Jenis blog berdasarkan kepemilikan — Blog semakin hari semakin berkembang, penggunanya semakin bertambah banyak dan teknologinya pun semakin hari semakin bagus. Berbagai kemudahan tersaji di berbagai platform blogging yang ada saat ini, WordPress misalnya, menyajikan banyak sekali plugin dan theme siap pakai sehingga semakin mudah untuk digunakan membangun blog.

Selain itu fungsi-fungsi yang ada didalamnya juga semakin interaktif dan memudahkan para blogger.

types of blog

types of blog

Berbicara tentang blog, ada beberapa jenis blog yang perlu diketahui berdasarkan kepemilikannya.

Blog yang merupakan gabungan dari kata “web+log”, yang berarti sebuah majalah online yang ditulis oleh pemiliknya secara berkala. Blog seperti diari online, topik yang dibahas pada sebuah blog bisa bermacam-macam sesuai dengan niche yang dipilih oleh pemiliknya.

Setidaknya ada tiga jenis blog berdasarkan kepemilikannya, karena blog tidak harus dimiliki oleh seorang blogger saja.

1. Blog personal / perorangan

Sebuah blog bisa sekaligus menjadi blog profesional dan blog pribadi, dimana blog tersebut dikelola oleh satu orang saja dan menyajikan tulisan tentang apa saja yang dipikirkan oleh pemiliknya, dan biasanya tidak didukung oleh bisnis tertentu. Walaupun banyak juga sekarang yang memanfaatkan blog sebagai penunjang bisnis yang dilakukan.

Blog memang bisa membangun karekter seorang, blogger yang sering membahas tentang trik SEO di blog nya lama-lama bisa menjadi konsultan SEO profesional karena orang percaya dia mampu dan sudah membuktikan kemampuannya, hanya dengan melihat postingan di blognya. Maka disarankan para blogger memilih satu topik atau bidang yang benar-benar dikuasainya saja.

2. Blog perusahaan atau instansi

Blog bukan hanya digunakan oleh seseorang saja, namun bisa juga dimiliki oleh sebuah perusahaan atau instansi lainnya. Blog biasanya digunakan oleh perusahaan untuk menunjang bisnis utamanya. Sebuah website yang menjual produk kopi misalnya, bisa membuat blog yang berisi berbagai hal tentang kopi. Baik itu berbagai jenis-jenis kopi, waktu terbaik minum kopi, atau manfaat kopi. Fungsinya tentu untuk menarik pengunjung agar website utamanya makin ramai, baca tulisan sebelumnya tentang Buat Blog Untuk Toko Online Agar Ramai Pengunjung agar Anda lebih mengerti.

Blog seperti itu biasanya dikelola oleh karyawan perusahaan tersebut, atau sebuah perusahaan konsultan lain yang ditugaskan untuk mengisi konten blog perusahaan mereka.

Contoh lainnya adalah sebuah universitas memiliki blog untuk memberikan informasi tentang kegiatan yang dilakukan di universitas tersebut. Jadi hampir seluruh bidang bisa memiliki blog.

3. Blog kolektif

Selain blog pribadi dan blog perusahaan, ada juga blog yang dikelola oleh beberapa orang secara kolektif, walaupun mereka tidak mendirikan sebuah perusahaan.

Biasanya mareka menulis karena memiliki hobi yang sama dan memutuskan untuk membangun blog besama-sama. Ada juga blog kolektif yang dimiliki oleh satu orang namun menerima tulisan dari orang lain sebagai penulis tamu (guest author).

Semua jenis blog diatas bisa sukses asalkan dikelola dengan rutin dan serius. Rutin berarti diupdate secara berkala, biasanya sehari sekali atau bisa juga seminggu sekali, yang penting rutin dalam kurun waktu yang tidak terlalu lama. Sedangkan serius berarti setiap postingan dibuat dengan optimal, dimana semua bagian mulai dari judul, topik dan isinya dibuat dengan standar kualitas yang tinggi.

Untuk Anda yang belum memiliki blog, tunggu apalagi, buatlah blog Anda sekarang juga dan dapatkan berbagai manfaat blog bagi kehidupan Anda.