Membuat sitemap untuk website itu sangat penting, karena sitemap bisa memetakan website kita dengan baik jika pembuatan sitemapnya benar dan sesuai dengan standar yang ditentukan.

Sitemap bisa memudahkan mesin pencari untuk menemukan website kita, bisa memudahkan mesin pencari untuk meng-index konten website kita, dengan sitemap juga mereka mengetahui ada konten baru atau tidak dari website kita, jadi tidak ada salahnya anda mulai membuat sitemap untuk website nada sekarang juga.

Jika anda menggunakan platform WordPress, maka anda bisa menggunakan plugin-plugin ini untuk membuat sitemap.

1. All in One Webmaster oleh Arpit Shah

Plugin lain yang populer yang datang dalam kedua versi gratis dan premium. Selain mendapatkan sitemap, plugin ini juga menyediakan opsi untuk menambahkan meta tag untuk layanan yang berbeda mulai dari Google , Bing , Alexa , Blog Catalog , Yahoo dll. Nilai poin penuh hampir 50 kali dan download lebih dari 500 ribu kali.

Download disini

2. Google XML Sitemaps oleh Arnee Brachhold

Wordpress Google XML Sitemap

Plugin ini terbilang sangat baik karena telah digunakan oleh 1 juta lebih, dan mendapatkan bintang 5 dari nilai tertiggi 5 yang diberikan oleh 3000 pengguna.

Download disini

3. Better WordPress Google XML Sitemaps oleh OddOneOut

Plugin ini hanya WordPress yang mendukung sitemapindex dan Google News sitemap. Juga kompatibel dengan WordPress Multisite. Telah di Unduh lebih dari 300 ribu kali dengan pemberian nilai 5/5 oleh 50 orang pengguna.

Download disini

Baca Juga: Cara Optimasi Tag Title Untuk SEO

4. XML Sitemap oleh Denis de Bernardy, Mike Koepke

Sebuah plugin sederhana, simpel, dan singkat yang hanya akan membuat sitemap untuk anda secara otomatis . Tidak ada pilihan lain yang dia berikan, cukup menginstal dan selesai, sitemap anda sudah terbentuk!

Download disini

5. WordPress SEO oleh Joost de Valk

Ini salah satu plugin untuk SEO yang cukup populer, dan didalamnya ada fasilitas untuk membuat sitemap, dan jika telah menggunakan plugin ini anda kemungkinan tidak perlu menggunakan plugin sitemap lain, namun jika diperlukan tetap bisa menginstall yang lain dengan terlebih dahulu mematikan sitemap dari plugin ini.

Download disini

Baca Juga: Bagaimana Cara Kerja Mesin Pencari Google

Itulah beberapa plugin untuk membuat sitemap untuk wordpress, semoga berguna untuk anda semua, dan semoga website anda semakin berjaya dengan bantuan sitempa. Jika anda sebelumnya sudah menggunakan sitemap, boleh taukan plugin apa yang anda gunakan? Silahkan informasikan di kolom komentar.

Sampai jumpa pada jurnal web berikutnya.