Kelebihan ReactJS dan alasan menggunakan ReactJS untuk membuat aplikasi web | ReactJS merupakan library JavaScript yang bersifat open source dan dikelola oleh perusahaan IT ternama didunia seperti Facebook dan Instagram bersama dengan komunitas pengembang dari seluruh dunia.

reactjs

ReactJS (Image: sitepoint.com)

Framework ini digunakan secara luas untuk mengembangkan tampilan antarmuka pada sebuah aplikasi web. Framework khusus ini diciptakan dengan tujuan untuk:

Membangun aplikasi skala besar dengan data yang berubah dan terus berubah dari waktu ke waktu.”

Sudah banyak alat yang diciptakan dan digunakan oleh para pengembang, namun tidak banyak yang benar-benar bisa merevolusi cara kerja sebuah tim pengembang, salah satunya yang bisa merevolusi alur kerja adalah ReachJS, hal itu juga disampaikan oleh Arnab Sarkar dari ValueCoders pada website Dzone beberapa waktu lalu.

ReactJS memang tergolong cukup baru, namun sangat powerful dan digunakan oleh aplikasi raksasa seperti Facebook, Instagram dan WhatsApp. Nah berikut ini adalah mengapa aplikasi-aplikasi tersebut menggunakan ReactJS.

1. ReactJS sangat efisien

ReactJS membuat DOM (virtual) nya sendiri pada komponen yang Anda. Cara ini memberikan sebuah fleksibilitas yang tinggi pada developer dan performa yang luar biasa dapat diperoleh karena ReactJS melakukan kalkulasi terhadap perubahan apa yang perlu dibuat di DOM dan melakukan update pada DOM yang sesuai. Dengan cara ini React menghindari operasi DOM yang berlebihan dan melakukan update DOM dengan cara yang efisien.

React Virtual DOM

React Virtual DOM (Image: dzone.com)

2. Library Javascript

Sintaks JSX merupakan perpaduan yang sangat bagus dan sehat antara Javascript dan HTML. Hal ini digunakna khusus di ReachJS. JSX menyederhanakan seluruh proses penulisan komponen untuk website dan aspek HTML memungkinkan developer untuk membuat fungsi tanpa menggabungkan (concatenating) string.

Keuntungan lain React adalah ini membuat penggunaan API lebih lepat dan asli, dan sebagai hasilnya, antrian bisa bekerja pada berbagai platform.

3. Sangat bagus untuk SEO

Salah satu tantangan utama saat bekerja dengan framework Javascript adalah mereke sama sekali tidak baik untuk mesin pencari, walaupun belakangan ini sudah mulai banyak perbaikan.

Anehnya, React.js cukup menonjol dalam hal ini, karena Anda dapat menjalankan React.js pada server dan DOM virtual akan dikembalikan dan diberikan kepada browser sebagai halaman web biasa. Tidak memerlukan trik lainnya.

4. Fokus pada antarmuka

React Native jauh lebih fokus pada tampilan antarmuka dibandingkan dengan MeteorJS, Firebase dan AngularJS. Hal ini tentu memberikan para pengguna Anda tampilan yang sangat responsif dengan bantuan interaksi Javascript antara lingkungan asli perangkat dan React Native. Sebagai hasilnya, ini akan dapat meningkatkan waktu muat (loading) aplikasi dan membantu untuk tetap berjalan dengan sangat lancar tanpa interupsi.

5. Sangat mudah dan lain dari yang lain

Ketika Anda memulai proyek Anda dengan React, jangan lupa untuk menginstal ekstensi Chrome resmi untuk ReactJS. Hal ini akan membuat proses debugging aplikasi menjadi lebih mudah.

Setelah menginstall ekstensi, Anda dapat melihat langsung ke dalam virtual DOM seperti ketika Anda sedang berada pada sebuah DOM biasa dalam panel elemen. Ini cukup menarik tentunya.

6. Faktor Facebook

ReactJS merupakan gagasan dari Facebook dan Instagram, dan oleh karena itu sangat diukungan oleh dua rakasasa media sosial tersebut. Selain itu ini adalah framework open source, yang berarti berkembang dan tumbuh subur dari komunitas yang ada di seluruh dunia. Facebook awalnya menciptakan ReactJS untuk keperluan internal, namun dengan potensinya yang luar biasa, mereka memutuskan untuk berbagi proyek ini dengan pengembang dari seluruh dunia. Berbagai produk yang dikelola oleh Facebook seperti Instagram juga dibangun dengan bantuan ReactJS.

Semoga beberapa manfaat dan kelebihan menggunakan ReactJS diatas membuat Anda yakin bahwa ini adalah Framework yang unik dan menarik untuk dicoba. Jika Anda mencoba untuk mengembangkan aplikasi web yang perlu SEO friendly dan memiliki kapasitas penanganan lalu lintas yang bergerak cepat, maka pastikan ReactJS adalah salah satu pilihan yang Anda gunakan.