Jumlah pengguna Twitter saat ini — Keinginan Twitter untuk mengejar Facebook dalam persaingan media sosial terpopuler di dunia sepertinya semakin tertutup. Hal tersebut karena angka pertumbuhan pengguna jejaring sosial yang dibuat oleh Jack Dorsey tersebut tercatat semakin menurun semenjak tahun lalu.

Disisi lain pesaing nya Facebook dengan lebih satu miliar penggunanya masih tetap kokoh dan stabil. Basis pengguna Twitter di dunia bahkan cenderung gitu-gitu saja dalam kurun waktu 9 bulan terakhir (stagnan).

Pada akhir tahun 2015 terbukti bahwa Twitter hanya digunakan secara aktif oleh 305 juta orang saja, angka tersebut terbilang menurun dibanding kuarter-3 2015 yang sempat mencapai angka 307 juta pengguna.

jumlah pengguna twitter

Jumlah pengguna Twitter 5 tahun terakhir (Source: Statista.com)

Apabila angka tersebut dibandingkan dengan pengguna Twitter via SMS, maka total penggunanya ada sekitar 320 juta.

pertumbuhan pengguna twitter

Pertumbuhan pengguna Twitter dunia
© 2016 Statista

Pendapatan malah naik

Tapi ada satu hal positif yang diraih oleh Twitter, dimana pendapatan sosial media yang sudah berusia 10 tahun tersebut selama tahun 2015 berhasil melonjak 58%. Hal tersebut bisa dibuktikan karena selama 12 bulan terakhir Twitter sudah berhasil meraup Rp30 triliun.

Sebanyak Rp850 miliar didapat dari sekitar 139ribu advertiser (pemasang iklan) yang menggunakan jasa Twitter untuk menampilkan iklan di timeline Twitter pengguna.

Pembaharuan

Twitter tentu ingin tetap meraup untung yang lebih banyak dari para pemasang iklan (advertiser), oleh karena itu Twitter sudah memberikan beberapa pembaharuan semenjak awal Februari ini. Dimana salah satu update yang paling kentara yaitu tersedianya fitur First View yang memungkinkan untuk menempelkan iklan video pada timeline palign atas dari setiap pengguna, baik itu yang mengakses Twitter melalui website ataupun mobile.