Jenis server komputer berdasarkan fungsinya ada beberapa macam. Dalam penamaan dan penyebutan sebuah server, anda mungkin sering mendengar nama nama seperti Web server, Mail server, Database server, dan lain lain.

Nama-nama tersebut adalah sebutan untuk server-server yang bertugas untuk memberikan layanan seperti yang disebutkan. Lebih spesifik lagi mungkin anda akan mendengar nama-nama seperti MySQL Server, SQL Server, PostgreSQL Server, DB2 Server, Oracle Server dan lainnya. Nama-nama ini adalah nama-nama spesifik untuk database server, dimana nama server tersebut dinamakan berdasarkan perangkat lunak pelayanan yang digunakan.

Server komputer

Server komputer (Image: wisegeek.com)

Berdasarkan fungsinya, sebuah server dapat dikategorikan sebagai berikut:

  • Server aplikasi (Aplication server)
  • Server data (Data server).
  • Server layanan (Services server)

Server aplikasi

Server ini bertugas menjalankan aplikasi tertentu yang menyediakan sumber dayanya untuk dapat diproses komputer lainnya di jaringan.

Yang termasuk dalam kategori jenis server ini adalah server-server yang menjalankan perangkat lunak yang dibuat khusus untuk program-program tertentu seperti program yang berhubungan dengan fungsi accounting, penjualan, dan lain sebagainya.

Server ini dalam skala kecil biasanya juga merangkap menjadi server data.

Server data

Server ini berfungsi menyimpan dan memberikan data dari atau dan ke komputer yang ada dalam sebuah jaringan. Jadi semua data kegiatan yang ada dalam satu organisasi/ perusahaan dapat ditampung oleh server jenis ini.

Bentuk datanya sendiri bisa berupa file-file dan folder seperti yang dimiliki oleh komputer lain di jaringan, maupun data yang dimasukkan ke dalam file basis data atau database.

Server yang menyimpan file dan folder yang sama dengan komputer lain di jaringan dinamakan File Server, sedangkan server yang menjalankan perangkat lunak database tertentu dinamakan database server.

Server pelayanan

Server layanan adalah sebuah server yang berfungsi menyediakan suatu layanan yang berhubungan dengan jaringan. Server jenis inilah yang menjadi tulang punggung internet dewasa ini. Karena banyak layanan-layanan internet seperti hosting, DNS, DHCP, Apache, IIS dijalankan oleh server jenis ini.

– Baca juga: Tipe dan Jenis Web Hosting Untuk Website Blog

Bukan hanya dalam jaringan internet saja, dalam sebuah jaringan organisasi pun server layanan banyak digunakan seperti untuk kebutuhan DHCP, proxy, layanan direktori (directory service), dimana salah satu dari layanan layanan ini dibutuhkan oleh komputer lainnya yang ada di dalam jaringan.