Anda sekarang bisa memposting atau upload gambar bergerak GIF ke halaman Facebook, karena sekarang facebook sudah support gambar GIF untuk tampil di newsfeed / timeline nya.

Facebook mungkin mulai mengadopsi pepatah lama “A photo GIF is worth a thousand words“, atau Foto GIF bernilai seribu kata.

Mari kita beri tepuk tangan dulu untuk Facebook [applause].

Gebrakan Facebook ini sebenarnya sudah didahului oleh situs jejaring sosial lainnya seperti Twitter dan Pinterest yang tahun lalu sudah lebih dulu mendukung gambar GIF.

Lalu bagaimana cara memasukan gambar GIF ke facebook?

1. Upload gambar .GIF anda di situs gratisan seperti Giphy.com atau anda juga bisa menaruh gambar tersebut di situs milik Anda sendiri.

2. Lalu copy link URL dari gambar tersebut, kalau di Giphy anda tinggal klik tombol SHARE, nanti link nya muncul.

upload gambar gif ke facebook 1

Foto via hubspot.com

3. Lalu paste di kolom Update Status di Facebook.

upload gambar gif ke facebook 2

Foto via hubspot.com

* Sebagai catatan tambahan, setelah di paste biasanya gambar akan langsung muncul, saat itu anda tinggal memilih ingin menghapus URL yang sudah di paste tersebut atau tidak, atau menggantinya dengan tulisan lain sebagai keterangan.

4. Taraaa…gambar sudah berhasil muncul di halaman Facebook Anda.

upload gambar gif ke facebook 3

Foto via hubspot.com

* Catatan tambahan anda bisa mengambil gambar-gambar GIF dari situs seperti Tumblr, Imgur, Giphy, Google Image Search, dll. Yang terpenting anda bisa untuk mendapatkan link URL dari gambar tersebut untuk di paste di facebook.

Dibolehkannya mengupload gambar gif di timeline facebook ini tentu bisa disukai dan tidak oleh para penggunanya, disatu sisi ada yang perlu untuk upload gambar GIF ini untuk menunjang usaha atau pekerjaannya, sedangkan disatu sisi hal ini bisa menjengkelkan untuk sebagian orang karena membuat timeline facebook jadi ramai dan tidak jelas maksudnya.