Microsoft perlihatkan kekurangan Chrome, Firefox dan Opera untuk daya tahan baterai laptop melalui sebuah video iklan terbaru. Perang antar browser semakin memanas saja, berbagai cara dilakukan oleh perusahaan produsen browser untuk menarik hati para netizen yang semakin hari semakin bertambah banyak.

Tumbuh pesatnya pengguna internet tentu mengindikasikan bertambahnya para pengguna software perambah internet atau web browser, fakta ini tentu sangat menjanjikan dimata perusahaan yang biasa menciptakan software browser seperti Google dengan Chrome nya, Mozilla dengan Firefox hingga Microsoft dengan browser barunya Edge. Mereka saling berupaya agar menjadi yang disukai dan banyak digunakan.

Microsoft edge vs Google Chrome

Microsoft edge vs Google Chrome (Image: technewstoday.com)

Jika Anda sering menggunakan Google Chrome mungkin Anda sudah sangat menyadari efeknya terhadap daya tahan baterai laptop Anda. Google sebelumnya pernah berjanji akan terus meningkatkan daya tahan baterai dengan Chrome, namun hingga saat ini bisa dibilang belum maksimal. Nyatanya Chrome masih boros konsumsi daya baterai.

Microsoft dengan Edge juga semakin berbenah dengan melakukan berbagai perbaikan-perbaikan, walaupun tentu juga belum maksimal. Namun untuk urusan konsumsi daya baterai mereka tampaknya mulai menunjukan tajinya.

Microsoft Perlihatkan Kelemahan Chrome, Firefox dan Opera

Bahkan mereka sampai membuat demo video yang menunjukan bagaimana browser lain seperti Google Chrome, Mozilla Firefox dan Opera lebih boros baterai dibandingkan dengan Edge saat melakukan berbagai aktivitas seperti saat melakukan streaming video.

Seperti dilansir laman The Verge pada Senin (20/06/2016), Microsoft melakukan dua tes untuk mengukur daya browser, pertama tes dengan melakuka browsing pada berbagai situs populer, sedangkan tes kedua dilakukan dengan daya tahan baterai laptop ketika melakukan streaming video HD dengan berbagai browser.

Microsoft Edge Chrome Test

Hasil Tes Microsoft perlihatkan Chrome, Firefox dan Opera boros baterai laptop (Image: The Verge

Dalam tes yang dilakukan tersebut, Chrome memiliki daya tahan baterai paling rendah karena hanya bisa bertahan selama 4 jam 19 menit saat tes streaming video HD, Mozilla Firefox mampu bertahan 5 jam 09 menit, Opera bertahan selama 6 jam 18 menit, sedangkan laptop yang melakukan streming dengan Edge mampu bertahan hingga 7 jam 22 menit.

Berikut video iklan terbaru mereka yang di upload ke Youtube melalui akun resmi Microsoft Edge.

Berdasarkan keterangan pada video Youtube tersebut, hasil percobaan menunjukkan bahwa daya baterai pada PC yang menjalankan Microsoft Edge mampu bertahan 70% lebih lama dibanding Chrome, 43% lebih lama dari Firefox dan 17% lebih lama dibanding Opera dengan mengaktifkan fitur penghemat baterai.

Edge boleh berbangga dengan uji coba yang mereka lakukan tersebut, namun untuk bisa mengalahkan jumlah pengguna Google Chrome bisa dibilang masih sangat jauh, apalagi Edge yang relatif masih baru ini masih cukup bayak kekurangan, misalnya saja dalam hal extension ataupun addon yang masih kalau jauh dibanding Chrome dan Firefox.

Kita lihat saja bagaimana kelanjutan persaingan antar browser ini kedepannya.