Fungsi blog untuk membangun kredibilitas bisnis secara online | Blog adalah salah satu fasilitas untuk menunjang bisnis, namun belum banyak orang yang menyadari hal tersebut, karena sebagian besar masih banyak yang menganggap blog hanyalah sebuah buku online untuk menulis diari.

kepercayaan trust

Image credit : inc.com

Sebuah blog adalah salah satu jenis website, blog biasanya selalu diperbaharui kontennya secara berkala, berisi konten dalam urutan kronologi terbalik dan memungkinkan pembaca untuk berinteraksi dengan memberikan komentar terhadap sebuah tulisan.

Beberapa contoh sukses dari sebuah blog yang akhirnya meraih kesuksesan besar saat ini adalah TechCrunch, HuffingtonPost dan Mashable.

Untuk karakteristik yang disebut di atas, blog cenderung bisa menarik banyak pengunjung, dan itulah sebabnya blog merupakan sebuah alat yang sempurna untuk mempromosikan bisnis online dan situs web.

Membangun blog untuk membangun kepercayaan

Sering kali sebuah bisnis itu berkaitan dengan kredibilitas. Apabila Anda memiliki produk dan brand yang kredibel, maka pelanggan akan mudah untuk percaya dan melakukan bisnis dengan Anda bahkan tidak segan untuk membeli produk-produk Anda.

Namun jika tidak memiliki blog, mungkin saja pelanggan tersebut malah akan mendatangi pesaing Anda, meskipun produk Anda lebih unggul secara kualitas dibanding pesaing tersebut. Namun karena kurangnya kepercayaan keunggulan tersebut jadi tidak mengena dihari dan akhirnya produk jadi kurang diminati.

Oleh sebab itu meningkatkan kredibilistas binis online Anda tentu menjadi sebuah keharusan, dan pada artikel kali ini Jurnalweb akan memberikan beberapa cara yang bisa Anda gunakan untuk melakukan hal tersebut dengan blog.

1. Tunjukan keahlian Anda

Pelanggan tentu ingin membeli sesuatu dari perusahaan yang mengetahui apa yang mereka lakukan dan dengan memiliki sebuah blog maka anda akan dapat menampilkan hal tersebut. Anda bisa menulis postingan pada berbagai topik, teknis dan sebaliknya, tunjukan pengetahuan dan bidang keahlian Anda dengan blog tersebut.

2. Berinteraksi dengan klien

Klien yang sudah mengetahui keahlian Anda tentu akan semakin percaya apabila mereka bisa beriteraksi dengan Anda, blog memungkinkan hal tersebut. Mereka para klien bisa menuliskan komentar, saling tanya jawab pada kolom komentar tersebut, selain itu mungkinkan juga mereka untuk berinteraksi melalui formulir kontak, dimana mereka bisa mengirim pesan secara pribadi kepada Anda. Jangan sungkan dan malas untuk membalas komentar mereka, hanya dengan cara itu pelanggan bisa loyal kepada Anda.

3. Ajarkan klien Anda

Salah satu cara terbaik untuk menjual adalah dengan mengajar. Misalnya saja Anda menjual berbagai perangkat atau alat-alat komputer. Maka membuat serangkaian postingan yang mengajarkan bagaimana cara merakit komputer dari awal akan menjadi cara yang sangat brilian untuk mendapatkan hati pelanggan Anda, membangun kredibilitas dan mendapatkan lebih banyak pelanggan, semua bisa berjalan secara bersamaan.

4. Dapatkan rekomendasi dari orang lain

Apabila Anda membuat sebuah postingan yang sangat brilian, berguna atau bermanfaat bagi orang lain. Maka tinggal tunggu waktu saja, blog atau website lain akan menuliskan sesuatu di blog mereka dan mereka dengan sendirinya akan merekomendasikan blog Anda meskipun Anda tidak pernah menyuruh atau meminta mereka. Itulah salah satu keunggulan lain dari sebuah postingan berkualitas.

Bukan hanya mendapatkan promosi di blog mereka, tulisan Anda itu mungkin juga akan di bagikan ke halaman sosial media mereka, dengan begitu semua teman yang mereka miliki akan melihat postingan Anda. Begitulah kekuatas sebuah postingan yang baik, akan mendatangkan hasil yang baik pula.

Lanjut baca: 9 Manfaat Blog Yang Mungkin Tidak Anda Sadari