Cara reset password WordPress melalui phpMyAdmin di cPanel – Jika Anda seorang pemilik website yang menggunakan engine WordPress dan sedang kesulitan login ke halaman Administrator karena lupa password atau karena alasan lainnya maka postingan ini mungkin akan sangat penting untuk Anda.

Karena pada kesempatan ini kita akan membahas bagaimana cara melakukan reset password admin WordPress melalui phpMyAdmin.

Reset WordPress Password

Reset Password WordPress (Image: wpmakesite.com)

Kami anggap Anda seseorang yang sudah memiliki website dan website tersebut sudah berjalan, dan sekarang Anda ingin atau perlu mengganti password melalui phpMyAdmin.

Mengapa Reset Password WordPress melalui phpMyAdmin?

WordPress sebenarnya memiliki fitur yang cukup penting untuk Anda yang lupa password, yaitu menggunakan fitur “Lost your password” atau biasa kita kenal dengan fitur “Forgot Password / Lupa Password”. Fitur tersebut bisa Anda akses melalui link yang ada di halaman login.

lostpassword

Anda bisa klik link tersebut agar bisa masuk ke halaman yang akan meminta Anda untuk memasukan username atau email untuk mereset password. Setelah itu WordPress akan mengirim sebuah link untuk mereset password ke email Anda yang sesuai dan terkait dengan akun tersebut (tidak bisa sembarangan email).

Namun terkadang ada situasi dimana Anda juga tidak bisa mengakses email karena berbagai alasan, atau bisa juga situs WordPress Anda gagal mengirimkan email yang berisi link untuk me-reset password tersebut, sehingga Anda tidak bisa melakukan reset password.

Pada kondisi seperti itu tentu saja Anda perlu mereset password langsung dari database, cara yang paling mudah untuk melakukan itu adalah melalui phpMyAdmin.

Cara Mereset Password Melalui phpMyAdmin.

Pertama login ke cPanel website Anda, bisa diakses dengan menambahkan /cpanel setelah website Anda.

http://www.namadomain.com/cpanel atau http://www.namadomain.com:2082

Masukan username & password untuk login cPanel.

Kemudian masuk ke File Manager, lalu pada folder public_html buka file wp-config.php untuk mengetahui username & password aplikasi phpMyAdmin.

Buka file tersebut dengan klik pilihan menu Edit/view file wp-config.php.

// ** MySQL settings - You can get this info from your web host ** //
/** The name of the database for WordPress */
define('DB_NAME', 'examplecomdb');

/** MySQL database username */
define('DB_USER', 'jurnalwebADM');

/** MySQL database password */
define('DB_PASSWORD', 'blablabla');

...

Ingat: jangan edit DB_NAME, DB_USER atau DB_PASSWORD atau teks lainnya pada file tersebut, cukup copy saja. Hal ini dibutuhkan jika halaman phpMyAdmin milik Anda meminta password untuk login, jika tidak maka bagian diatas tidak perlu, lewatkan saja.

Kemudian cari dan klik menu icon phpMyAdmin pada halaman cPanel Anda.

phpMyAdmin Cpanel

Hal tersebut akan mengirim Anda ke halaman phpMyAdmin, kemudian cari nama database yang Anda gunakan untuk website WordPress tersebut, sebagai contoh examplecomdb.

Memilih Database WP

Setelah itu Anda akan melihat tampilan tabel dalam database WordPress Anda. Lihat pada baris tabel [prefix]_users (wp_users) dan klik ‘Browse’ untuk membukanya.

Tabel Users

Catatan: Nama tabel pada database Anda mungkin memiliki prefix yang berbeda, bisa wp_ atau lainnya, itu tergantung pada settingan awal saat Anda menginstall WordPress.

Selanjutnya Anda akan melihat isi dari tabel users tersebut, Anda bisa klik tombol edit pada baris user yang Anda inginkan.

Edit User

Lalu lakukan perubahan pada bagian user_pass jika Anda ingin mengganti password, namun jangan lupa untuk memilih MD5 pada bagian function, karena wordpress menggunakan fungsi MD5 untuk melakukan enkripsi password.

Ingat: setiap password yang Anda buat / tentukan pada bagian value, secara otomatis nantinya akan di enkripsi menjadi 32 karakter ketika Anda save, dan itulah yang akan disimpan pada database. Jangan khawatir karena WordPress akan tetap mengenali password yang Anda tulis pada bagian value tersebut nantinya.

Ubah Password WP

Langkah terakhir adalah klik tombol Go yang ada di bagian bawah dan proses untuk mengubah password sudah selesai sampai disini.

Anda bisa mencoba login dengan username Anda dan password yang baru dibuat tersebut.