Istilah – Istilah pada tipografi dan font | Jika ada satu bidang desain yang pasti untuk memprovokasi memecah belah opini, itu adalah font dan tipografi.

Desain logo dan rebrand bisa berhasil atau gagal berdasarkan pilihan font mereka, tapi apa hal tentang tipografi dan wordmarks yang dapat membuat orang menjadi gusar?

tipografi dan font

Jawabannya adalah terdapat lebih banyak hal pada desain tipografi dibanding yang terlihat oleh mata. Bahkan terdapat banyak aturan dan persyaratan teknis yang berkaitan dengan pembuatan font yang tidak banyak diketahui orang.

 

Banyak orang hanya mengetahui hal-hal umum tentang tipografi, seperti serif atau sans-serif, namun hal-hal lainnya tidak tahu namanya. Padahal banyak sekali istilah-istilah lain yang perlu diketahui seperti kerning, leading, dll.

Untuk membantu kita memahami elemen yang ada pada font agar lebih paham dalam pembuatan maupun penggunaannya, The Logo Company telah mengumpulkan informasi dan membuatkan sebuah infografi yang menjelaskan tentang abjad dan istilah dalam tipografi.

Semoga bermanfaat