Kecepatan internet mobile Indonesia | Internet merupakan salah satu fasilitas yang sangat penting bagi masyarakat, bukan hanya masyarakat perkodaan, yang berada di desa pun kini mulai bergantung pada internet.

Sebagian dari masyarakat mengakses internet menggunakan perangkat mobile, mereka mengandalkan smartphone mereka untuk berselancar, berbisnis, berkomunikasi, bersosialisasi dan bahkan berbelanja dengan menggunakan internet mobile.

kecepantan internet speed

Ilustrasi internet mobile (Image: gulfnewsjournal.com)

Namun penetrasi internet Indonesia sekarang ini masih berada dalam fase pertumbuhan, baik internet mobile maupun broadband.

Jadi menjadi pertanyaan adalah, berapa kecepatan internet mobile di Indonesia saat ini?

Berdasarkan laporan OpenSignal yang berjudul Global State of Mobile Network periode 1 Mei – 23 Juli 2016 mencatat bahwa kecepantan internet mobile di Indonesia adalah sekitar 5,73 Mbps.

Apabila dibandingkan dengan internet negara-negara di dunia, Indonesia berada pada urutan ke-68, unggul tipis dari negara India yang berada di posisi ke-72 dengan kecepatan internet 5,30 Mbps.

Kecepatan internet mobile Indonesia

Kecepatan internet Indonesia (Image: OpenSignal.com)

Sebagai catatan, angka tersebut merupakan kecepatan rata-rata yang dinilai berdasarkan kecepatan dan ketersediaan 3G dan 4G di Indonesia.

Untuk negara dengan kecepatan internet mobile tercepat masih ditempati oleh Korea Selatan dengan kecepatan 41,34 Mbps, posisi ke-2 ditempati Singapura dengan kecepatan 31,19 Mbps, lalu Hungaria dengan kecepatan 26,15 Mbps.

Riset tersebu menyebutkan bahwa urutan terbawah rata-rata berasal dari negara berkembang yang mana pembangunan infrastruktur jaringannya belum sebesar negara-negara maju. Misalnya Vietnam, Filipina, Bangladesh dan Ethiopia.

OpenSignal melakukan riset berdasarkan data yang mereka peroleh dari smartphone konsumen reguler dan dicatat dalam kondisi penggunaan normal. Penghitungan kecepatan tersebut diambil di mana pun pengguna berada, baik itu di dalam ruangan atau diluar, di kota atau di pedesaan.

Sedangkan laporan ini menggunakan 12 miliar datapoints yang dikumpulkan dari 822.556 pengguna.

Sumber: OpenSignal.com