Tulisan ini menunjukan betapa segala sesuatu yang anda kerjakan itu tidak akan sia-sia, tidak semua terpaku pada uang, tapi ada kenikmatan lain yang bisa anda dapatkan.

Tulisan ini menceritakan pengalaman Jonas Downey, yaitu seorang web designer di kota kecil Antioch, Illinois, Amerika serikat, dimana dia membantu pamannya yang bernama Tim dalam menghidupkan kembali Teater tua yang sudah tidak terawat, tim membantu pembuatan desain, logo, bahkan website untuk pemasaran. Dia mencontohkan bagaimana kekuatan dari sebuah desain, dan disitu dia melakukan pekerjaan Pro-Bono (yaitu semacam proyek thank you, pekerjaan gratisan atau sukarela yang dilakukan untuk kepentingan publik atau masyarakat umum)

Simak ceritanya
——–

Beberapa bulan yang lalu, paman saya Tim memulai sebuah proyek untuk mengembalikan teater kecil di pusat kota Antioch, Illinois. Teater tua itu telah ditutup karena sebagian besarnya sudah rusak dan teknologinya sudah usang. Ini membutuhkan perombakan besar, dan tentunya membutuhkan biaya mahal.

Tim adalah pengembang real estate, dan dia menggunakan uang sendiri untuk mendapatkan proyek ini. Tapi dia membutuhkan bantuan. Dia ingin melakukan proyek Kickstarter dan kampanye penggalangan dana untuk mendapatkan dana $100.000 guna melakukan renovasi.

Dia bertanya apakah aku punya rekomendasi seseorang yang bisa membuat website:

“I need somebody good, fast, cheap and available. That’s only 1/2 a joke.”

Satu-satunya orang yang saya tahu yang cocok dengan kriteria itu mungkin adalah aku ! Saya percaya ada semangat dalam proyek ini dan berfikir bahwa ini layak untuk saya jadikan proyek sampingan. Jadi saya menawarkan diri untuk membantu (gratis).

Dia punya beberapa draf materi pemasaran yang telah disusunnya, tapi tentunya kami membutuhkan sesuatu yang lebih kohesif. Saya memintanya untuk menceritakan kisah teater, jadi aku bisa mendapatkan “sense” dari teater ini dimasa lalunya dan masa depan. Dari sana, kami pindah ke yang lebih visual. Saya mengeksplor beberapa jenis tulisan dan beberapa warna sampai akhirnya kami memilih logo.

Logo Antioch Theater

Kemudian kami merancang beberapa bahan cetak untuk mendapatkan kata-kata untuk ini, termasuk brosur, poster, dan banner besar berukuran 200 meter persegi untuk digantung di depan teater.

Photo Antioch Theater

Akhirnya saya meluncurkan website, sementara Tim telah memulai kampanye nya di Kickstarter dan merencanakan acara promosi.

Sepanjang mengerjakan proyek, kami menghabiskan perhatian ekstra pada copywriting. Kami hati-hati menjelaskan kekayaan sejarah dari teater dan nilai kelanjutannya untuk pusat kota. Intinya, jika ada orang yang akan memberi kita uang, mereka harus memahami mengapa uang itu ‘worth it‘ untuk dia berikan.

Untuk semuanya bersama-sama, saya menghabiskan sekitar 3 minggu waktu luang untuk proyek sampingan saya ini, dan kami berakhir dengan upaya pemasaran yang kuat, dengan tampilan terpadu dan pesan yang konsisten. Jika Anda berada di dekat pusat kota Antioch, Anda tidak boleh melewatkan tulisan “SAVE THE ANTIOCH THEATRE” pada logo dan poster di setiap jendela toko.

Tapi bahkan dengan semua promosi itu, kita tidak begitu yakin ini akan berhasil. Apakah orang peduli tentang bioskop tua yang sudah tidak diurus itu? Bisakah kita benar-benar menghasilkan $65k di Kickstarter untuk sebuah kota pinggiran kecil? Untuk sementara, kampanye terhenti sekitar $25k dan sepertinya kami selesai.

Tidak begitu. Faktanya, kampanye terlihat seperti gila, dan kami akhirnya meningkatkan hampir $20.000 lebih dari tujuan awal, dan ini cukup untuk melakukan perluasan dan meningkatkan teknologi proyeksi menjadi 3D.

Jadi, pemasaran selesai, uang sudah didapatkan, teater sudah terselamatkan! Akhir dari cerita bukan? Tidak cukup. Ternyata kampanye tersebut membangun gelombang energi dan menendang gerakan yang lebih luas untuk memperbaiki seluruh pusat kota.

“Saya tidak melebih-lebihkan ini, tapi pesan tersebut telah mengilhami kunci bisnis orang-orang untuk terlibat dalam upaya revitalisasi pusat kota secara keseluruhan, dan telah menanamkan keyakinan bahwa segala sesuatu bisa dilakukan. Mereka milihat bahwa penduduk akan merespon dengan kualitas”.

Itulah yang dilakukan oleh design — dapat menginspirasi orang dan mengubah keadaan menjadi lebih baik. Sangat mudah untuk melupakan bahwa ketika Anda sedang melakukan pekerjaan untuk klien, atau pekerjaan produksi rutin Anda, atau apapun pekerjaan Anda sehari-hari bisa menjadi spesial.

Selain itu, kerja pro-bono memberi Anda kesempatan untuk meregangkan kaki Anda dan mencoba hal-hal yang belum pernah Anda lakukan, yang dapat meningkatkan pekerjaan harian Anda juga. Dengan proyek ini, saya mengambil waktu untuk belajar Sketch dan menggunakan Basecamp dengan orang-orang baru untuk produk. Saya menemukan beberapa tantangan yang menarik dengan kelompok dan menggunakan fitur yang jarang saya gunakan dalam pekerjaan saya sebelumnya. Pelajaran-pelajaran ini akan membantu saya meningkatkan penggunaan Basecamp.

Jika Anda memiliki kemampuan dan waktu, cobalah sesekali ambil beberapa pekerjaan gratisan. Membantu Anda menjadi lebih baik dan lebih kuat. Ketika uang tidak bermain, Anda akan termotifasi oleh sesuatu yang sama sekali berbeda dari faktor-faktor tersebut dan Anda mungkin akan terkejut dengan hasilnya.

—-
Cukup menarik cerita dari Jonas dan pamannya Tim, dimana dari pekerjaan sampingan yang tidak menggunakan uang, tapi Jonas mendapatkan nilai kebahagiaan lain, dia bisa menggunakan keahliannya mendesain untuk membuat brosur, spanduk dan banner untuk bioskop, serta membuat website untuk membantu promosi.

Semoga jurnal singkat ini bisa menginspirasi Anda berbuat sesuatu yang berguna tanpa selalu mengedepankan persoalan uang.

Jika anda memiliki cerita atau jurnal menarik lain seputar dunia web & desain maupun teknologi, anda bisa mengirimkan ke email kami jurnalwebcom@gmail.com untuk kemudian kami review dan terbitkan di website kumpulan jurnal web ini ( jurnalweb.com ).