Cara menulis status dalam berbagai bahasa berbeda di Facebook fan page | Salah satu media sosial yang paling banyak penggunanya adalah Facebook, dimana pengguna aktif dari jejaring sosial buatan Mark Zuckerberg ini setiap bulannya menurut data statistic Zephoria pada bulan Maret 2016 mencapai 1,65 miliar.

facebook multiple languages

Ilustrasi Facebook Multi Bahasa (Image: insightssuccess.com)

Pengguna yang begitu banyak itu dihitung dari berbagai negara di dunia, angka yang begitu besar tersebut tentu bisa dimanfaatkan untuk menjaring pengguna bagi sebuah merek yang ingin dikenal lebih luas, bukan hanya dikenal dinegaranya namun juga hingga keluar negeri. Media sosial bisa sangat membantu untuk hal ini.

Jika sebuah brand / merek disukai oleh orang-orang yang berasal dari berbagai negara, tentu saja ada masalah dengan bahasa, yaitu ketika hendak membuat postingan dengan menggunakan bahasa asli mereka (misal saja bahasa Belanda), tentu followers / fans yang berada di Indonesia akan kesulitan untuk memahami apa maksud dari status yang ditulis di page tersebut.

Untuk mengatasi masalah itu, Facebook sudah menciptakan fitur yang memungkinkan sebuah fan page menuliskan status dalam beberapa bahasa sekaligus, dan orang yang melihat akan mendapatkan status sesuai dengan asal negara yang tertera di profile mereka. Jika Anda menggunakan Facebook bahasa Indonesia, Anda tidak akan mendapatkan status berbahasa Belanda yang mungkin ditulis oleh Page tersebut.

Cara membuat status dalam berbagai bahasa di Facebook Page.

Beriku ini langkah – langkah menulis status Facebook dalam berbagai bahasa.

1) Klik menu Settings yang ada di pojok kanan atas dari Facebook page.

Menu Settings Facebook

2) Pada halaman Settings / Pengaturan, pada kolom kanan cari Post in Multiple Languages.

3) Lalu beri tanda ceklis pada pilihan Allow people who manage this page to write post in multiple languages, lalu klik tombol Save Changes.

Mengaktifkan multi bahasa facebook

Mengaktifkan opsi multi bahasa Facebook

4) Lalu coba klik pada kolom penulisan status (Write Somethings…textbox) pada page Facebook Anda, dan Anda akan melihat pilihan Write post in another language [?] dikanan bawah textbox tersebut. Klik pada bagian tersebut dan Anda akan melihat bahasa default yang Anda gunakan, dan terdapat piluhan untuk mengganti sesuai dengan bahasa lainnya.

5) Mulailah menulis sebuah postingan, klik pada Write post in another language dan klik Select untuk melihat daftar bahasa lain yang tersedia. Pilih bahasa lain yang dinginkan. Lakukan langkah yang sama untuk bahasa-bahasa lainnya. Setelah selesai, klik tombol Publish.

memilih bahasa postingan

Ketika memilih bahasa

Tampilan ketika posting

Tampilan setelah memilih bahasa

 

6) Sekarang status sudah diluncurkan, para fans dari berbagai negara bisa melihat status tersebut, dan bahkan mereka bisa memilih untuk melihat status dengan bahasa yang mereka inginkan, karena di status tersebut ada pilihan bahasa yang mereka pahami atau yang mereka sukai, dengan cara memilih di bagian dropdown Viewing yang disekitar status tersebut.

Hasilnya adalah seperti pada link dibawah ini, jika Facebook Anda menggunakan Bahasa Inggris maka statusnya akan tertulis dalam Bahasa Inggris, jika Indonesia maka tertulsi dalam Bahasa Indonesia, begitu seterusnya dengan bahasa Belanda dan Jerman.

– Contoh Demo Hasil -> https://www.facebook.com/jurnalweb/posts/1073000899447528

Penutup

Apabila Anda memiliki halaman Facebook dan sebagian besar pembaca Anda menggunakan bahasa Inggris, Indonesia atau bahasa populer lainnya, maka ini adalah cara yang paling ampuh bagi Anda untuk melakukan komunikasi dengan niche spesifik sesuai dengan negara penggemar atau pengikut page yang Anda kelola. Selain itu cara ini juga bisa langsung menterjemahkan status sesuai dengan bahasa yang dipilih.

Sekian tulisan kali ini, update terus artikel kami lainnya melalui Facebook di alamat: http://fb.com/jurnalweb