Kelebihan WordPress sebagai CMS terpopuler – Pertama kali diluncurkan pada tahun 2003, WordPress kini sudah menjadi Content Menagemen System (CMS) paling populer di dunia.

Berdasarkan data yang Jurnalweb.com baca dari laman Wikipedia, WordPress digunakan oleh lebih dari 27,5% dari 10 juta website teratas per Februari 2017. Jumlah pengguna WordPress secara keseluruhan dikabarkan lebih dari 60juta website.

CMS WordPress digunakan secara luas oleh berbagai macam kalangan, mulai dari blog hingga bisnis. Termasuk website tercinta yang sedang Anda baca ini juga menggunakan WordPress.

Mungkin sebagian dari Anda masih bertanya-tanya, sebenarnya apa alasan orang menggunakan WordPress, berikut ini adalah sejumlah kelebihan WordPress yang membuat kami memutuskan untuk menggunakan WordPress sebagai platform website Jurnalweb.

1. WordPress itu Gratis

Salah satu alasan utama yang membuat kami memutuskan untuk menggunakan WordPress adalah karena dia gratis, tidak perlu mengeluarkan biaya untuk pembelian lisensi.

2. Powerfull dan Mudah digunakan

Berbeda dengan beberapa content management system lainnya, WordPress bisa langsung digunakan setelah proses instalasinya selesai. Semua fitur sudah bisa langsung dimanfaatkan tanpa perlu banyak pengaturan, WordPress juga sangat mudah digunakan termasuk oleh orang awam sekalipun.

wordpress

WordPress (Image: wpbeginner.com)

3. Fleksibel

Kelebihan WordPress yang selanjutnya adalah dia sangat fleksibel, Anda bisa menggunakan WordPress untuk berbagai tipe website, untuk website profile perusahaan, personal, bisnis, toko online, komunitas, hobi dan lainnya.

4. SEO Friendly

Salah satu faktor yang membuat webiste bisa banyak dikunjungi oleh orang lain adalah keberhasilan dalam SEO, WordPress merupakan CMS yang sudah SEO Friendly dan itu merupakan kelebihan WordPress yang sangat disukai oleh internet marketer tentunya, apalagi jika ditambah dengan berbagai plugin seo yang juga tersedia dengan gratis, dijamin website Anda mudah berjaya di mesin pencari, termasuk di Google. Bahkan seorang anggota tim Google Matt Cutts menyarankan untuk menggunakan WordPress ketika berbicara pada sebuah event WordCamp di San Francisco, bahkan blognya sendiri pun menggunakan WordPress.

5. Relatif Aman

Semenjak WordPress dinobatkan sebagai CMS paling populer, serangan oleh hacker semakin banyak dilakukan. Namun WordPress cukup serius mengenai hal tersebut, WordPress selalu memberikan update kepada para penggunanya, sehingga resiko menjadi berkurang. Walaupun masih ada yang terkena serangan, biasanya karena kesalahan pengguna itu sendiri yang menggunakan theme ataupun plugin yang di download dari website yang tidak terpercaya.

6. Customizable (plugin & theme)

WordPress sangat mudah disesuaikan dengan keinginan penggunanya, terdapat ribuan theme dan plugin yang bisa digunakan, hanya dengan beberapa klik saja tampilan website bisa langsung berubah. Selain menggunakan theme & plugin yang sudah disediakan, kita juga bisa menggunakan theme dan plugin buatan sendiri. Dengan mudah kita bisa mengubah apapun sesuai yang diinginkan.

7. Mudah digunakan

Salah satu kelebihan lainnya adalah WordPress sangat mudah digunakan. Platform CMS ini sangat user-friendly, sehingga mudah dipelajari. Seseorang bisa mempelajari WordPress dalam waktu singkat. Bangkan website WordRress menuliskan bahwa menginstall WordPress cukup 5 menit saja.

women laptop cafe

Ilustasi wanite sedang bekerja dari cafe (Image: gcwmultimedia.com)

8. Banyak support & komunitas besar

Karena begitu banyaknya pengguna, maka support WordPress pun menjadi sangat banyak, dukungan terhadap wordpress ini membuat kami semakin menyukai WordPress, karena berbagai masalah yang timbul saat menggunakan WordPress bisa diselesaikan dengan mudah, cukup Googling maka berbagai solusi bisa ditemukan, komunitas yang kuat merupakan kelebihan WordPress yang paling menonjol dibanding CMS lainnya. Disamping itu WordPress juga memiliki website komunitas khusus untuk tanya jawab seputar problem WordPress.

