Hal penting untuk meningkatkan SEO website ini mungkin perlu Anda lakukan secepatnya. Ketika berbicara tentang SEO maka tujuan utamanya adalah untuk meningkatkan jumlah pengunjung website dengan cara memaksimalkan kemunculan URL halaman website pada mesin pencari.

Sebuah website akan sangat mudah sekali terperosok dan menjadi korban ketika melakukan praktik-praktik untuk meningkatkan search engine optimization (SEO) jika tidak berhati-hati. Apalagi algoritma mesin pencari sering sekali berubah, baik itu yang terlihat dan terasa efeknya ataupun yang tidak. Namun yang pasti, perubahan algoritama itu telah banyak menghalau website yang tadinya berada diatas hingga terperosok kebawah dan bahkan sangat sulit ditemukan di hasil pencarian.

Jika Anda ingin meningkatkan peringkat pencarian organik dari website bisnis Anda, maka Anda harus menghindari trik-trik SEO populer serta cara pintas, dan fokuskanlah pada penciptaan hasil yang lebih tahan lama.

Berikut ini adalah beberapa praktik terbaik yang akan membantu Anda meningkatkan SEO dengan cara membangun sebuah website yang menarik bagi mesin pencari dan bagi orang atau pengunjung.

1. Buat konten yang menarik

Berbicara tentang hasil yang tahan lama, maka konten yang bermanfaat, terkini, menarik dan berkualitas tentu menjadi hal yang sangat penting.

Ketika menulis teks untuk website Anda, pertimbangkan dengan cerdas apa yang diinginkan oleh pengunjung, apa yang mereka butuhkan hingga mereka berkunjung ke website Anda, bukan apa yang ingin Anda katakan kepada mereka.

Tempatkan kebutuhan pengunjung sebagai prioritas utama, dan Anda nantinya tetap akan bisa memberitahukan apa yang ingin Anda kabarkan kepada mereka ketika loyalitas sudah terpupuk dan mereka sudah mencintai website Anda.

– Baca juga: 6 Cara Membuat Desain Website yang SEO Friendly

2. Maksimalkan media sosial

Menfaatkan media sosial dan situs review lokal untuk meningkatkan SEO. Lebih sering bisnis atau website Anda muncul secara online, maka akan semakin banyak traffic yang bisa website Anda dapatkan.

Sosial media dan website review akan sangat membantu meningkatkan ketertarikan pengunjung dan menciptakan kredibilitas. Perbanyak juga jumlah followers di sosial media karena ini akan sangat membantu untuk memasarkan website Anda.

3. Jadilah nyata

Be real atau jadilah nyata, menulislah untuk orang, bukan untuk robot. Jangan terlalu mengikuti tren kata kunci dengan memasukan sebanyak-banyaknya kata kunci yang Anda tergetkan dengan tujuan untuk meningkatkan SEO website namun hasilnya konten yang Anda buat jadi tidak menarik ketika dibaca oleh orang lain. Hal ini tentu tidak bagus, oleh karena itu menulislah secara alami dan fokus pada apa yang disukai oleh pengunjung website Anda, jangan terlalu fokus menulis untuk robot.

4. Jangan menggunakan trik curang

Ini bukan tentang kerja sistem. Jika Anda mencoba untuk menipu mesin pencari, kesuksesan traffic organik yang Anda dapatkan tidak akan bertahan lama. Jadi sangat disarankan untuk menghindari trik dan cara pintas yang curang dalam SEO. Lakukanlah riset untuk mengetahui apakah apa yang Anda lakukan benar-benar bisa meningkatkan situs Anda atau tidak.

5. Perbanyak teman online

Meningkatkan inbound link yang berasal dari situs yang relevan dengan website Anda, situs-situs terkenal dan blog yang bagus serta banyak penunjungnya. Apabila Anda memiliki hubungan dengan pemilik situs atau bisnis lain, bangunlah relasi dengan mereka agar Anda bisa bekerja sama untuk meningkatkan peringkat situs masing-masing dengan bertukar link. Namun jangan menghubungkan website ke situs-situs yang sembarangan karena bisa mengurangi kredibilitas Anda.

6. Riset kata kunci

Meneliti adalah hal yang sangat berharga, termasuk dalam memilih kata kunci untuk website Anda. Gunakan alat untuk menemukan kata kunci relevan yang sering dicari oleh pengunjung ketika mereka berselancar di mesin pencari.

Sangat penting untuk mengetahui apa yang dicari oleh kostumer atau pengunjung website dan bisnia Anda serta gunakan pengetahuan tersebut untuk memberikan apa yang mereka butuhkan. Dengan kata lain, jadilah penyedia yang baik.

7. Ukur keberhasilan

Lacak dengan seksama bagaimana kinerja situs Anda. Dengan menggunakana program analisis situs, Anda dapat melacak jumlah pengujung ke website Anda, tingkat konversi, kata kunci yang paling berpengaruh, halaman yang paling sering dikujungi dan keberhasilan pemasaran lainnya.

8. Jangan copy & paste

Jangan copy paste, mesin pencari akan menghukum website yang memiliki halaman duplikat konten. Hindari menggunakan konten situs web lain atau memiliki konten yang sama persis dengan website orang lain, bahkan hindari juga hal tersebut terjadi pada website Anda sendiri, pastikan dalam website Anda tidak ada dua atau lebih halaman yang sangat sama identik isinya. Ciptakanlah sesuatu yang original atau yang cukup berbeda dengan orang lain.

9. Maksimalkan SEO on page

Hal yang paling mungkin untuk Anda lakukan sesegera mungkin adalah melakukan perbaikan dengan memaksimalkan SEO on page website Anda, mulai dari mengatur permalink, membuat judul artikel yang bagus, memasukan meta data, memasukan elemen yang menarik perhatian seperti gambar, video, tabel, memberi nama file dan deskripsi yang jelas pada setiap file tersebut, meningkatkan readability konten baik itu dengan membuat paragraph yang bagus, memanfaatkan tag heading secara maksimal dan membangun struktur data yang benar pada konten website Anda.

10. Jangan abaikan pengguna mobile

Pengguna smartphone dan tablet sekarang ini semakin banyak, koneksi internet juga cukup bagus, jadi semakin banyak orang berselancar di dunia maya menggunakan smartphone mereka. Jika website kita tidak bisa mendukung hal tersebut, tentu ini kerugian yang nyata. Buatlah website versi mobile maupun website responsive untuk menangani pengunjung yang menggunakan smartphone dimana layarnya lebih kecil dan kecepatan internetnya tidak sebaik ketika menggunakan PC. Ciptakan kenyamanan bagi mereka ketika berada di website Anda.