Macam-macam format postingan di WordPress (post format) | WordPress indentik dengan format postingan berupa teks yang disertai dengan gambar. Format postingan seperti itu merupakan format standar yang dimiliki oleh WordPress.

Namun sebenarnya format postingan di WordPress itu ada banyak, mungkin tidak semua orang mengetahui atau menyadari. Jika Anda sering menggunakan Tumblr, nah WordPress juga sebenarnya memiliki fitur untuk membuat berbagai format postingan seperti itu. Setidaknya ada 10 macam format postingan di WordPress.

  • Standard – Format postingan standar WordPress
  • Aside – Sebuah postingan yang mirip catatan(notes), biasanya dibuat tanpa judul
  • Gallery – Sebuah galeri gambar.
  • Link – Sebuah link ke situs lain.
  • Image – Gambar atau foto
  • Quote – Sebuah kutipan.
  • Status – Postingan status pendek layaknya Twitter
  • Video – Sebuah posting yang berisi video
  • Audio – Sebuah file audio.
  • Chat – Sebuah transkrip percakapan.

WordPress menyediakan segitu banyak format postingan tentu saja memiliki maksud dan tujuan, salah satu tujuannya adalah untuk membantu para pengembang theme untuk mendefinisikan representasi visual dari postingan. Para pembuat theme bisa membuat theme dengan dukungan format postingan.

Berikut ini penjelasan singkat mengenai format postingan tersebut.

Standard post format

Ini merupakan format postingan standar yang dimiliki oleh WordPress. Hal ini dapat berupa sebuah artikel, postingan blog, atau apapun yang diinginkan si penulis. Format postingan standar ini dapat juga menjadi salah satu format postingan lainnnya. Misalnya, postingan standar ini dapat memiliki galeri foto atau video. Pengguna bisa memutuskan apakah mereka ingin membangun theme mereka dengan support jenis-jenis postingan atau hanya standar saja.

Aside post format

Aside merupakan sedikit tambahan informasi yang mungkin ingin diberikan oleh blogger kepada pembaca mereka tanpa menulis postingan standar tentang hal tersebut. Aside ini bisa menjadi link external, mengacu pada sebuah diskusi yang dilakukan ditempat lain di web, atau informasi menarik yang tidak sesuai dengan pembahasan utama blog.

Gallery post format

Format postingan Gallery memungkinkan Anda untuk menambahkan beberapa gambar dalam post atau page di WordPress. Anda dapat menambahkan beberapa gallery di postingan tunggal. Gallery juga merupakan salah satu format postingan yang didukung jadi para pengembang theme dapat menambahkan support untuk ini dan mendefinisikan tampilan gallery di theme yang mereka buat. Gallery di WordPress dapat dimasukan dengan menggunakan tombol Add Media dan kemudian mengklik tab “Create Gallery”.

Link post format

Format postingan Link biasanya berisi link menuju halaman website lain. Idealnya digunakan ketiak pengguna hanya ingin berbagi saja dan tidak ingin menulis postingan. Mereka hanya dapat menambahkan judul link dan URL atau opsional menambahkan komentar mereka sendiri untuk link tersebut.

Image post format

Format postingan Image di WordPress berguna untuk menampilkan sebuah gambar atau foto.

Quote post format

Format postingan Quote ini biasanya digunakan ketika seseorang ingin menuliskan sebuah kutipan namun tidak ingin menuliskannya dalam format postingan standar. Jadi dengan ini mereka hanya benar-benar menulis kutipan saja, dan kutipan ini bisa dibungkus dengan tag <blockquote> di HTML.

Status format post

Format postingan Status adalah salah satu format post yang didukung oleh WordPress. Sebuah format post Status biasanya pendek, mirip seperti pada twitter.

Video post format

Format postingan Video adalah salah satu format postingan yang juga didukung WordPress. Sebuah postingan video biasanya hanya berisikan video saja, baik yang ada di website tersebut atau yang embed dari situs lain seperti Youtube maupun Vimeo.

Audio post format

Audio adalah salah satu format postingan yang didukung oleh WordPress yang berguna untuk menampilkan postinga yang hanya berupa audio saja, baik itu audio yang ada di website tersebut atau yang diembed dari situs lain seperti Soundcloud.

Chat post format

Chatting adalah salah satu format postingan yang ada di WordPress yang berguna untuk menampilkan transkrip percakapan.

Penjelasan melalui video

Untuk memudahkan Anda memahami format postingan di WordPress, bisa lihat video Youtube dari LearnWebCode berikut ini.

Kesimpulan

Ternyata WordPress memiliki banyak variasi format tulisan yang tentu saja bisa membuat para pengembang theme bisa berkreasi, selain itu format ini juga akan membuat pemilik blog mempunyai keanekaragaman bentuk tulisan, dan tidak selalu harus format standar yang berisi judul, lalu isi artikel berupa teks tulisan.