Fakta Microsoft Windows — Microsoft Windows memiliki beberapa fakta menarik sejak versi pertama dibuat 30 tahun lalu (Windows 1.0) tepatnya pada 20 November 1985, setelah Windows diperkenalkan pertama kali dua tahun sebelumnya yaitu 1983.

Penulis sendiri belum lahir pada saat itu :D

Sekarang Sistem Operasi buatan Bill Gates tersebut digunakan lebih dari 75% komputer desktop di seluruh dunia. Hal tersebut membuat Bill Gates menjadi orang terkaya di dunia saat ini.

bill gates microsoft windows

Bill Gates Micorosft Windows (Image: ndtv.com)

Namun sejak pertama diperkenalkan, Microsoft Windows memiliki banyak sekali catatan menarik, namun kali ini Jurnalweb akan membahas beberapa saja fakta Microsoft Windows yang layak Anda ketahui.

1. Awalnya akan diberi nama “Interface Manager”

Bill Gates awalnya merencanakan OS yang dibuatnya dengan nama “Interface Manager”. Nama Windows berevolusi dari konsep kotak atau jendela komputer.

– Baca juga: Hal Ini Yang Paling Disesali Bill Gates Dalam Hidupnya

2. Bill Gates sebut Windows 1.0 OS unik

Bill Gates menganggap Windows 1.0 adalah sebuah “perangkat lunak yang unik yang dirancang untuk pengguna PC yang serius”. Sistem Operasi ini memungkinkan pengguna untuk menentukan titik dan mengklik untuk bisa mengakses program. Aplikasi yang ada termasuk Paint, Calculator, Notepad, Cardfile dan menulis dengan aplikasi pengolah kata (MS Word).

– Baca juga: Lucu! Begini Cara Bill Gates Menghitung Sampai 10

3. Berukuran dibawah 1 MB

Windows 1.0 memiliki antarmuka 16-bit, yang berukuran kurang dari 1MB. Platform ini membutuhkan kapasitas 256KB, dua buah floppy disk dengan sisi dobel dan adaptor kartu grafis.

4. Perusahaan software nomor satu dunia

Perusahaan milik Bill Gates tersebut membuat catatan penjualan yang bersejarah dimana pada tahun 1988, Microsoft menjadi perusahan perangkat lunak terbesar di dunia. Windows berkontribusi banyak terhadap keberhasilan Microsoft tersebut.

5. Windows 32-bit murni pertama

Microsoft mengembangkan Windows NT untuk pengguna biasa dan bisnis yang membutuhkan kapabilitas lebih. Microsoft NT awalnya disebut “Portable Systems Group”.

6. Windows Start Menu

Windows 95 dilengkapi dengan sejumlah fitur revolusioner. Platform ini memiliki keuntungan yang signifikan atas Windows 3.1. Beberapa fitur populer dari Windows adalah Start Menu, Taskbar, Tombol Mengecilkan, Membesarkan dan Menutup jendela, semua pertama kali diperkenalkan pada Windows 95.

– Baca juga: Begini Evolusi Bentuk Start Menu Windows 95 hingga Windows 10

7. Simulator penerbangan

Microsoft merilis Flight Simulator untuk Windows 95 pada tahun 1996. Simulator ini dibuat untuk pertama kalinya untuk tersedia pada Windows dalam 14 tahun sejarah Microsoft.

8. MS-DOS terakhir

Microsoft meluncurkan Windows 98 pada 25 Juni 1998. Platform ini dikembangkan untuk konsumen. Ini adalah versi terakhir dari Windows berbasis MS-DOS.

9. Windows XP adalah versi Windows paling sukses

Microsoft meluncurkan Windows XP pada oktorber 2001. Perangkat lunak ini adalah produk terbaik yang dijual Microsoft. Dikompilasi dari 45 juta baris kode. XP berbasiskan kernel Windows 95 dan memilik tampilan yang bersahabat serta peningkatan pada aplikasinya.

– Baca juga: Google: Windows 10 hanyalah Windows XP yang diberi skin Flat Design

10. Ada 3 versi Windows yang tidak dirilis

Beberapa versi Windows yang tidak mendapatkan versi rilisnya adalah Windows Nashville, Windows Cairo dan Windows Neptune.

Itulah beberapa fakta menarik dari Microsoft Windows yang patut kita kenang saat ulang tahunnya yang ke-30 pada 20 November 2015 kemarin, seperti Jurnalweb lansir dari laman Times of India.