Menentukan nama untuk website atau blog anda bisa sangat membingungkan, pasti banyak pertimbangan di benak anda untuk memilih nama  yang tepat dan sesuai dengan selera anda. Bahkan memilih nama website bisa memakan waktu dan pikiran anda jika anda tidak memiliki konsep dan ide yang jelas.

Good Website Name

Berikut ini jurnal web akan membahas 3 aturan sederhana yang bisa anda ikuti dalam memilih nama website atau blog yang baik dan benar.

1. Harus menggambarkan website anda

Besar kemungkinan bahwa banyak orang akan melihat link ke blog anda sebelum mereka memutuskan untuk benar-benar menyempatkan waktu untuk membaca (sebagai contoh di mesin pencarian). Maksudnya adalah, usahakan dengan hanya melihat pada nama saja mereka bisa mengetahui apa yang di bahas oleh website / blog tersebut, jika relevan dengan yang dia cari tentu dia akan menjatuhkan pilihan dan melakukan klik blog anda pada mesin pencarian.

2. Harus mudah untuk di ingat.

Kita anggap website anda akan berbicara tentang Robot dan cara membuatnya. Maka beri nama website anda misal “Robotik | Resource dan Tutorial Pembuatan Robot“. Terlihat singkat dan tentu mudah untuk di ingat.

3. Harus sama dengan nama domain

Sebisa mungkin buat judul blog yang sesuai dengan nama domain atau setidaknya harus relevan. Hal ini kadang sering diabaikan oleh sebagian orang, mungkin karena mencari nama domain yang masih tersedia saat ini cukup sulit karena sudah terlalu banyak website. Perlu di ingat bahwa jika anda memilih nama domain yang kurang bagus kemungkinan anda akan kehilangan sebagian pembaca  dikemudian hari. Bayangkan jika anda memiliki nama domain yang kurang sesuai dengan topik website anda atau dengan judul website anda tentu ini bisa jadi masalah, karena terkadang orang datang ke blog anda melalui judul blog anda yang ada di website lain, bayangkan jika suatu saat dia hanya ingat judul, karena anda sedangkan anda memiliki nama domain yang tidak sesuai dengan judul, kemungkinan pengunjung tersebut akan kesulitan jika ingin kembali lagi ke website anda.

Kira-kira itulah 3 cara dalam memilih nama domain yang baik, semoga ini bisa menghilangkan sedikit kebingungan anda, dan untuk anda yang sudah terlanjur salah dalam memilih nama domain, haha maaf artikel ini jadi membuat anda jadi dilema mau ganti domain atau melanjutkan yang sudah ada :D

*Tapi jangan terlalu khawatir, perlu di ingat konten lebih penting dari segalanya, jika konten bagus urusan nama domain bisa jadi bukan masalah berarti, jadi fokuslah pada konten yang bermanfaat.