Node.js adalah salah satu javascript framework populer dan banyak digunakan untuk membangun aplikasi web. Ada beberapa jenis framework Node.js seperti MVC framework, REST API & Generators. Framework tersebut membuatnya lebih mudah digunakana dan sangat user-friendly, juga mendukung banyak fitur dan fungsionalitas untuk membangun web aplikasi yang besar.

01. Sails.js

Sails.js adalah framework Node.js seperti Ruby on Rails, tapi ini mendukung untuk modem, pengembangan web aplikasi yang beriorientasi data. Framework node.js ini memudahkan kita untuk membangun aplikasi custom, aplikasi Node.js berskala enterprise.

sails

02. Koa

Koa adalah framework Node.js yang dirancang oleh tim dibelakang Express. Sebuah aplikasi Koa adalah obyek yang terdiri dari sususan fungsi generator middleware yang mengirim dan mengeksekusi dalam stack.

03. Express

Express.js adalah framework node.js yang memiliki performa tinggi namun sangat kecil. Express node.js framework adalah solusi bagus untuk aplikasi satu halaman, websites, hybrids atau API HTTP publik.

04. Flatiron

Flatiron adalah sebuah inisiatif framework yang tidak mengganggu untuk node.js. Pendekatan Flatiron adalah untuk paket yang mudah digunakan namun memiliki fitur komponen lengkap dan membiarkan developer untuk mengurangi dan menambahkan apa yang mereka inginkan.

05. Restify

Restify adalah modul node.js yang dibangun khusus untuk memungkinkan Anda untuk membangun REST web services yang benar. Restify hadir dengan dukungan DTrace secara otomatis. Jika anda menjalankan pada platform yang mendukung DTrace.

06. SocketStream

SocketStream adalah web framework jenis terbaru yang menggunakan soket web untuk mendorong data ke browser secara realtime. Ini memudahkan untuk membuat sesuatu yang cepat, interface yang keren yang bertindak lebih seperti aplikasi desktop dibanding aplikasi web tradisional.

SocketStream

07. Total.js

Total.js adalah salah satu framework node.js terbaik untuk membuat rich website dan web services. Framework ini memiliki dokumentasi yang baik dan disertai banyak contoh. Framework ini mendukung URL Frienly, XHR, JSON, LESS CSS (CSS3), Javascript minifier, proteksi XSS, resources dan dukungan arsitektur MVC.

Baca juga: Kumpulan tools SVG untuk web designer & developer

08. Locomotive

Locomotive adalah juga framework node.js yang sudah mendukung pola MVC, router, RESTful routers dan konvensi diatas konfigurasi, mengintegrasikan dengan mulus kepada database dan template engine.

09. Socket.io

Socket.io adalah realtime aplikasi framework untuk node.js dengan HTML5 websockets dan dukungan cross-browser fallbacks.

10. Frisby

Frisby adalah REST API testing framework yang dibuat dengan Node.js dan jasmin yang membuat pengujian tahap akhir menjadi mudah, cepat, dan menyenangkan. Frisby dibangun diatas framework jasmin BDD, dan menggunakan jasmine-node untuk menjalankan tes spec.

Itulah beberapa resource untuk framework node.js yang bisa anda gunakanan jika anda ingin membangun web dengan menggunakan node.js. Semoga ini bermanfaat untuk anda, sampai jumpa pada tulisan jurnal web indonesia berikutnya.