9. Host multimedia files

Salah satu cara yang bagus untuk meningkatkan user experience dari sebuah website adalah dengan menambahkan file multimedia seperti gambar, audio dan video. Untungnya WordPress memberikan kemudahan untuk melakukan itu semua, kita bisa memasukan file multimedia ke website hanya dengan drag & drop saja. Bukan hanya itu saja, WordPress bahkan memiliki fitur Media Library untuk mengelola file multimedia tersebut.

10. Mobile friendly

Pada era smartphone saat ini, website yang mobile friendly sangat penting untuk dimiliki. Dengan menggunakan WordPress, semua bisa dilakukan dengan mudah. Anda bisa memilih theme yang mobile friendly. Melakukan pemutakhiran data juga bisa dilakukan melalui smartphone karena halaman admin WordPress juga sudah mobile friendly.

11. Integrasi

WordPress sangat mudah dintegrasikan dengan berbagai platform lainnya untuk meningkatkan kekuatan bisnis Anda. Sebagai contoh, jika Anda perlu email campaign? Anda bisa menggunakan layanan seperti Aweber ataupun MailChimp dan mengintegrasikannya dengan WordPress. Begitu juga jika ingin membuat website toko online, WordPress juga bisa dintegrasikan dengan berbagai payment gategways yang Anda populer saat ini.

12. Mudah dikelola

Seperti sudah kita bahas sebelumnya, WordPress sudah dilengkapi dengan sistem update yang bertujuan untuk keamanan. Selain update core, WordPress juga akan memberitahukan jika ada update untuk theme dan plugin yang sedang digunakan.

Hal tersebut tentu akan mempermudah para pemilik website untuk mengelola websitenya, karena akan selalu memiliki website dengan engine terbaru. Hal ini tentu akan membuat website menjadi aman dan lebih fresh dari sisi kode programnya.

13. Lebih dari sekedar blog

WordPress dikenal sebagai platform blogging yang terkenal, selain itu website juga bisa digabungkan dengan website yang sudah ada agar jalan berdampingan. Namun selain itu WordPress juga bisa menjadi website utama dan bukan hanya sekedar untuk blogging saja.

WordPress memiliki post dan page, post untuk update secara berkala, page bisa dimanfaatkan untuk halaman yang statis, seperti profile, about dan contact. Selain itu WordPress juga memiliki berbagai jenis format postingan lain yang bisa untuk membantu Anda membuat website yang lebih menarik.

14. Membentuk sebuah komunitas

Baik itu dengan membagikan postingan blog ke jejaring sosial media atau berkomunikasi dengan pengunjung di kolom komentar, WordPress memiliki fitur dan plugin untuk membentuk sebuah komunitas dengan mudah dan nyaman digunakan.

15. Menghemat uang

uang blog

Ilustrasi uang dari blog (Image: onlineincometeacher.com)

Perlu diingat sekali lagi bahwa WordPress adalah content management system (CMS) gratis. Namun, itu bukan satu-satunya area dimanan Anda akan bisa menghemat uang. Karena WordPress adalah open-source dan user-friendly, Anda tidak perlu menyewa desainer atau teknisi khusus untuk membuat ataupun mengelola website Anda.

16. Solusi website e-commerce

Membuat toko online bisa dengan mudah dilakukan menggunakan WordPress, karena tersedia berbagai plugin yang bisa mengubah blog WordPress Anda menjadi ladang uang dengan menciptakan sebuah toko online.

Plugin seperti WooCommerce, WP-Ecommerce atau Shopp bisa Anda manfaatkan untuk membangun toko online milik Anda sendiri.

17. Tidak terpaku pada satu hosting

Jika Anda memutuskan untuk berpindah hosting karena hosting sebelumnya sering bermasalah maka Anda bisa melakukannya dengan mudah jika menggunakan WordPress. Karena Anda bisa memindahkan website tanpa harus khawatir website mati dan kehilangan pengunjung.

Hal tersebut bisa dilakukan karena WordPress bisa berjalan di berbagai web hosting yang ada saat ini, dan tersedia plugin yang bisa dimanfatkan untuk proses perpindahan tersebut. Anda bisa membaca tulisan menarik dari WPBeginner untuk tata caranya.

Selain itu Tersedia juga web hosting gratis khusus pengguna WordPress yang bisa Anda manfaatkan.

