Banyak cara meningkatkan traffic website atau blog Anda tanpa melanggar aturan, metode black hat SEO memang sering dilakukan orang untuk meningkatkan traffic pengunjung dengan cepat, namun setelah itu banyak yang menyesalinya karena situs mereka malah kena banned oleh google.

Jangan sekali-sekali mencoba untuk menipu google (dan mesin pencari lainnya), meskipun hal itu berhasil namun tidak akan bertahan lama, nanti menyesal sendiri kalau sudah di tendang.

traffic website

Jadi jika Anda ingin mendatangkan lebih banyak pengunjung ke website Anda, lakukan lah dengan cara-cara yang benar dan sah dan tidak melanggar aturan google.

Berikut ini jurnal web berikan beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mendatangkan lebih banyak pengunjung.

1. Buat Konten Yang Bermutu

Cara efektif meningkatkan traffic website pertama yaitu melalui konten yang baik, Saya yakin semua orang pasti tau ini, tapi terkadang tetap saja mengabaikan hal ini, padahal konten ini adalah suatu yang sangat penting, dan disini kami akan mengigatkan Anda kembali untuk tetap memberikan konten yang terbaik yang bisa Anda berikan kepada pengunjung website ada, dengan begitu pengunjung pasti akan datang dengan sendirinya di kemudian hari untuk melihat kembali topik apa lagi yang telah Anda sajikan di website Anda, konten terbaik juga akan mudah untuk direkomendasikan oleh pengunjung kepada teman-temannya melalui sosial media, tentunya ini membuat website Anda bisa berjalan sendiri tanpa dorongan dari pemiliknya, karena kekuatan konten bisa membuat orang lain menghidupkan website Anda.

2. Sertakan Alamat Website di Email Signature Anda

Ini mungkin terlihat sebagai sebuah langkah yang kecil dan sederhana, tapi efeknya bisa lumayan. Tambahan link pada email signature (biasanya berada di bagian paling bawah dari setiap email yang Anda kirim), hal ini tentu membuat alamat website Anda dikenali orang lain, setidaknya oleh orang-orang yang Anda kirimi email.

email signature

3. Membangun Hubungan Dengan Blogger Lain

Banyak teman banyak rezeki, jika Anda ingin banyak rezeki perbanyaklah silaturahmi, begitu menurut agama :)
Hal ini berlaku juga di dunia website/blogging, perbanyak hubungan baik dengan blogger lain maka mereka bisa menjadi pelanggan setia dari artikel di website Anda.

Banyak cara menjalin hubungan baik dengan blogger lain, dengan saling mengenal, saling berkomentar, saling sapa, dan bahkan saling membantu untuk promosi. Hm….cangghih bukan?

4. Menjadi Penulis Tamu Pada Website Terkenal

Menjadi penulis tamu pada website lain tentunya bukan sekedar hobi menulis, namun ini bisa Anda jadikan sebagai pintu masuk bagi orang lain untuk datang ke website Anda.

Website Anda mungkin belum dikenal orang, menulis di website sendiri kadang seperti membuat tulisan untuk diri sendiri, bukan untuk dinikmati orang lain karena mereka tidak mengetahui keberadaan website Anda, jadi tidak ada salahnya menulis di website yang sudah terkenal atau memiliki traffic cukup tinggi agar Anda jadi dikenal juga, setidaknya oleh pembaca website lain tersebut, biasanya jika sudah membaca orang akan melihat siapa penulis artikel yang menarik tersebut, dan jika ada link menuju website Anda di website tempat anda menulis tersebut tentunya dia akan klik dan menuju ke website Anda. Selain itu dengan menjadi penulis tamu pada website lain Anda bisa menanamkan link website Anda di website tersebut, ini bisa memberikan backlink yang bagus untuk ranking website Anda.

Salah satu website Indonesia yang bisa anda manfaatkan untuk tempat menulis, dimana anda bisa jadi penulis tamu dan menaruh biodata serta link website adalah Tutorial-webdesign.com, di website tersebut Anda bisa menulis topik seputar web design, web development dan graphic design. Untuk website berbahasa inggris Anda bisa jadi penulis tamu di website seperti tutsplus.

5. Share Artikel Anda

Jangan lupa untuk share artikel ke berbagai tempat, anda bisa share ke sosial media yang anda miliki seperti Facebook dan Twitter, selain itu bisa juga ke website social bookmarking seperti digg atau technorati, kalau di Indonesia bisa ke listas.me, atau anda juga bisa menaruh artikel anda di forum seperti kaskus. Ingat jangan melakukan spamming, jangan berlebihan, lakukan sewajarnya saja yang penting efektif.

6. Jangan Hanya Memikirkan SEO

Jika Anda sedang mencari cara untuk mendapatkan lebih banyak traffic menuju web/blog Anda, Anda akan mudah untuk fokus pada traffic mesin pencari dan pada teknik SEO yang bertujuan hanya untuk mendapatkan lebih banyak dari itu. Namun mesin pencari bukan satu-satunya sumber yang mendatangkan pembaca blog Anda. Bahkan, beberapa blogger melakukan hal yang biasa-biasa saja tanpa memikirkan SEO blog nya, mereka hanya konsentrasi pada membangun bisnis dan membuat konten yang bener-benar baik dan berguna untuk para pembaca. Ironisnya justru website yang seperti itu memiliki peringkat yang lebih tinggi di google dibanding Anda yang susah payah melakukan berbagai teknik SEO.

Padahal SEO bukan lah segalanya, Anda tidak perlu untuk membayar lebih untuk jasa SEO, membuang banyak waktu untuk menerapkan teknik-teknik SEO yang belum tentu berhasil. Sederhana saja, jika Anda menggunakan WordPress sebagai platform website/blog Anda, Anda sudah dalam kondisi yang baik dan sudah berada di jalur yang benar, karena CMS seperti WordPress sudah punya sistem yang baik untuk membantu Anda. Cukup melakukan beberapa settingan seperti membuat judul artikel yang benar dan konten yang bermutu, melakukan pengaturan permalink, dan menginstall plugin seperti All in One SEO Pack, WordPress SEO by Yoast atau plugin lain yang dapat mempermudah Anda mengatur meta tag.

Dengan memahami dasar-dasar SEO saja sudah cukup, hal-hal seperti menggunakan kata kunci dalam judul Anda, dan membangun tautan antar halaman, itu saja sudah bisa membuat website Anda berada di jalur yang benar dan disukai oleh pembaca website Anda, dan tentunya juga di sukai oleh google.

Semoga Anda semakin mengerti dan paham bahwa kekuatan utama website ada pada isinya, terletak pada konten yang dapat berguna untuk para pembaca, Hm…apakah tulisan ini sudah berguna untuk Anda? Jika sudah kemungkinan google juga sudah menyukai artikel ini :)