Cara menginstall XAMPP di Windows dan menjalankan localhost | Jika Anda ingin membuat dan menjalankan script website yang dibuat dengan PHP, atau ingin menginstall wordpress di komputer Anda tentu saja Anda terlebih dahulu harus menginstall setidaknya 4 software utama yang diperlukan, yaitu Apache, PHP, MySQL (sekarang banyak orang beralih ke MariaDB) dan PHPMyAdmin. Anda bisa menginstall empat software tersebut satu persatu secara manual atau dengan satu aplikasi saja yang sudah mencakup semuanya, yaitu dengan menggunakan XAMPP.

XAMPP merupakan sebuah aplikasi yang didalamnya sudah terdapat Apache, MariaDB (pengganti MySQL), PHP dan Perl. XAMPP sendiri merupakan singkatan dari empat software diatas. XAMPP adalah sebuah paket open source yang dirancang agar mudah untuk digunakan, selain itu XAMPP juga sudah cross-platform, jadi bisa berjalan di MAC dan Linux, namun pada kesempatan kali ini kita hanya akan membahas XAMPP di Windows 10 saja.

Menginstall XAMPP di Windows

Pertama Anda harus kunjungi website Apache Friend dan download XAMPP disana. Ukuran file XAMPP sekitar 109MB.

Website Apache Friends

Website Apache Friends

Setelah selesai di download, selanjutnya tinggal jalankan file tersebut dengan melakukan klik dua kali pada file tersebut.

Selama proses instalasi, Anda mungkin akan mendapatkan beberapa peringatan seperti Windows menanyakan apakah Anda yakin ingin menginstall, dan lain sebagainya. Klik saja “Yes” untuk melanjutkan.

XAMPP Setup Wizard akan memandu Anda melalui proses instalasi. Klik Next.

XAMPP setup wizard

XAMPP setup wizard

Pada jendela berikutnya Anda akan diminta untuk memilih komponen apa saja yang ingin Anda install. Apache dan PHP secara otomatis akan terinstall maka keduanya tanda ceklis tidak bisa dihilangkan, sedangkan untuk yang lainnya masih bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda, namun untuk contoh kali ini pastikan Anda menceklis MySQL dan PHPMyAdmin karena ini akan sangat berguna untuk Anda nantinya.

XAMPP Pilihan Instalasi

Pilihan instalasi di XAMPP

Next, pilih folder lokasi yang Anda inginkan untuk menginstall XAMPP pada komputer Anda, pada contoh ini kita coba untuk membuatnya di folder C:\Program Files\XAMPP.

Memilih folder lokasi XAMPP

Memilih folder lokasi XAMPP

Pada jendela berikutnya, Anda akan ditanya apakah Anda ingin menginstall Bitnami for XAMPP, ini merupakan tool gratis untuk memudahkan Anda menginstall WordPress, Drupal dan Joomla.

Pada contoh kali ini kita tidak menginstall Bitnami karena nantinya kita ingin menginstall WordPress secara manual saja.

Bitnami for XAMPP

Bitnami for XAMPP

Setelah semua pengaturan dipilih, XAMPP kini siap untuk di install ke komputer Anda. Klik Next untuk melanjutkan.

XAMPP Finish Install

XAMPP selesai di install

Setelah XAMPP terinstall, Anda akan ditanya apakah Anda ingin memulai XAMPP Control Panel, yang menyediakan sebuah antarmuka untuk menjalankan lingkungan localhost Anda. Anda bisa ceklis pada pilihan ini lalu klik Finish.

XAMPP Finish Install

XAMPP selesai di install

Control Panel secara otomatis akan terbuka, namun apabila tadi Anda tidak menceklis pilihan, Anda bisa membukanya melalui folder XAMPP di komputer Anda, dan buka XAMPP Control Panel sebagai gantinya.

Maka tampilan XAMPP Control Panel akan terbuka seperti berikut ini.

XAMPP Control Panel

XAMPP Control Panel

Lanjut halaman 2 untuk cara menjalankan PHP dan MySQL dan membuka Localhost.