18. Mudah berganti tampilan

Anda bosan dengan tampilan website Anda saat ini, atau tampilan yang ada sekarang kurnag maksimal? maka ganti saja theme nya, dengan WordPress anda bisa berganti theme dengan sangat mudah. Cukup pilih theme yang disediakan, atau theme buatan sendiri, lalu aktifkan, maka seketika tampilan web akan berubah.

19. Bisa digunakan untuk layanan keanggotaan (membership)

Jika Anda sudah mendirikan situs yang berbasiskan penggemar, maka suatu saat Anda bisa dengan mudah membuat halaman khusus member dimana untuk mengaksesnya Anda bisa menyertakan beberapa syarat, baik itu dengan berbagi atau dengan membayar. Itu semua bisa dilakukan karena wordpress menyediakan berbagai plugin untuk keperluan tersebut.

20. Jadwal posting bisa diatur

Memiliki banyak artikel namun tidak ingin menurunkannya secara bersamaan, maka Anda bisa mengatur waktu terbit dari setiap artikel tersebut, karena WordPress memiliki fitur tersebut. Anda bisa mengatur tahun, bulan, hari bahkan jamnya. Sehingga website Anda terlihat selalu update walaupun itu sudah ditulis beberapa hari yang lalu.

21. Bisa multilevel user

Terkadang sebuah website bis dikelola oleh beberapa orang, namun setiap orang memiliki bidangnya masing-masing, sehingga tidak semua menu disediakan untuknya. Oleh karean itu perlu fitur level user.

WordPress sudah menyediakan itu semua, di WordPress terdapat beberapa level user, diantaranya: Super Admin, Administrator, Editor, Author, Contributor dan Subscriber. Kelebihan WordPress yang satu ini tentu saja bisa memudahkan Anda yang ingin membuat website berskala besar dengan jumlah pengelola yang banyak.

22. Bisa multisite

Ingin membuat banyak website namun hanya menggunakan satu engine saja, maka Anda bsia memanfaatkan WordPress. Fitur ini memungkinkan Anda untuk membuat website komunitas dimana setiap orang bisa menulis dan mengelola tulisannya sendiri, mengatur tampilan masing-masing.

23. Mudah menampilkan testimoni

Bagi website bisnis, testimoni dari orang lain adalah sebuah nilai tambah yang akan memberikan kepercayaan pada calon ralasi baru. Jadi testimoni perlu untuk ditampilkan di halaman website.

WordPress menyediakan berbagai fitur untuk mempermudah hal tersebut, diantaranya dengan menggunakan plugin seperti Easy Testimonials atau Testimonial Widget.

24. Publikasikan konten dengan sekali klik

Jika Anda sudah menuliskan sebuah postingan menarik dan ingin segera mempublikasikannya maka tidak perlu khawatir, karena WordPress Anda cukup klik sebuah tombol maka dengan seketika tulisan akan bisa dibaca oleh orang lain yang mengunjungi website Anda.

Bahkan jika anda memanfaatkan plugin social share maka tulisan tersebut juga akan tersebar ke akun sosial media Anda.

25. Posting dari Aplikasi

wanita dan ponsel

Wanita dan Ponsel (Image: telegraph.co.uk)

Tidak harus masuk halaman admin menggunakan browser, Anda juga bisa mengelola website WordPress Anda melalui smartphone/tablet dengan menginstall aplikasi WordPress Mobile yang sudah tersedia untuk Android dan iOS.

26. Mudah memantau statistik

Salah satu cara untuk mengetahui apakah website pengunjung website semakin bertambah atau berkurang adalah dengan melihat statistik. Jika menggunakan WordPress Anda bisa melihat statistik tersebut dengan mudah, baik dengan menggunakan plugin seperti Jetpack ataupun dengan mengintegrasikan website tersebut dengan Google Analytics dan semacamnya.

27. WordPress akan semakin baik

WordPress saat ini sudah menjadi CMS terpopuler dan tentu paling digemari, banyak orang menggunakan, hal ini juga berdampak pada orang yang berkontribusi demi kebaikan WordPress.

Semua celah yang ditemukan akan dilaporkan, bahkan akan dibantu untuk diperbaiki oleh anggota komunitas pecinta WordPress, mereka juga menuliskan semua hal yang bisa dilakukan dengan wordpress di website pribadinya. Dengan kekuatan komunitas yang sangat besar, WordPress tentu saja akan semakin baik kedepannya.