Cara menonaktifkan akun Instagram sementara waktu | Kita bisa mendisable akun Instagram sementara waktu demi kepentingan tertentu, cara ini terbilang aman karena apabila sewaktu-waktu ingin diaktifkan kembali maka semua foto, video dan teman yang di follow maupun followers Anda tidak akan hilang. 

akun instagram

Akun Instagram (Image: business2community.com)

Menonaktifkan akun Instagram tentu salah satu solusi lain selain menghapus akun Instagram, karena menghapus akun Instagram secara permanen tentu memiliki kerugian tersendiri, diantaranya hilangnya data akun tersebut dan tidak bisa dikembalikan lagi dilain waktu.

Ketika Anda menonaktifkan akun Instagram, maka orang lain tidak akan bisa melihat akun Anda dan bahkan tidak akan bisa mencari akun tersebut, namun sebenarnya akun tersebut masih ada, hanya seperti menghilang sementara waktu.

Akun tersebut akan dianggap aktif kembali ketika Anda melakukan login kembali menggunakan username dan password Anda (info tambahan, berdasarkan informasi dari website Quora, kemungkinan ada batas waktu untuk lamanya menonaktifkan akun di Instagram, yaitu 30 – 90 hari, selengkapnya baca disini). Ketika login maka akun dianggap aktif kembali oleh Instagram, seketika itu juga orang lain kembali bisa melihat akun tersebut. Namun jika ingin menonaktifkan kembali, tentu bisa dengan mengulangi cara yang sama, namun cara ini hanya bisa dilakukan satu kali dalam satu minggu.

Cara Menonaktifkan akun Instagram

Cukup mudah untuk menonaktifkan atau mendisable akun Instagram, Anda bisa melakukannya melalui browser yang ada di smartphone maupun komputer (tidak bisa dilakukan melalui aplikasi Instagram, harus dari web browser).

Langkah 1: Buka halaman Instagram.com melalui web browser di smartphone atau PC Anda (Anda tidak bisa menonaktifkan akun instagram melalui aplikasi).

Langkah 2: Klik username yang ada dibagian atas, lalu klik Edit Profile.

Langkah 3: Klik tulisan Temporarily disable my account berwarna biru yang ada di bagian bawah.

Menu disable akun instagram

Gambar 1: Opsi menonaktifkan akun sementara waktu

Langkah 4: Kemudian pilih alasan mengapa Anda menonaktifkan akun tersebut untuk sementara waktu.

Alasan menonaktifkan instagram

Gambar 2: Alasan menonaktifkan instagram (bisa dipilih sesuai kondisi Anda)

Langkah 5: Setelah memilih alasan, Anda diminta untuk memasukan password akun tersebut.

Memasukan password akun instagram

Gambar 3: Memasukan password akun instagram

Langkah 6: Klik tombol Temporarily Disable Account yang berwarna merah, Selesai..

Cukup mudah bukan untuk menonaktifkan akun Instagram sementara waktu, tidak perlu menghapus akun karena foto dan follower akan hilang semua apabila akun dihapus. Namun jika Anda benar-benar ingin akun tersebut dihapus secara permanen bisa ikuti link dibawah ini.

Baca Juga: Cara Menghapus Akun Instagram Secara Permanen