Cara menginstall Linux Ubuntu 16.04 menjadi topik kita untuk kali ini. Karena Ubuntu adalah salah satu sistem operasi linux yang paling populer dikalangan pecinta open source.

Beberapa alasan mengapa orang banyak yang menyukai dan memilih untuk menggunakan Linux Ubuntu dibanding distro linux yang lainnya adalah karena kemudahan dan kenyamanannya ketika digunakan.

Linux Ubuntu terbagi menjadi dua versi, yaitu Ubuntu versi desktop dan server. Namun pada kesempatan kali ini kita hanya akan membahas yang versi desktop saja.

Versi yang stabil untuk digunakan saat ini adalah Ubuntu versi 16.04, angka 16.04 sendiri diambil dari tanggal diluncurkannya yaitu tahun 2016 bulan 04 (april).

Spesifikasi minimum komputer untuk menjalankan Ubuntu 16.04 adalah sebagai berikut:

  • Processor 2GB atau lebih
  • Memory 2GB
  • 25GB ruang kosong hardisk
  • DVD-drive atau USB Port
  • Ada koneksi internet akan lebih membantu

Download Linux Ubuntu

Untuk mendapatkan linux Ubuntu, Anda bisa meminta DVD nya langsung di situs Ubuntu, atau download disini.

Cara Install Ubuntu 16.04

Install Ubuntu melalui DVD

Menginstall Linux Ubuntu melalui DVD cukup mudah, pertama burn dulu file ISO Ubuntu yang sudah Anda download tadi, cara burningnya bisa baca disini. Atau masukan langsung DVD yang didapat melalui kiriman pos.

Masukan DVD ke DVD-drive komputer Anda.

Restart komputer, nanti akan muncul welcome screen yang menanyakan bahasa yang akan Anda gunakan untuk proses menginstall. Selain itu terdapat juga menu untuk mencoba terlebih dahulu sebelum benar-benar menginstall. Kemudian lanjut ke bagian langkah menginstall linux ubuntu.

Install Ubuntu melalui USB flashdisk

Anda juga bisa menginstall Linux Ubuntu melalui USB Flashdisk, caranya cukup dengan membuat bootable USB flashdisk dari file ISO yang sudah di download.

Cara untuk membuat bootable usb flashdisk bisa Anda baca disini.

Langkah Mengintall Linux Ubuntu 16.04

Setelah DVD atau USB Flashdisk siap untuk digunakan, maka ikuti proses cara menginstall linux ubuntu 16.04 berikut ini.

1. Lakukan booting komputer dengan menggunakan DVD atau Flashdisk Anda.

Kemudian akan muncul halaman welcome screen yang akan menanyakan apakah Anda ingin mencoba terlebih dahulu tanpa install atau ingin langsung menginstall ke komputer Anda.

Klik saja Install Ubuntu

Install ubuntu 1

2. Ceklis semua pilihan yang ada agar Ubuntu yang Anda install komplit fiturnya.

Install ubuntu 2

3. Pilih Erase disk and install Ubuntu, proses ini akan membuat Ubuntu melakukan instalasi ke komputer Anda sesuai kondisi komputer tersebut. Pilihan ini bagus untuk yang ingin menginstall Ubuntu secara fresh, namun cara tersebut tidak untuk dual boot.

Install ubuntu 3

4. Pilih hardisk yang ingin Anda gunakan untuk menginstall. Ubuntu membutuhkan ruang hardisk sebesar 4.5 GB, jadi pastikan Anda memiliki ruang tambahan untuk menyimpan file lainnya.

Install ubuntu 4

5. Pilih lokasi Anda berada, ini juga akan menentukan zona waktu komputer Anda nantinya.

Install ubuntu 5

6. Pilih keyboard layout, Anda bisa mendeksi, atau langsung memilik jenis keyboard English UK.

Install ubuntu 6

7. Masukan data user untuk login nantinya, masukan Nama Anda, nama komputer, username dan passsword.

Install ubuntu 7

8. Proses instalasi akan dimulai, selama proses tersebut Anda bisa membaca slide presentasi yang disediakan agar Anda lebih mengerti tentang Linux Ubuntu.

Install ubuntu 8

9. Proses Instalasi sudah selesai, Anda selanjutnya diminta untuk reboot/restart komputer Anda dan mulai menggunakan Linux Ubuntu yang sudah selesai Anda install.

Install ubuntu 9

Seperti itulah cara menginstall Linux Ubuntu 16.04 berserta gambar proses instalasinya.

Selamat mencoba….