Pada awal Agustus 2014, google telah secara resmi mengumumkan bahwa menggunakan HTTPS (HyperText Transfer Protocol) adalah sesuatu yang harus dimiliki oleh sebuah website untuk meningkatkan ranking web, berarti jadi sesuatu yang penting untuk SEO website.

Mengapa HTTPS Penting Untuk SEO

Selain struktur website yang SEO-Friendly, konten yang unik, kualitas link internal dan eksternal serta optimasi kecepatan situs, membangun HTTPS dengan Secure Socket Layer (SSL) sekarang juga meningkatkan ranking website anda di mata search engine (khususnya google).

Dalam update terbarunya, Google telah mengumumkan bahwa mereka akan menghargai website yang menggunakan Enkripsi HTTPS untuk semua halaman secara default, untuk mendorong pemilik situs web agar menyimpan data data online secara aman.

We’ve seen positive results, so we’re starting to use HTTPS as a ranking signal

Begitu komentar analis trend dari Google webmaster ~ Zineb Ait Bahajji.

Google HTTPS SEO

Google menyediakan produk dan jasa yang aman seperti: Google Search, Gmail, Google Drive, dll

Kebanyakan webmaster sudah akrab dengan awalan “https://” yang mengidentifikasi halaman yang yang aman, tapi sedikit yang mengerti bagaimana ini sebenarnya bekerja dan bagaimana jika mereka benar-benar membutuhkannya. Google telah berjanji untuk segera memperbaharui pengetahuan mareka tentang informasi ini.

Sampai saat ini, serfitikat SSL sering digunakan hanya untuk halaman dimana data sensitif (seperti nomor kartu kredit dan password) muncul, seperti di website bank atau di website e-commerce. Mulai sekarang akan ada kecenderungan untuk menyesuaikan pengaturan pengamanan untuk seluruh situs secara default.

Untuk itu, agar website anda semakin disukai google, SEO website anda diutamakan oleh google, ada baiknya gunakan HTTPS dengan membeli sertifikat SSL, anda bisa tanyakan jasa ini kepada web hosting anda. (iz)

Google: HTTPS as a ranking signal

Baca Juga: HTTPS Untuk SEO — Meningkatkan Traffic Pengunjung Website Dengan SSL