Istilah yang hanya dimengerti oleh karyawan Facebook ini tentunya jarang atau bahkan tidak pernah Anda dengar sebelumnya. 

Setiap perusahaan memiliki kultur budaya atau kebiasaan yang akhinya menjadi bahasa perusahaan mereka. Facebook pun memiliki bahasa yang hanya kalangan mereka yang mengerti.

Facebook adalah perusahaan besar yang memiliki pegawai lebih dari 12.000 orang. Selama bertahun-tahun para karyawan Facebook telah membuat dan menggunakan kata-kata kode. Bahkan kampus Facebook di Menlo Park memiliki bahasa mereka sendiri tersebut.

Beberapa kata yang diucapkan di kampus tersebut mungkin terdengar seperti omong kosong saja bagi orang luar. Namun sebenarnya mememiliki arti tersendiri, dan tentunya hanya mereka yang paham.

Berikut ini beberapa kata yang hanya karyawan Facebook yang bisa mengerti maksudnya.

1. TNR 250

TNR 250 adalah singkatan untuk “The Nouveau Riche 250” atau istilah untuk 250 karyawan pertama Facebook setelah IPO (Initial public offering) perusahaan, atau setelah saham Facebook ditawarkan ke publik.

2. Bootcamp

Bootcamp adalah kursus pengantar Facebook selama 6 minggu. Setiap karyawan yang baru bergabung ke Facebook dimasukan ke dalam kursus selama enam minggu ini. Karyawan baru diperbolehkan memilih tim mereka setelah lulus dari bootcamp.

3. Faceversary

Facebook Faceversary

Facebook Faceversary (Image: phonemia.com.tw)

Perayaan tahunan untuk berapa lama sudah seorang karyawan bekerja di perusahaan tersebut. Toko di kampus Facebook menjual balon khusus yang disebut balon “Faceversary”. Ini bahkan tercantum pada halaman para karyawan Facebook yang terlihat seperti ulang tahun untuk mengingatkan semua orang agar saling mengucapkan selamant.

4. Game Day

game day facebook

Game Day Facebook (phonemia.com.tw)

Game day (hari bermain) dalah versi lebih besar dari field day (tempat bermain). Setiap musim semi, karyawan Facebook berkumpul dalam tim dan berdandan dengan warna-warna cerah. Mereka menuju sebuah lapangan dan melakukan berbagai kompetisi disana. Wah seru sepertinya ya..

5. Epic

epic facebook

Epic Facebook (Image: phonemia.com.tw)

Epic adalah kedai kopi utama di kampus Facebook. Karyawan menggunakan Epic untuk nongkrong dan menikmati segelas kopi.

6. Livin’ The Dream

Livin’ The Dream adalah kafe lain di kampus. Facebook mengganti nama sebuah kafe yang mereka miliki untuk mengenang salah satu chef/juru masak nomor satu Josef Desimone, beliau meninggal karena kecelakaan motor.

7. Little Red Book

Little Red Book didistribusikan oleh Facebook untuk karyawan pada tahun 2012 ketika perusahaan memiliki satu miliar pengguna. Buku tersebut pernyataan misi dan kronologi dari momen-momen lucu perusahaan. Pada halaman terakhir dari buku tersebut tertulis “Jika kita tidak menciptakan sesuatu yang membunuh Facebook, maka orang lain yang akan melakukan”.

8. Gravity Room

Gravity Room Facebook

Gravity Room Facebook (Image: phonemia.com.tw)

Gravity room benar-benar mengabaikan gravitasi pada salah satu ruangan kantor Instagram (Instagram adalah milik Facebook karena sudah mereka beli). Ruang tersebut adalah satu satu ruang yang dirancang khusus di Facebook.

9. H4cker Square

HackerSquare Facebook

HackerSquare Facebook (Image: phonemia.com.tw)

H4cker square adalah central square (alun-alun) versi Facebook. Di situ terdapat tulisan “HACK” yang bahkan terlihat jelas dari pesawat yang terbang dilangit untuk mendarat di San Fransisco. Hackersquare juga digunakan untuk tempat utama acara-acara kampus dan tempat untuk saling bertemu para karyawan Facebook.

10. The Crane

Yaitu sebuah yang menyerupai panggung kecil berwarna kuning yang ada di tengah HackerSquare yang digunakan sebagai titik peluncuran untuk semua hackathons. Juga digunakan sebagai panggung bagi banyak tamu yang datang untuk berbicara dengan karyawan Facebook.

11. Ha

hackerway facebook

HackerWay Facebook (Image: phonemia.com.tw)

Jangan bingung dengan alun-alun ini. Ha hanya sebuah alamat yang terdapat di kampus Facebook. Tidak semua jenis jalur pejalan kaki didesain untuk para koder.

12. Daily Active people

Daily active user adalah matrik yang biasa ada di perusahaan teknologi, namun Facebook membuat ini selangkah lebih maju untuk memperkuat atau mengetahui bahwa user tersebut adalah benar-benar orang. Anda akan melihat ini sebagai sebuah pengingat di poster dan juga pada postingan blog perusahan Facebook.

*Mohon maaf beberapa kata dan kalimat disamarkan