Game dan aplikasi Android terbaik di Google Play Award 2016 | Setiap tahunnya Google Play selalu saja mengalami banyak perkembangan. Untuk pencapaian tahun ini, mereka mengklaim sudah berhasil mencapai lebih dari satu miliar pengguna dari seluruh dunia.

Kenyataan tersebut tentu saja tidak bisa terlepas dari kuatnya sistem operasi Android yang sukses menjadi penguasa pangsa pasar untuk sistem operasi smartphone saat ini.

Jika kita merujuk pada laporan terbaru yang dirilis oleh Gartner, Android sudah menguasai 84,1 persen pangsa pasar untuk bidang ini untuk kuartal pertama tahun 2016. Dengan data tersebut, maka tak heran jika pengguna Google Play juga ikut mengalami peningkatan pengguna.

aplikasi android terbaik 2016

aplikasi android terbaik 2016 (Image by Google Developers Blog)

Pada sebuah keynote di malam terakhir acara Google I/O, Google bahkan mengumumkan aplikasi dan game mana saja yang mencapai prestasi luar biasa dan berhak mendapatkan penghargaan pada ecara perdana Google Play Awards.

– Baca juga: 5 Aplikasi Android Paling Banyak di Download [+1Miliar]

Berikut ini adalah 10 aplikasi dan game terbaik di Google Play Awards 2016 yang Jurnalweb kutip dari laman resmi Android Developers Blog.

1. Kategori Best App – Houzz
2. Kategori Best Families App – Thinkrolls 2
3. Kategori Best Game – Clash Royale
4. Kategori Best Use of Material Design – Robinhood
5. Kategori Best Use of Google Play Game Services – Table Tennis Touch
6. Kategori Early Adopter – World Around Me
7. Kategori Go Global – Pokemon Shuffle Mobile
8. Kategori Most Innovative – NYT VR
9. Kategori Standout Indie – Alphabear
10. Kategori Standout Startup – Hopper

Aplikasi yang menjadi juara dan mendapatkan predikat terbaik diatas rata-rata adalah aplikasi gratis dan hanya dua aplikasi berbayar yang terdaftar di 10 besar tersebut, yaitu Table Tennis Touch & Thinkrolls 2.

Sumber: Google Developers Blog