Cara menghemat baterai saat bermain game berat di smartphone Android / iPhone  Tidak diragukan lagi smartphone Anda memainkan peran yang sangat penting dalam kehidupan sehari-hari. Smartphone telah menjadi pendamping yang tidak hanya membantu Anda untuk menyimpan file-file penting, dokumen tetapi juga memungkinkan Anda menggunakan Internet, memutar lagu dan video, dan yang terakhir namun tidak diragukan lagi adalah bermain Game.

Mobile game bisa memberikan seseorang hiburan hingga berjam-jam, hingga terkadang lupa waktu. Seseorang mungkin bisa saja menghabiskan waktu seharian untuk bermain game jika tidak ada halangan tertentu, salah satu diantaranya adalah terbatasnya baterai, terutama untuk bermain game yang membutuhkan grafis yang sangat tinggi.

Apakah Anda termasuk orang yang sering terganggu dengan cepat habisnya baterai ketika bermain game-game berat? Kalau iya mungkin Anda membutuhkan sedikit trik dan pengetahuan tentang cara menghemat baterai ketika sedang bermain game dengan grafis yang tinggi seperti Pokemon Go, Grand Theft, Clash of Clans, Temple Run 2, Candy crush Saga, game balapan mobil dan lainnya.

Berikut ini beberapa tips yang Jurnalweb.com kumpulkan dari berbagai sumber agar Anda bisa menghemat baterai ketika bermain game berat.

1. Turunkan kecerahan ponsel

pengaturan kecerahan android

 

Bukan rahasia bahwa meredupkan layar smartphone Anda bisa memperpanjang hidup baterai. Tidak diragukan lagi memang jika kita bermain game dengan tingkat kecerahan yang tinggi bisa membuat kita lebih menikmati game karena kita bisa melihat segala sesuatu dengan sangat jelas dan terang namun ini ternyata salah satu poin yang juga sangat memakan daya baterai smartphone Anda.

Jadi ini adalah pilihan bagi Anda, apakah ingin bermain game dengan tingkat kecerahan maksimal namun baterai cepat habis, atau bermain dengan sedikit redup namun jadi lebih lama.

2. Aktifkan mode power saver

power saver mode

Sangat baik jika Anda selalu mengaktifkan mode power saver yang ada di smartphone Anda untuk menghemat baterai. Bahkan saat ini, sebagian besar game didalamnya sudah dilengkapi dengan pilihan power saver yang akan membantu Anda untuk menghemat baterai saat bermain game.

Seperti Pokemon Go misalnya sudah dilengkapi dengan pilihat hemat daya. Untuk mengaktifkan mode ini, buka aplikasi tertentu dan ketuk pengaturan. Gulir menu hingga kebawah sampai Anda melihat opsi Power Saver.

– Baca juga: Begini Cara Mengisi Baterai Ponsel Agar Cepat Penuh Menurut Science

Jika game yang Anda mainkan tidak dilengkapi dengan fitur power saver maka Anda juga dapat mengambil bantuan dari pengaturan smartphone, karena fitur tersebut sudah ada disana.

3. Matikan volume game

pengaturan suara smartphone

Volume game memang bisa menambah kenikmatan ketika bermain game, dan membuat Anda benar-benar bisa merasakan sensasi bermain game seperti nyata. Namun jika Anda mengecilkan atau bahkan mematikan suaranya maka itu bisa sangat menghemat baterai smartphone ketika bermain game.

4. Matikan proses yang berjalan di backround

mematikan proses background

Meskipun anda tidak menjalankan atau membuka sebuah aplikasi, namun nyatanya aplikasi tersebut tetap memakan daya baterai, terutama aplikasi messanging. Pastikan Anda mematikan aplikasi yang membutuhkan proses yang berjalan di background ketika bermain game, beberapa aplikasi tersebut adalah Google, Facebook, Maps dan aplikasi messanging.

5. Disable Bluetooth dan WiFi selama bermain game

Bluetooth dan WiFi selalu berusaha untuk mencari access point dan menguras baterai dalam seluruh prosesnya. Jika game Anda tidak membutuhkan dua hal tersebut, ada baiknya keduanya dimatikan saja selama bermain game agar lebih hemat baterai.

– Baca juga: 5 HP Android Baterai Besar dan Tahan Lama

6. Aktifkan mode pesawat

mematikan airplane mode

Jika Anda benar-benar ingin serius bermain game lebih lama dengan betarai yang awet, maka tidak ada salahnya jika Anda mengaktifkan opsi Airplane mode, namun dengan mengaktifkan ini tentu ada harga yang harus dibayar, diantaranya adalah seseorang tidak bisa menghubungi Anda melalui telepon, sms, pesan dari aplikasi seperti BBM, WhatsApp dan lainnya juga tidak akan masuk selama Anda hingga Anda menghidupkannya kembali.

7. Minimalkan pengaturan grafis dan animasi

pengaturan grafis dan animasi android

Anda dapat membuat penyesuaian pada grafis dan animasi di smartphone Anda dengan mengaktifkan mode pengembang / developer. Dengan mengurangi atau menonaktifkan animasi, Anda akan melihat peningkatan kinerja dengan cepat dan akan memperpanjang waktu hidup baterai.

8. Gunakan power bank

power bank

Jika Anda tidak ingin terganggu dengan hal-hal diatas, cara terbaik adalah Anda bisa menggunakan power bank, belilah sebuah power bank yang baik dan tancapkan ke smartphone Anda jika baterai sudah akan habis. Portabel power bank bisa diisi secara terpisah dan kemudian hubungkan ke ponsel Anda melalui USB kapanpun Anda membutuhkannya.