Cara meningkatkan pengunjung website dengan Google+ Plus | Google plus bisa menjadi salah satu pintu masuk pengunjung menuju ke website Anda. Google yang merupakan salah satu jejaring sosial populer di dunia tentu saja memilik banyak sekali pengguna walaupun banyak orang yang menganggap bahwa Google Plus sudah mati. Namun sebenarnya Google Plus masih bisa dimanfaatkan.

Jadi perlu juga sebuah website untuk memanfaatkan jejaring sosial ini untuk menjaring pengunjung.

Alasan lain sebuah website perlu untuk memanfaatkan Google+ adalah karena jejaring sosial yang dominan berwarna merah ini adalah milik Google. Google tentu akan menyukai website-website yang memanfaatkan produk mereka. Apalagi ditengah persaingannya dengan Facebook, Twitter dan lainnya.

Selain itu Google plus juga terkait dengan akun Gmail, sehingga hampir sebagian besar pengguna Gmail memiliki akun Google+ Plus.

Google+ plus

Google+ (Image: Life at Google)

Jadi memanfaatkan Google plus tentu akan meningkatkan SEO website Anda dimata Google. Apalagi jika banyak yang merekomendasikan website Anda dengan memberikan +1 yang hampir mirip dengan like di Facebook. Semakin banyak yang melakukan itu, ranking website bisa meningkat.

Berikut ini beberapa tips memanfaatkan Google plus untuk meningkatkan pengunjung website atau blog.

1. Buat akun Google+

Sebelum memulai berkarya di Google+ tentu perlu untuk membuat akun Google+ itu sendiri, karena tentu tidak mungkin akan efektif dan akan sangat sulit untuk memanfaatkan Google+ jika tidak memiliki akun Google Plus Anda sendiri.

2. Buat halaman Google+ Business Page

Jika di Facebook kita bisa membuat sebuah Fan Page sebagai halaman resmi dari sebuah website, produk, instansi atau tokoh. Nah di Google Plus kita juga bisa membuat hal serupa.

Pastikan Anda memiliki sebuah halaman Business Page (fan page) di Google Plus untuk website Anda. Atur halaman tersebut sesuai dengan website Anda, misalnya dengan menempatkan logo, memilih warna dan lain sabagainya. Selain itu sertakan juga deskripsi dan alamat website Anda pada kolom-kolom yang disediakan agar pengunjung bisa langsung berkunjung jika dia tertarik.

3. Bagikan konten website Anda di Google Plus

Setelah halaman Anda di atur sedemikan rupa, maka hal selanjutnya adalah dengan membuat postingan secara rutin agar pengujung bisa selalu ingat dengan website Anda. Postinglah disana setiap ada artikel baru yang Anda buat di website Anda agar orang lain tahu kalau ada artikel baru. Anda juga bisa sesekali posting tulisan yang sudah agak lama agar tulisan tersebut tetap mendapatkan pengunjung. Namun ingat, jangan sampai over posting atau posting terlalu banyak yang akhirnya membuat follower menjadi bosan dan jengkel.

4. Gaya postingan

Membuat postingan juga jangan sembarangan, pastikan Anda membuat gaya postingan Anda sendiri agar menarik minat para followers untuk berkunjung. Biasanya mereka akan suka dengan hal-hal yang sederhana, unik, membuat penasaran, dan tentunya harus yang berguna. Penulisan judul yang menarik jadi sangat penting, disamping itu gunakan gambar yang menarik minat, misalnya gunakan gambar yang kualitasnya bagus, jelas dan jangan buram.

5. Membuat target sebanyak mungkin

Ketika Anda membagikan tulisan di Google+, cobalah untuk selalu membagikan postingan tersebut ke banyak orang yang ada di circle Anda, baik itu (umum, teman, keluarga, dll) agar kemungkinan orang berkunjung juga semakin banyak.

6. Bergabung dengan komunitas / group

Google plus juga memiliki Group yang bisa Anda manfaatkan untuk menjaring pengunjung website. Bergabunglah dengan komunitas yang kita-kira setipe dengan konten website Anda. Namun ketika berbagi di Group ini harus sangat hati-hati, jangan terlalu berlebihan, jangan terlalu sering, dan jangan terlalu mencolok, karena kalau mereka tidak suka bisa-bisa Anda dikeluarkan dari group. Jadilah anggota group yang sewajarnya, jangan hanya berniat untuk membagikan link, namun berbaurlah dengan sesekali menjawab pertanyaan dan bahkan ikut bertanya dan berdiskusi.

7. Manfaatkan tombol +1 di blog Anda

Jangan lupa untuk memasang tombol +1 Google Plus di website Anda agar para pengguna Google Plus yang berkunjung ke website Anda bisa memberikan penilaian. Semakin banyak yang memberikan +1 di website Anda maka ranking website Anda bisa naik dimata mesin pencari Google. Dengan begitu kemungkinan untuk muncul di halaman pertama semakin besar, kemungkina untuk semakin banyak pengunjung juga semakin besar.

8. Gunakan #hastag

Hastag adalah salah satu cara untuk menandakan sebuah postingan, jika Anda menggunakan #hastag maka postingan Anda akan diberi label sesuai hastag tersebut, #hastag tersebut nantinya akan menjadi link, dan ketika orang lain mengkilik #hastag yang sama dengan postingan Anda, maka mereka akan menemukan postingan tersebut, jika mereka tertarik maka akan mungkin untuk mengklik postingan tersebut.

9. Gunakan Google+ comment

Anda bisa memasang form komentar dengan Google+ di bagian bawah postingan blog Anda. Hal ini sama dengan Plugin Facebook Comments. Untungnya menggunakan form komentar Google+ ini adalah ketika ada orang yang komen maka besar kemungkinan komentar tersebut juga akan terlihat di halaman Facebook mereka, jadi teman-temannya bisa melihat, hal ini tentu sangat menguntungkan untuk website Anda.

10. Manfaatkan iklan Google+

Google plus juga memiliki program iklan dimana orang yang ingin postingannya di Google Plus bisa dilihat oleh lebih banyak orang. Program iklan ini tentu berbayar, semakin besar jumlah budget Anda maka mereka menjanjikan orang yang melihat juga semakin banyak, namun target yang Anda pilih juga bisa menentukan. Pilihlah target yang sesuai dengan konten website Anda.