya skill adalah dengan menggunakan skill orang lain agar tetap bisa mengaplikasikan ide cemerlang Anda tadi, namun untuk itu tentu Anda butuh partner yang cocok, kemampuan Anda membangun jaringan merupakan kunci untuk mendapatkan orang-orang terbaik yang bisa Anda ajak kerja sama,

Selain itu jaringan yang luas juga sangat penting bagi seorang freelancer, karena seorang freelancer memang dituntut untuk mampu membangun network yang baik hingga dua kali lipat dibanding pekerja kantoran.

Jadilah lebih terbuka dan mau berkenalan dengan orang lain sehingga Anda akan lebih dikenal dan mendapatkan banyak peluang mengerjakan project dan mendapatkan penghasilan.

Personal branding yang kuat

Seorang freelancer juga harus memiliki personal branding yang kuat, banyak orang terjun ke dunia freelance namun akhirnya balik lagi ke kantoran karena tidak memiliki personal branding.

personal branding

Personal branding (Image: linkedin.com)

Personal branding yang kuat juga bisa dibangun dari luasnya jaringan yang Anda miliki.

Selain itu agar bisa memiliki personal branding yang kuat tentu Anda harus bisa menunjukan karya-karya yang pernah Anda buat kepada banyak orang.

Anda bisa memajang ide dan karya Anda di website pribadi, posting di sosial media, atau memajangnya di situs-situs seperti Dribbble, Behance, Codepen, Kickstarter. Jangan lupa juga untuk membuat akun dan jabarkan diri Anda di situs jaringan pekerja profesional seperti LinkedIn.

Semangat yang membara

Secara tidak disadari, banyak sekali orang yang menjadi freelancer karena bisa memiliki waktu kerja ynag fleksibel, namun sebenarnya dia terjebak dalam kemalasan hingga akhirnya gagal bertahan.

ilustrasi freelance malas

Ilustrasi freelance malas (Image: vcinemashow.com)

Memang benar seorang freelancer itu bisa bekerja kapan saja, tidak perlu datang pagi-pagi buta ke kantor dengan perjalanan yang macetnya minta ampun. Namun bukan berarti Anda bisa bermalas-malasan, justru ketika menjadi seorang freelancer Anda harus bisa semangat dan harus mempunyai etos kerja yang tinggi, karena bekerja sebagai freelancer maka Anda membawa personal branding Anda sendiri, Anda yang bertanggung jawab terhadap diri sendiri. Sekali saja Anda mengecewakan klien, berita tersebut bisa tersebar ke semua orang yang akhirnya membuat Anda kesulitan untuk bekerja sama dengan orang lainnya.

– Baca juga: 8 Cara Mendapatkan Klien Baru Dibidang Jasa Pembuatan Web

Pandai mengatur hidup

Menjadi seorang freelancer terkadang bisa membuat seseorang terlena dan akhirnya berakhir dalam kegagalan demi kegagalan. Jika tidak pandai-pandai mengatur hidup maka Anda bisa menjadi orang yang terjebak dalam kemalasan, bangun siang, badan jarang gerak, bosan, kekurangan uang dan lainnya.

Hal-hal tersebut jika dibiarkan terus menerus maka bisa membuat Anda sakit, stres dan sebagainya. Jadi pandai – pandailah mengatur hidup, usahakan untuk bisa olahraga secara teratur, makan tepat waktu layaknya pekerja kantoran, menjaga tidur tetap 8 jam pada malam hari, bersosialisasi, membangun teman, mengatur uang dengan baik dan tentu saja usahakan agar selalu bisa mengerjakan pekerjaan dan menghasilkan income dari pekerjaan yang Anda senangi tersebut, jangan sampai menganggur :)