Daftar smartphone Android terpopuler saat ini — Banyak sekali jenis dan merek ponsel yang dirilis oleh berbagai vendor sepanjang semester pertama tahun 2016 ini, dari sekian banyak ponsel tersebut kita mungkin akan bertanya-tanya, smartphone apakah yang paling populer?

Website resmi aplikasi benchmark AnTuTu baru-baru ini merilis daftar smartphone terpoluler selama semester pertama (1h) tahun 2016 ini. Smartphone tersebut dikelompokan berdasarkan beberapa kategori tertentu agar lebih terperinci.

smartphones

Ilustrasi kumpulan smartphone (Image: independent.co.uk)

Kategori pertama adalah berdasarkan nama ponsel. Untuk bagian ini ternyata Galaxy Note 5 yang dirilis pertengahan tahun lalu tetap memuncaki daftar 10 ponsel paling populer tahun 2016. Gadget keren yang bisa disebut sebuah Phablet ini ternyata juga mengalahkan Galaxy S7 dan S7 Edge yang dirilis pada bulan Februari 2016 lalu.

Merek ternama Samsung menempatkan lima ponsel dalam daftar terpopuler, dan hebatnya lagi semua nama tersebut berada dipuncak daftar ponsel terpopuler tahun 2016 kecuali Galaxy S7 Edge yang posisinya berada satu tingkat dibawah Redmi Note 3. Sedangkan posisi 6 hingga 10 ditempati oleh Meizu MX5, LG G3, LeEco 1S dan Meizu Metal. Berikut ini daftar lengkapnya.

smartphone paling populer 2016

Smartphone paling terkenal tahun 2016 (Image: AnTuTu.com)

Aplikasi benchmark Antutu juga membuat daftar ponsel paling populer berdasarkan ukuran layar dan resolusinya. Tiga ukuran layar ponsel paling populer yang yaitu 5,5 inch, 5 inch dan 5,1 inch. Sedangkan untuk resolusi yang paling populer adalah 1080p, 2K serta 720p.

Pada bagian prosesor yang paling populer adalah Snapdragon 820, lalu ada Exnos 7420 serta Helio X10. Apabila berdasarkan pada inti, maka prosesor 8 core adalah yang paling populer, disusul prosesor 4 core dan 6 core.

CPU Ponsel Terpopuler 2016

Prosesor ponsel terkenal 2016 (Image: AnTuTu.com)

Ponsel yang memiliki RAM 3 GB menjadi yang terpopuler, diikuti oleh RAM 4 GB dan 2 GB. Sedangkan apabila dilihat berdasarkan ruang penyimpanannya maka ponsel yang memiliki ruang penyimpanan dengan ROM 16 GB adalah yang paling populer, setelah itu ada yang ROM 32 GB dan disusul ROM 64 GB.

Jika dilihat berdasarkan kamera dan baterai ponselnya. Maka 3 teratas adalah kamera 13 MP pada posisi puncak, lalu disusul kamera 8 MB dan 21 MB. Sedangkan untuk baterai yang paling populer adalah 3.000 – 3.500 mAh, posisi kedua ada baterai 2.500 – 3.000 mAh dan disusul beterai 3.500 – 4.000 mAh.

Baterai Ponsel Terpopuler 2016

Baterai Ponsel Terpopuler 2016 (Image: AnTuTu.com)

Kesimpulan Antutu selama semester pertama ini adalah konsumen cenderung masih membeli berdasarkan merek ponselnya. Konsumen lebih bersedia untuk mengeluarkan budget yang lebih tinggi untuk membeli smartphne dengan merek yang terkenal.

Smartphone dengan ukuran layar yang besar, memiliki resolusi tinggi, performa yang mumpuni serta mempunyai kapasitas baterai besar tentu saja menjadi pilihan konsumen. Sedangkan untuk bagian kamera, spesifikasi tidak terlalu menjadi pertimbangan utama, namun yang dilihat hanya kualitas foto yang dihasilkan saja.